Jogja memiliki banyak tempat pilihan untuk nongkrong sambil ngopi. Tempat-tempat ini juga dapat disesuaikan dengan isi kantong. Ada tempat ngopi yang bisa dibilang hedon dengan menu-menu yang cukup mewah dan elegan. Ada juga tempat ngopi yang menjadi pilihan anak kos yang tetap asik namun lebih murah meriah dan asik untuk berbincang-bincang dengan teman.

Dari segi bangunan juga berbeda-beda. Dari bangunan modern yang biasanya menjadi spot foto yang instagramable. Ada juga tempat nongkrong dengan bangunan yang sederhana atau bahkan lesehan di trotoar. Ada tempat ngopi dengan pemandangan alam, juga ada juga tempat di pinggiran kota.

Di manapun tempat atau cafe yang Anda pilih di kota ini, tentu memiliki keunikannya sendiri. Bahkan tempat nongkrong yang paling sederhana sekalipun bisa menjadi asyik jika bersama dengan teman yang menyenangkan untuk berbincang tentang apa saja. Berikut beberapa tempat ngopi yang cukup populer untuk nongkrong di Jogja.

1. Kedai Kopi Mataram

Warung Kopi di Mataram
Image Credit: Goolge Maps zaky kurniawan

Kedai Kopi Mataram menjadi rekomendasi karena tempatnya yang nyaman dan luas. Terdapat juga smooking area di bagian luar sehingga bagi pengunjung yang tidak menyukai asap rokok bisa lebih nyaman. Apalagi suasana tidak terasa panas walaupun tidak ada AC. Lokasi kedai ini juga strategis dengan harga menu mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 34.000 saja.

Pengunjung yang sudah lelah berjalan-jalan di kawasan Malioboro dapat melepas lelah di kedai kopi ini. Ada banyak variasi kopi yang tersedia. Kopi-kopi seperti cappucino, latte, moccacino dan lainnya dapat Anda pesan. Ada juga kopi khas nusantara seperti kopi gayo, java ijen robusta, papua, timor yang memiliki tampilan pekat dan rasa yang nendang.

Lokasi: Jl. Mataram, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Legend Coffee

Legend Coffee
Image Credit: Goolge Maps Neno Juosh

Legend Coffee merupakan cafe yang sangat hits di Jogja. Berada di Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tempat ini buka selama 24 jam. Karena itu tempat ini cocok sebagai tempat untuk nongkrong pada malam hari. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan juga sangat murah, menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Legend Coffee.

Kedai kopi ini memiliki keunikan dengan memberikan fasilitas pada komunitas. Komunitas-komunitas ini boleh memajang karya di dinding-dinding yang biasanya berupa foto, lukisan, dan lainnya. Mengundang komunitas memang sebagai tempat untuk memeriahkan Legend Coffe, sehingga tidak heran selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. Abu Bakar Ali, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Angkringan Kopi Jos

Angkringan Kopi Jos
Image Credit: Goolge Maps Abiyyi Yahya Hakim

Bagi para pecinta kopi yang berkunjung ke Jogja, akan sangat kurang rasanya jika belum mencoba angkringan kopi jos. Tempatnya seperti angkringan pada umumnya, dengan lesehan di pinggir trotoar. Tempatnya sendiri berada di sepanjang jalan di utara stasiun tugu. Tempat ini sangat terkenal sehingga selalu ramai.

Menu yang harus dicoba adalah kopi jos, yaitu kopi hitam yang celupkan bara api. Seperti tempatnya, kopi ini juga sangat populer di Jogja. Menu-menu lainnya seperti makanan angkringan pada umumnya seperti nasi kucing, gorengan, dan berbagai macam sate. Dengan harga menu Rp 4.000 sampai Rp 10.000, Anda dapat menikmati hidangan sambil berkumpul bersama teman-teman.

