10 Tempat Makan Enak di Purwakarta Favorit Wisatawan

 Tempat Makan Purwakarta

Kuliner nusantara seperti masakan Sunda disukai oleh banyak lidah orang Indonesia. Inilah rekomendasi tempat makan di Purwakarta yang terkenal enak cocok untuk menikmati masakan khas Sunda.

Purwakarta memiliki banyak kuliner khas yang lezat dan nikmat. Saat sedang berwisata ke daerah yang berada di sisi utara Jawa Barat ini, Anda dapat mencicipi berbagai masakan Sunda dengan sambal dadaknya.

Daerah yang juga menjadi pusat industri ini memiliki banyak tempat makan, mulai dari warung makan tradisional hingga restoran besar. Menariknya, beberapa tempat makan mengusung konsep lesehan yang cocok untuk makan-makan bersama keluarga atau kerabat.

Ragam kuliner lezat dengan harga yang tidak terlalu mahal dapat dinikmati di beberapa tempat makan. Kedai atau rumah makan berikut bisa menjadi referensi untuk Anda yang mencari tempat makan enak di daerah Purwakarta.

1. Rumah Makan HJ Ani

Rumah Makan HJ Ani

Image Credit: Ramahtraveler.com

Rumah makan ini terkenal sebagai warung pepes karena menyediakan berbagai jenis pepes. Pengunjung dapat menikmati olahan pepes seperti pepes ikan, pepes belut, pepes cumi, pepes jambal, pepes jamur, dan lain-lain. Selain pepes, menu yang wajib dicoba di tempat ini adalah ikan mas goreng kering.

Warung makan ini tentunya juga menyediakan beragam masakan Sunda seperti ayam bekakak lengkap dengan sambel lalap. Siap-siap dengan pedasnya sambal yang disajikan rumah makan ini, sambal cabai rawit dan tomat.

Pengunjung dapat menikmati berbagai olahan pepes dan juga ikan di rumah makan ini dengan harga yang sangat terjangkau. Tempatnya cukup nyaman dengan meja besar untuk makan-makan bersama teman, keluarga, atau rekan kerja.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Cilegong, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

2. Nasi Liwet Ibu Dini

Nasi Liwet Ibu Dini

Image Credit: Anekawisataseru.net

Menu andalan yakni nasi liwet dengan cita rasa khas makanan Sunda dapat dinikmati pengunjung dengan harga yang terjangkau. Nasi liwet yang gurih akan semakin nikmat dengan berbagai lauk lezat, seperti ayam dan sambal bledag. Cocok untuk mengobati rasa lapar saat jam makan siang.

Selain nasi liwet, menu di tempat ini yang bisa dicoba adalah nasi kabeulem. Sajian nasi ini memiliki rasa gurih dengan campuran ikan teri dan parutan kelapa. Proses memasaknya adalah dengan dibakar secara tradisional menggunakan arang. Rasanya pun lezat dengan aroma yang sedap.

Rumah makan ini juga menyediakan menu lezat lainnya yaitu nasi tutug oncom. Tersedia berbagai menu sederhana yang bisa melengkapi sajian nasi tersebut. Pengunjung dapat memesan menu tahu, tempe, ayam, dan lain sebagainya. Harganya terjangkau dan sesuai dengan rasa makanan yang ditawarkan.

BACA:  21 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Populer

Lokasi: Jl. Kapten Halim No.99, Salam Mulya, Kec. Pondok Salam, Kab. Purwakarta.

3. Soto Sadang Asli

Soto Sadang

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Warung makan yang sudah ada sejak puluhan tahun sangat terkenal dengan menu soto yang lezat. Sesuai namanya, menu andalan di tempat ini adalah soto sadang yang memiliki rasa lezat dan khas dibanding jenis soto-soto lainnya. Harganya pun sesuai dengan rasa dan kenikmatan yang ditawarkan.

