10 Wisata Kuliner di Brebes yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Brebes

Brebes bukan hanya terkenal dengan telur asinnya yang melegenda, namun tersedia beragam wisata kuliner lezat di Brebes yang layak Anda coba saat berkunjung.

Kabupaten Brebes di Provinsi Jawa Tengah bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya tetapi juga wisata kulinernya. Saat berkunjung ke Brebes tidak afdol rasanya jika tidak merasakan makanan khas daerah tersebut. Tak jarang orang-orang yang melewati kabupaten ini selalu menyempatkan diri untuk berhenti sejenak demi menyantap kuliner Brebes.

Beragam olahan dengan cita rasa yang lezat banyak disajikan di rumah makan dan pusat jajanan oleh-oleh. Menariknya, setiap olahan punya karakteristik berbeda dengan bumbu sangat khas. Ada yang dibakar, diberi kuah, ditumis dan digoreng. Semuanya disajikan dalam tampilan yang menarik pandangan.

Kebersihan dan kualitas bahan serta bumbu yang digunakan menjadi prioritas utama, disamping rasanya yang nikmat. Harga setiap porsinya sangat bersahabat dan tidak menguras isi kantong. Pilihannya juga sangat banyak, menyesuaikan selera wisatawan. Untuk memudahkan wisatawan dalam berwisata kuliner, berikut rekomendasi wisata kuliner di Brebes yang paling populer.

1. Rujak Belut

Rujak Belut

Image Credit: Sindonews.com

Seperti namanya, bahan utama rujak ini adalah Belut. Varian lain dari olahan belut dengan rasa yang nikmat. Meskipun tergolong unik dan berbeda dari rujak pada umumnya, tapi menu ini menjadi idaman beberapa wisatawan saat bertandang ke Brebes.

Bahan untuk membuat rujak meliputi cabai rawit, gula jawa, kecap, asam jawa, kacang tanah, jahe, garam dan terasi. Semua bahan diulek supaya cita rasanya semakin terasa. Proses pengulekan tidak harus sampai halus supaya ada sensasi seru saat disantap.

Bahan utama belut dari hasil tangkapan di sawah dicuci hingga bersih dan digoreng sampai matang. Belut yang sudah matang dipotong sebesar jari kelingking kemudian dilumuri bumbu rujak yang sudah dihaluskan tadi. Dijamin rasanya sangat enak dan menggiurkan lidah. Belut sendiri memiliki kandungan protein tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan stamina.

Lokasi: Cigedog, Kec. Kersana, Kab. Brebes.

2. Kupat Glabed

Kupat Glabed

Image Credit: Masakandapurku.com

Olahan kupat satu ini tidak akan ditemukan di daerah lain, karena Kupat Glabed merupakan salah satu masakan kebanggaan Brebes. Harga satu porsinya hanya 15,000 rupiah saja. Semakin nikmat lagi jika disantap dengan tambahan lauk pauk lain dan minuman segar.

Kupat Glabed dihidangkan dengan menggunakan sayur dari daun pepaya muda dan santan kuning. Santan yang diguyurkan dimasak dengan menggunakan kunyit sehingga warnanya nampak kuning seperti kuah opor. Di bagian atasnya sering diberi taburan bawang goreng dan kerupuk untuk menambah rasa enak makanan.

BACA:  41 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Hal membedakan kupat ini dari kupat lainnya adalah potongan daging sapi berbentuk dadu di dalamnya. Rasa gurih dan manis turut menyemarakkan mulut ketika dikunyah. Untuk bisa menyantap Kupat Glabed, wisatawan hanya perlu merogoh kocek seharga 15,000 rupiah.

Lokasi: Kauman, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

3. Sate Blengong

Sate Blengong

Image Credit: Instagram.com @landxplorer

Tidak lengkap ke Brebes jika tidak mencicipi lezatnya Sate Blengong. Sate ini menjadi teman kuliner dari Kupat Glabed. Kombinasi manis dan gurih dari kedua masakan tersebut menjadi idola bagi wisatawan.