Lokasi: Jl. Poncowinatan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Warkop Semesta

Warkop Semesta
Image Credit: Goolge Maps Mukmin Sapto Pamungkas

Warkop Semesta buka selama 24 jam dan tidak pernah sepi pengunjung. Terdapat berbagai varian kopi, juga makanan, minuman, dan camilan lain, harga yang ditawarkan juga cukup murah. Hanya sekitar Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Dengan fasilitas berupa WiFi, stop kontak, toilet, dan musholla, tempat ngopi ini sering digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugasBukit Bintang.

Lokasi: Jl. Abu Bakar Ali, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi Jogja
Image Credit: Goolge Maps Gamer Saven

Filosofi Kopi yang pasti tidak asing bagi pecinta kopi kini juga ada di Jogja. Kedai kopi ini sekarang menjadi tempat ngopi yang cukup populer di kalangan anak muda. Desain dari kedai kopi ini juga unik dengan menggabungkan suasana modern dengan budaya jawa seperti joglo eksentrik yang menjadi pusat dari bangunan Filosofi Kopi itu sendiri.

Berada jauh dari keramaian kota, kedai kopi yang berada di Ngaglik, Sleman ini menjadi pilihan nongkrong yang tenang dan membuat pengunjung betah. Terdapat juga banyak spot foto yang menjadi daya tariknya. Dengan kisaran harga Rp 18.000 untuk menu-menunya, tempat yang banyak didatangi anak muda ini juga tidak menguras kantong.

Lokasi: Jl. Pandhawa, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Brick Cafe Jogja

Brick Cafe Jogja
Image Credit: Goolge Maps Fadjari Wibowo

Brick Cafe memiliki tampilan yang unik dengan suasana vintage British style. Tempat yang sangat cocok untuk spot foto ini memiliki red box telephone dan tempat-tempat jadul khas Inggris. Harga menu di cafe ini hanya Rp 15.000 dengan banyak spot foto menarik. Karena itu tempat ngopi ini jadi incaran para pecinta foto di tempat yang instagramable.

Lokasi: Jl. Damai, Desa Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Kedai 24

Kedai 24
Image Credit: Goolge Maps Bimo Mandiri Persada

Kedai kopi ini biasa digunakan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas bagi mahasiswa di Jogja dengan fasilitas Wi-Fi. Uniknya, menu dalam kedai ini memiliki nama yang aneh dan antimainstream. Tempatnya sangat luas dengan konsep open space. Tidak ada smooking area, sehingga semakin malam akan banyak asap rokok. Untuk menghindarinya, bisa datang saat siang atau sore hari.

Lokasi: Jl. Sambung Rasa, Desa Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Mato Kopi Yogyakarta

Mato Kopi
Image Credit: Goolge Maps GUNDALA PUTERA PETIR

Mato Kopi Yogyakarta berada di Jl. Selokan Mataram. Tempat ngopi favorit para mahasiswa ini semakin malam akan semakin ramai karena menjadi tempat yang sangat nyaman untuk mengobrol santai. Tempatnya cukup luas dan sebagian besar tempat duduk juga dengan lesehan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat.

Menu yang disediakan di kedai kopi ini juga cukup beragam dari kopi susu, aneka minuman lain, makanan-makanan berat, dan juga camilan. Harga yang ditawarkan sangat murah dan tidak menguras kantong. Karena itu, kedai kopi ini menjadi tempat yang favorit untuk menghabiskan waktu malam bersantai membahas apa saja sambil menikmati kopi dan camilan.

Lokasi: Jl. Selokan Mataram, Desa Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Klinik Kopi

 

KLINIK coffe
Image Credit: Goolge Maps nuke ayundria

Klinik kopi menjadi kedai kopi yang unik karena konsep baik dari tempat dan juga pelayanannya benar-benar seperti klinik berobat. Pengunjung akan dipanggil sesuai antrian, lalu diajak untuk menikmati kopi tanpa tambahan gula atau susu. Kedai yang berada di Jl. Kaliurang KM 7,5 ini beroperasi dari jam 4 sore sampai jam 8 saja dengan harga Rp25.000 untuk semua kopi.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Desa Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Ruang Café

Ruang Cafe
Image Credit: Goolge Maps Sidebin Bakulepit

Ruang Cafe Jogja menjadi tempat yang cukup nyaman untuk bersantai. Ada full music dan juga bilyard yang dapat digunakan tanpa harus menyewa. Ruang Cafe sendiri berada di Ring Road Utara, Ngaglik. Menyediakan berbagai menu yang cukup beragam dan enak, kedai kopi ini sangat cocok sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman.