Warung soto paling enak di Purwakarta ini menawarkan soto dengan kuah bening dan kuah santan. Pengunjung dapat memilih jenis kuah soto sesuai selera. Biasanya untuk beberapa pengunjung yang menghindari makanan bersantan, akan memilih soto sadang kuah bening. Namun, soto sadang kuah santannya pun lezat dan gurih.

Sementara itu untuk daging pelengkap, warung makan Soto Sadang Asli menyediakan pilihan daging ayam dan daging sapi. Soto ayamnya bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menikmati soto dengan harga yang lebih terjangkau.

Lokasi: Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

4. Sate Maranggi Cibungur

Sate Maranggi

Image Credit: Annienugraha.com

Warung makan yang setiap harinya ramai ini sangat terkenal sebagai warung sate paling enak di Purwakarta. Menu sate maranggi yang merupakan makanan asli dari Purwakarta ini sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Sate maranggi di rumah makan ini diolah dari bahan utamanya yaitu daging kambing dengan pembakaran di atas arang.

Sate kambing atau sate maranggi sangat nikmat untuk teman makan nasi hangat. Daging kambingnya empuk dan tidak bau kambing sama sekali. Selain sambal kacang atau sambal kecap, sate yang satu ini cocok dinikmati dengan sambal tomat yang segar. Harga sate di warung makan ini cukup terjangkau, begitu juga dengan menu lainnya.

Selain sate, menu makanan yang ditawarkan antara lain adalah mie bakso, sop sapi, sop kambing, soto, karedok, gurame bakar, sayur asem, gado-gado, dan masih banyak lagi. Suasananya pun nyaman karena rumah makannya berdekatan dengan hutan jati. Kedai sate ini biasanya penuh saat jam makan siang atau saat hari libur.

Lokasi: Jl. Raya Cibungur Purwarkarta, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta.

5. Resto Batu Apung Alam Hijau

Resto Batu Apung Alam Hijau

Image Credit: Facebook.com @batuapungalamhijau

Jika Anda ingin bersantap dengan nyaman, tempat makan di Resto Batu Apung Alam Hijau bisa menjadi pilihannya. Menawarkan tempat makan yang nyaman dengan pemandangan yang indah. Suasana alami di tempat ini akan membuat kegiatan makan-makan Anda terasa lebih nikmat dan menyenangkan.

BACA:  Mengintip Keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut

Sederet hidangan khas Sunda dapat dipilih, seperti cuanki, ikan bakar, nasi goreng, bakso, hingga pempek. Harga makanan di tempat ini cukup terjangkau dan ramah di kantong.

Selain tempat makan, resto ini juga menyediakan fasilitas lain seperti playground atau area bermain. Cocok untuk Anda yang ingin membawa keluarga dan anak-anak untuk makan bersama di tempat ini. Lokasinya yang cukup luas juga bisa digunakan untuk makan-makan besar seperti kegiatan halal bi halal, reuni, dan lain-lain.

Lokasi: Wanasari, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

6. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Image Credit: Rainbowskitchen.wordpress.com

Pengunjung selalu ramai untuk membeli gepuk di tempat ini. Gepuk Nyonya Ong sangat terkenal dengan rasa lezat dari resep warisan. Gepuk atau empal yang menjadi favorit di tempat ini adalah olahan daging sapi yang dipotong tipis dan kemudian digeprek. Rasa daging sapi original dari gepuk ini cocok untuk lauk nasi hangat.

Gepuk daging sapi yang dijual pun memiliki varian rasa yang cukup banyak. Tersedia pilihan rasa original, beef salty, ekstra pedas, dan less sugar. Banyaknya varian rasa gepuk spesial ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Purwakarta.

Gepuk paling populer di Purwakarta ini tidak hanya menyediakan gepuk daging sapi. Pengunjung bisa mencoba olahan berbahan dasar daging ayam dengan rasa original dan pedas. Harganya cukup terjangkau dan sesuai dengan rasa gepuk yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan No. 155E, Kab. Puwakarta.