Ukuran sate yang panjang dan besar memberikan rasa puas saat disantap. Rahasia dari Sate Blengong yaitu bahan dasarnya berasal dari daging menthok dan bebek, bukan daging ayam maupun kambing. Blengong sendiri menurut bahasa setempat berarti unggas dari hasil persilangan menthok dan itik. Hal ini yang membuatnya beda dan bercita rasa menggoda.

Sate ini semakin lengkap dengan adanya bumbu kecap yang berisi irisan tomat, cabai dan bawang merah. Tak jarang disajikan juga dengan bumbu kacang. Rasa empuk daging dengan bumbu pelengkap yang lezat semakin menambah sedap.

Lokasi: Limbangan Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

4. Telur Asin

Telur Asin Rasa Udang

Image Credit: Kompasiana.com

Wisata kuliner Brebes paling populer adalah telur asin. Kata orang, tidak afdol jika ke Brebes tidak menyantap kuliner ini. Bahkan hampir semua wisatawan membawa pulang sebagai oleh-oleh bagi sanak keluarga dan rekan kerja.

Rasa asin di bagian putih telur dan rasa nikmat bagian kuning telur sangat cocok dijadikan teman makan nasi panas dan sayur-mayur. Saat ini olahan telur asin bukan hanya ditawarkan dalam rasa original tetapi ada juga telur asin bakar dan telur asin asap.

Harga per paket telur asin dibandrol cukup terjangkau. Meskipun tidak mahal, tapi kualitasnya tidak bisa diragukan lagi, karena Brebes terkenal penghasil telur asin terbaik di Indonesia.

Lokasi: Brebes Tengah, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

5. Ketan Pecok

Ketan Pecok

Image Credit: Menyusurijalan.com

Ketan Pecok sudah ada sejak tahun 1960. Jajanan khas Brebes ini memiliki cita rasa yang khas hingga kini. Rasanya masih sama dari dulu hingga sekarang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rahasia kelezatan ketan berasal dari proses pengolahannya. Semakin lama diuleni semakin legit hasilnya. Ciri khas ketan yang proses pengulenannya lama adalah warnanya putih pucat.

Topping atas ketan ada beraneka macam, mulai dari kelapa parut yang dicampur dengan gula jawa ada pula kacang yang ditumbuk halus. Saat disantap rasa nikmat akan menari di mulut.

Lokasi: Kalierang, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes.

6. Soto Brebes

Soto Brebes

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Lelah berwisata di wilayah Brebes bisa dihilangkan dengan menyantap segarnya Soto Brebes. Kuahnya yang melimpah dengan taburan suwiran ayam semakin nikmat jika ditambah perasan jeruk nipis.

Soto Brebes dibuat dengan bahan-bahan seperti kecambah, kubis dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya. Soto Brebes semakin menambah daftar kekayaan kuliner di Indonesia. Bagi penyuka soto, tak lengkap jika belum menikmati kesegaran soto khas Brebes ini.

Biasanya rumah makan yang menjajakan Soto Brebes menyiapkan gorengan seperti tempe goreng ataupun tahu goreng sebagai teman saat menyantap soto. Ditambah lagi kecap dan sambal untuk menambah rasa enak saat dinikmati.

Lokasi: Ketanggungan, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes.

7. Kepiting Soka

Kepiting Soka

Image Credit: Keluyuran.com

Tak hanya olahan dari hewan darat, Brebes juga kaya dengan olahan hewan laut seperti ikan dan kepiting. Salah satu jenis kepiting paling banyak diolah adalah kepiting soka. Cangkangnya yang lunak dan empuk menjadi kelebihan tersendiri darinya.

Jenis olahan yang biasa dibuat adalah rica-rica, rasa asam manis, balado dan lada hitam. Harga satu porsi mulai dari 50,000 rupiah saja.