Lokasi: Jl. DR. Sardjito No.kav. E, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. DiFour Coffee House

DiFour Coffee House
Image Credit: Goolge Maps Aqied Aqida

DiFour Coffee House menjadi tempat favorit bagi penikmat kopi dan pecinta suasana tenang. Kedai kopi yang paling cocok untuk mengerjakan tugas atau kerja, kedai ini juga memiliki banyak spot cantik yang instagramable. Banyak ornamen kayu dan batu bata merah sebagai dinding dan furnitur klasik, sehingga bagus untuk latar foto. Paling terpenting, kopi yang ditawarkan juga berkualitas

Lokasi: Jl. Pangkur, Desa Condongcatur, Kec. Depok, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

12. Loko Coffee Shop

Loko Coffee Shop
Image Credit: Goolge Maps Stefanus Widyamurdani

Loko Coffe Shop buka selama 24 jam dan selalu ramai. Apalagi setiap malam selalu ada live music yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Tersedia banyak makanan dan minuman baik yang berat maupun camilan. Rasanya juga sangat enak dan harga yang cukup murah. Mulai dari Rp 15.000 Anda sudah dapat menikmati menu-menu di kedai kopi ini.

Makanan yang cukup populer adalah waffle. Jika ingin makanan yang berat, Anda dapat memesan nasi goreng tuna. Sedangkan minuman yang cukup populer selain kopi, Anda dapat mencoba cookies&cream smoothies. Di tempat ini Anda dapat menikmati sajian sambil melihat keramaian Jl. Malioboro yang tidak pernah sepi.

Lokasi: Jl. Ps. Kembang, Desa Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. Saorsa Kopi

Saorsa Kopi
Image Credit: Goolge Maps Muhammad Rizky

Cafe ini berada di perumahan sehingga terasa homey. Di tempat ini pengunjung juga sering berlama-lama berbincang dan berbagi pikiran. Dengan 3 pilihan ruang yaitu indoor, ourdoor, dan semi outdoor, Anda dapat bersantai sambil menikmati kopi dengan bebas. Lokasi dari cafe ini sendiri berada di Kecamatan Kasihan, Bantul.

Lokasi: Desa Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Kopilog

Kopilog
Image Credit: Goolge Maps Aska Wismari

Kopilog menjadi tempat yang sangat cocok dikunjungi saat matahari tenggelam. Nuansanya damai dan tenang. Tempatnya ada di Jl. Damai, Sleman, Anda dapat menikmati kopi dengan harga hanya dari Rp 10.000 saja. Tempat yang asyik untuk berbincang dengan teman sambil melihat sunset yang indah.

Lokasi: Jl. Damai, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

15. Ekologi Desk and Coffee

Ekologi Desk and Coffee
Image Credit: Goolge Maps Fadhila Hasna Athaya 

Cafe ini menjadi merupakan tempat ngopi yang cukup populer bagi masyarakat Jogja. Suasana yang nyaman dengan ruang outdoor yang tertata sedemikian rupa membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama menikmati menu-menu yang tersedia. Berada di Depok, Sleman, tempat yang cocok untuk ngopi sambil mengerjakan tugas ini juga sejuk karena terasa seperti hutan hujan tropis.

Lokasi: Jl. Pandean Sari, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jogja tidak hanya memiliki banyak pilihan tempat wisata, namun juga tempat ngopi yang nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Pilihan tempat ngopi dari yang memiliki bangunan yang instagramable, maupun tempat yang asyik untuk ngobrol ada tersedia. Pengunjung hanya tinggal memilih saja sesuai keinginan.