7. Rumah Makan Saung Situ

Rumah Makan Saung Situ

Image Credit: Maps.google.com @JL

Tempat rekomendasi lain untuk menikmati sate maranggi khas Purwakarta adalah di Rumah Makan Saung Situ. Warung makan sederhana yang selalu ramai pengunjung untuk menikmati sate kambing yang lezat. Satu porsi sate maranggi biasanya berisi 10 tusuk dengan harga yang cukup terjangkau.

Rasa sate maranggi di tempat ini sangat lezat dengan rasa manis, pedas, dan sedikit asam. Selain menikmati sate, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah yang tersaji dari Situ Wanayasa.

Pengunjung tidak hanya memesan sate, tetapi juga bisa menikmati menu lain yang tidak kalah lezat seperti sop kambing, ayam bakar, soto ayam, hingga ikan bakar. Tersedia juga menu karedok untuk Anda yang ingin makan sayur segar.

BACA:  Urban Farming Center, Wisata Kebun yang Lagi Hits di Purwakarta

Lokasi: Raharja, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

8. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Ayam Goreng Kampung Sajolna

Image Credit: Lpplpurwakarta.com

Olahan ayam kampung memang masih menjadi favorit bagi beberapa orang dibandingkan ayam lain. Daging ayam kampung memiliki tekstur yang lebih keras sehingga jika tidak diolah dengan benar biasanya menghasilkan daging yang alot. Namun di rumah makan ini, ayam goreng kampungnya lembut dan mudah dikunyah.

Satu porsi ayam goreng kampung dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau. Pengunjung juga bisa memesan ayam goreng kampung untuk satu ekor utuh. Cocok untuk lauk nasi hangat dengan sambal dadakan yang menggugah selera.

Bumbu rempah yang digunakan untuk ayam goreng pun sangat terasa. Olahan ayam kampung di tempat ini menggunakan bumbu biasa seperti kunyit, bawang merah, serai, dan daun jeruk. Sedangkan untuk sambal dadak yang biasa menjadi teman makan ayam goreng dibuat dari bahan-bahan segar seperti bawang merah dan cabai rawit hijau.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.54, Sindangkasih, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

9. Rumah Makan Ibu Haji Ciganea

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea

Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah makan yang sudah populer di kalangan masyarakat Purwakarta ini terkenal dengan menu khas Sunda yang lezat dan harganya terjangkau. Tersedia banyak pilihan menu sederhana seperti ayam bakar, gepuk, ikan mas goreng, tahu, tempe, hingga bakwan jagung.

Rumah makan yang memiliki banyak cabang dan tidak hanya di Purwakarta ini juga menyediakan sambal dadakan khas Sunda. Sambal cabai rawit dan tomat dengan rajangan yang lebih kasar dibanding sambal pada umumnya. Pengunjung dapat menikmatinya dengan sayur lalap seperti slada yang segar.

Lokasi: Jl. Veteran No.138, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

10. Mie Sehat 3 Warna

Mie Tiga Warna

Image Credit: Ihategreenjello.com

Menyantap mie ayam dengan warna unik dapat Anda nikmati di warung Mie Sehat 3 Warna Purwakarta. Mie dengan warna seperti pelangi yaitu mie kuning, mie hijau, dan mie berwarna merah.

Menu sehat ini terbuat dari pewarna alami seperti wortel, buah naga, hingga akar bit. Tekstur mie di tempat ini kenyal dan sedikit padat. Satu porsi mie ayam biasanya disajikan dengan kerupuk pangsit yang gurih. Harganya pun cukup terjangkau seperti mie ayam biasa pada umumnya.

Lokasi: Jl. Raya Cempaka-Purwakarta No.16, Cikumpay, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta.

Itulah beberapa tempat makan enak di Purwakarta yang bisa menjadi referensi terbaik. Banyak masyarakat termasuk mereka yang sedang dalam perjalanan mudik di jalur pantura memilih tempat makan di Purwakarta karena cita rasa masakan Sunda yang lezat.