Setelah diolah, warna oranye menyala membuat tampilannya menarik. Dagingnya juga empuk dengan bumbu yang meresap. Saat dimakan, bumbu di bagian sela cangkang akan nikmat jika dihisap hingga bersih. Meskipun memerlukan usaha ekstra saat memakannya, tapi akan terbayar dengan rasanya yang tiada duanya.

Lokasi: Limbangan Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

8. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit: Foodnesia.net

Nasi Lengko adalah hidangan nasi hangat dengan taburan lauk pauk di bagian atasnya. Selain lauk adapula tauge, mentimun, tahu goreng dan tempe goreng. Di bagian paling atas ada guyuran sambal kacang yang sedap.

Rasa gurih, manis dan asin berpadu di mulut saat dimakan. Bisa juga ditambah sambal bagi para penyuka makanan pedas. Semakin lengkap jika dimakan bersama dengan kerupuk dan bawang goreng.

Nasi Lengko akan jadi santapan utama jika ingin mengisi perut yang kosong setelah lelah beraktivitas. Bisa juga dijadikan menu sarapan sebagai amunisi memulai aktivitas seharian. Biasanya minuman yang cocok disandingkan dengan Nasi Lengko adalah teh manis atau jeruk manis.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Kebumen Paling Populer

Lokasi: Kleben, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

9. Adep-Adep Brebes

Adep-Adep Brebes

Image Credit: 7terbaik.com

Adep-Adep Brebes adalah sajian lengkap dalam satu porsi makanan, mulai dari nasi lauk dan sayur. Satu porsi ini berisi nasi hangat, tempe, tahu, jengkol, ayam dibacem, ikan asin, sayuran dan sambal. Sayurannya sendiri meliputi kecambah, kacang panjang diiris halus, kemangi dan kubis.

Campuran berbagai makanan dalam satu porsi Adep-Adep bisa membuat lidah bergoyang dan perut kenyang. Tubuhpun sehat karena nutrisi terpenuhi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin dan mineral.

Dipercaya makanan ini dahulu hanya dihidangkan pada acara hajatan saja. Akan tetapi sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai tempat makan dan restoran. Bahkan banyak pula dijual di pasar daerah Brebes. Alasan menjamurnya makanan ini karena rasanya yang sangat nikmat dengan berbagi kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Lokasi: Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes.

10. Cimplung

Cimplung

Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Cimplung merupakan makanan khas dari Brebes sebelah selatan. Bahan bakunya adalah singkong dengan cita rasa gurih dan manis. Di Brebes, olahan Cimplung tidak hanya dari singkong tetapi juga ditambah ubi jalar. Panganan ini bisa dijadikan sebagai camilan saat bersantai sore di Brebes.

Singkong dan ubi jalar dipilih dari bahan berkualitas. Selanjutnya dikupas dan dibersihkan hingga bersih. Jika sudah bersih baru dipotong dengan ukuran yang sesuai lalu dikukus dalam kukusan hingga matang dan empuk. Untuk memastikan tingkat kematangannya bisa ditusuk dengan tusukan gigi atau garpu. Setelah empuk bisa dihidangkan dalam piring atau wadah bersih.

Penyajian Cimplung dengan dilumuri dengan kuah gula jawa di atasnya. Cairan gula jawa yang meleleh berwarna kecoklatan membuat Cimplung terasa lebih mantap saat disantap. Rasa manis dari gula dan gurihnya singkong menendang di mulut. Sebagai topping pelengkap bisa ditambah parutan kelapa muda dan pandan atau bahan lain yang beraroma sedap.

Lokasi: Tonjong, Kec. Tonjong, Kab. Brebes.

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Brebes yang populer dan wajib Anda cicipi. Beragam olahan khas Brebes tersaji dalam sajian yang menarik dan rasa mantap tiada duanya. Tak lengkap jika berwisata atau sekedar melewati Kabupaten Brebes tanpa menikmati makanannya dan membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Dijamin hasrat berwisata kuliner akan terpenuhi dengan sangat memuaskan.