10 Oleh-Oleh Khas Madura Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Madura

Madura memiliki topografi nan indah sehingga mampu memikat hati wisatawan. Jika Anda berpelesir ke pulau ini, jangan lupa berburu oleh-oleh khas Madura yang populer dibeli pelancong.

Madura, pulau yang populer dengan julukan Pulau Garam ini memiliki keindahan bentang alam yang memesona. Meskipun ditinjau dari karakteristik tanahnya, Pulau Madura memiliki tanah yang cenderung kering dan musim kemarau yang lebih panjang masanya. Akan tetapi, pesona alam Pulau Madura tiada duanya.

Banyak pantai di Madura yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau ini, di antaranya Pantai Jumiang, Pantai Rongkang, Pantai Talang Siring Pamekasan, dan sebagainya. Selain pantai, ada pula destinasi wisata alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata alam maupun wisata berbasis nilai-nilai sejarah dan kebudayaan.

Berbagai potensi wisata tersebut tak dimungkiri telah menjadi magnet, sehingga para wisatawan berdatangan ke Pulau Madura. Jika Anda adalah salah satu orang yang turut tertarik mendatangi pulau tersebut, maka jangan lewatkan daftar oleh-oleh khas dari Madura yang paling wajib dibeli berikut ini.

1. Jubada

Jubada

Image Credit: Instagram.com @uwanurwan

Pecinta kudapan manis wajib membeli oleh-oleh khas Madura yang satu ini. Jubada atau jubede merupakan makanan yang terbuat dari tepung dengan campuran air nira dan gula merah. Jubada termasuk ke dalam makanan legendaris asal Madura karena sudah ada sejak zaman dulu. Resep ini terus diwariskan hingga menjadi makanan populer di Madura saat ini.

Dari cara pembuatannya, jubada diolah dari campuran tepung tapioka, tepung jagung, air nira, dan gula merah. Bahan-bahan tersebut dimasak selama berjam-jam hingga mengental. Teksturnya hampir mirip seperti dodol. Lalu, jubada yang telah dimasak ditata di wadah yang datar. Setelah itu, jubada digulung memanjang. Kemudian, dipotong dengan ukuran yang kecil.

Setelah melalui rangkaian proses pembuatan di atas, jubada dijemur terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Anda bisa menemukan jubada dengan mudah karena tersedia di banyak toko oleh-oleh.

2. Keripik Tette

Keripik Tette

Image Credit: Plappamadura.com

Keripik tette adalah kudapan berbahan dasar singkong yang bercita rasa gurih. Keripik tette sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai buah tangan bagi keluarga atau kerabat tercinta selepas pulang dari Madura.

Keripik tette memiliki tekstur yang renyah dan sangat pas apabila Anda menikmatinya dengan sambal petis. Tekstur yang renyah tersebut diperoleh dari pengolahan singkong yang tepat. Mula-mula, singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Lalu, direbus hingga empuk dengan campuran sedikit garam.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tulungagung yang Enak & Wajib Anda Coba

Setelah singkong selesai direbus, singkong dipotong kecil-kecil. Kemudian, ditumbuk hingga benar-benar pipih. Selanjutnya, singkong dijemur sampai kering sebelum digoreng. Jadilah keripik tette yang renyah dan siap menemani waktu santai Anda bersama keluarga.

3. Terasi

Terasi Madura

Image Credit: Jembersaja.blogspot.co.id

Selain kudapan, terasi Madura juga wajib Anda beli sebagai oleh-oleh. Pasalnya, terasi Madura memiliki cita rasa yang khas dan aromanya yang mantap. Terasi Madura sangat cocok dijadikan sebagai bahan campuran sambal karena rasanya yang lebih gurih.

Terasi khas Madura juga tersedia dalam berbagai pilihan. Jika Anda menginginkan terasi dengan kualitas super, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dengan harga yang sepadan. Akan tetapi, jika Anda menginginkan terasi dengan kualitas standar saja namun cita rasanya tetap enak, maka Anda bisa mendapatkan terasi dengan harga yang lebih murah.

4. Otok

Otok

Image Credit: Cookpad.com

Apabila Anda menginginkan oleh-oleh yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga tercinta, otok bisa menjadi pilihan yang tepat. Otok adalah kudapan yang terbuat dari kacang panjang yang telah digoreng hingga garing. Setelah digoreng, otok dibumbui dengan bumbu racikan yang khusus, sehingga tercipta rasa yang nikmat.

Dari segi rasa, otok memiliki perpaduan dari rasa pedas, gurih, asin, dan manis. Dari segi harga, otok juga memiliki harga yang sangat bersahabat. Otok sangat cocok dijadikan sebagai kudapan pendamping saat Anda berkumpul bersama keluarga. Anda bisa memborong oleh-oleh ini di toko oleh-oleh yang ditemui di Madura.

5. Maco Ketan

Maco Ketan

Image Credit: Shopee.co.id

Oleh-oleh selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berpelesir ke Madura adalah maco ketan. Oleh-oleh berbahan dasar beras ketan ini patut Anda beli sebagai buah tangan untuk anak-anak. Teksturnya yang kriuk dan rasanya yang manis dijamin akan membuat anak-anak senang menyambut kedatangan Anda dari Madura.

Maco juga dipasarkan dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, maco memiliki bobot yang ringan dan praktis dibawa. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk membeli maco dalam jumlah banyak demi membahagiakan anak-anak Anda.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Terhits Dikujungi

6. Petis

Petis-Madura

Image Credit: Sumenepkab.go.id

Momen berpelesir di Madura tidak akan lengkap jika belum membeli salah satu oleh-oleh khasnya. Petis khas Madura terkenal dengan rasanya yang khas dan lezat. Rasa yang diciptakan dari petis ini adalah rasa manis yang didominasi oleh rasa asin. Sementara itu, di Pulau Jawa terdapat beragam jenis petis yang dipasarkan.

Petis yang berasal dari Madura terbuat dari kaldu ikan atau udang. Adapun kaldu ikan yang lazim digunakan adalah pindang ikan. Bahan tersebut kemudian direbus hingga menjadi pekat dan kental. Proses ini kemudian akan menghasilkan petis dengan warna cokelat yang tidak terlalu pekat, melainkan cokelat cerah.

Petis Madura memiliki keistimewaan tersendiri dari segi rasa dan proses pembuatannya. Anda bisa menggunakan petis sebagai bahan tambahan pada masakan atau sebagai penyedap. Misalnya, untuk membuat rujak cingur, rujak buah, sambal, dan sebagainya. Anda juga bisa meracik sambal petis sebagai pendamping keripik tette.

7. Buah Siwalan

Buah Siwalan

Image Credit: Keluyuran.com

Di tengah suhunya yang panas, Anda bisa menikmati kesegaran buah siwalan yang banyak dijual di Madura. Selain Anda bisa menikmati buah ini di tempat, Anda juga bisa membeli buah ini sebagai buah tangan.

Buah siwalan bisa dengan mudah ditemui di pantai-pantai Madura. Apabila Anda tengah berwisata ke salah satu pantai yang ada di Madura, Anda bisa membeli buah siwalan dengan harga yang terjangkau. Buah yang memiliki rasa manis dan kenyal ini sangat cocok dinikmati setelah Anda bermain-main di pantai.

Namun, jika Anda membawa buah ini sebagai oleh-oleh, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan makanan. Olahan tersebut seperti es siwalan yang segar, puding, bahkan asinan. Bagaimana pun pengolahannya, kesegaran buah siwalan siap berselancar di tenggorokan Anda!

8. Soto Madura

Soto Madura

Image Credit: Instagram.com @fithrotal_chaq

Jika sebelumnya fokus membahas tentang oleh-oleh sejenis kudapan, maka soto madura adalah oleh-oleh yang termasuk dalam kategori makanan berat. Soto madura layak menjadi oleh-oleh yang wajib Anda beli ketika melancong ke Madura.

Soto madura memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan jenis soto lainnya. Soto Madura memiliki cita rasa yang gurih dan kaya akan rasa rempah. Soto Madura juga disajikan dengan campuran daging sapi yang telah diiris tipis-tipis. Selain itu, Anda bisa menyantapnya dengan ayam goreng, usus ayam, dan sate telur puyuh yang sudah dibumbui.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba

Namun, perlu diingat jika hendak membeli soto Madura sebagai oleh-oleh, pastikan bahwa Anda membeli soto ini sesaat sebelum kepulangan. Sebab, soto Madura merupakan makanan berkuah yang tentu saja harus segera dimakan setelah disajikan.

9. Rengginang Lorjuk

Rengginang Lorjuk

Image Credit: Tatitujiani.com

Oleh-oleh selanjutnya yang wajib Anda bawa adalah rengginang lorjuk. Rengginang lorjuk menjadi istimewa karena memiliki kekhasan. Keistimewaan tersebut terutama terletak pada penggunaan ikan lorjuk. Selain itu, rengginang lorjuk bertekstur krispi dan memiliki rasa yang gurih. Kudapan ini termasuk ke dalam kudapan favorit masyarakat Madura.

Pada dasarnya, rengginang lorjuk terbuat dari beras ketan yang dikukus setengah matang. Setelah itu, beras ketan yang telah dikukus dicampur dengan bumbu-bumbu agar memberikan rasa yang mantap pada rengginang ini. Kemudian, beras ketan yang telah dibumbui dikukus kembali dengan campuran ikan lorjuk hingga matang.

Selanjutnya, rengginang siap dicetak dan dikeringkan di bawah terik matahari. Setelah kering, rengginang siap digoreng dan dinikmati. Akan tetapi, Anda bisa membeli rengginang lorjuk dalam keadaan matang dan langsung siap santap.

10. Batik Tulis Sumenep

Batik Tulis Sumenep

Image Credit: Batiktulismadurasumenep.blogspot.com

Apabila Anda menginginkan oleh-oleh yang tahan lama, maka batik tulis Sumenep bisa menjadi pilihan yang tepat. Batik tulis Sumenep memiliki keunikan dari segi motifnya. Sebagaimana yang kita ketahui, Madura terkenal akan potensi baharinya. Namun, batik tulis Sumenep tidak secara spesifik mencerminkan hal tersebut.

Batik tulis Sumenep pada umumnya bermotif bentang alam Madura, seperti tumbuh-tumbuhan, bunga, burung merak, dan sebagainya. Dalam satu kain bisa mengandung beberapa unsur motif. Motif-motif tersebut dipadu-padankan sehingga menghasilkan perpaduan yang indah.

Anda bisa membeli batik kain tulis dengan harga yang variatif. Harga batik tulis Sumenep ditentukan oleh seberapa rumit motif yang dibuat. Oleh karena itu, motif batik yang sangat rumit pada umumnya memiliki nilai jual yang tinggi.

Itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Madura yang paling wajib dibeli saat berkunjung. Keindahan alam Madura dengan hamparan pantai dan kekayaan hasil lautnya, tentu sangat memikat banyak wisatawan untuk berpelesir ke pulau ini. Oleh karena itu, rekomendasi oleh-oleh di atas akan menambah referensi Anda dalam memilih buah tangan untuk keluarga atau teman tercinta.