20 Minuman & Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Enak

Minuman Makanan Khas Pekanbaru

Pekanbaru memiliki beragam kuliner khas yang menarik. Periksa daftar Minuman dan Makanan khas Pekanbaru yang terkenal enak dapat memanjakan lidah Anda.

Pekanbaru adalah salah satu bagian dari di Provinsi Riau yang dikenal sebagai kota penghasil minyak terbesar. Tak hanya itu saja, Pekanbaru juga memiliki sektor perdagangan dan jasa yang berkembang pesat di Indonesia.

Suksesnya berbagai sektor bisnis yang ada di kota ini, tak lantas membuat masyarakatnya lupa akan budaya asli mereka. Masyarakat di Pekanbaru sangat menjunjung tinggi dan melestarikan budaya nenek moyang mereka dengan cara menggelar festival yang diadakan setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung ke Pekanbaru.

Selain budayanya, minuman dan makanan khas disana juga masih tetap dipertahankan. Berbagai kuliner khas Pekanbaru memiliki rasa yang unik karena perpaduan dari unsur budaya Melayu dan budaya Sumatera. Jika Anda sedang berada di Pekanbaru tak ada salahnya mencoba beberapa minuman dan makanan khas Pekanbaru berikut ini.

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Image Credit: Batiqa.com

Pada dasarnya makanan ini berasal dari tradisi orang Melayu. Rasa dari Nasi Lemak ini gurih serta memiliki aroma yang sedap, karena dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan daun pandan. Makanan yang satu ini biasa disantap dengan tambahan lauk pauk seperti ayam bakar, telur, ikan teri dan sambal.

Kandungan karbohidrat dan lemak yang lumayan besar pada makanan ini, membuat sebagian besar orang Melayu memilih memakan Nasi Lemak pada waktu pagi hari sebelum melakukan aktifitas.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Image Credit: Rasalkuliner.com

Berkunjung ke Pekanbaru kurang lengkap rasanya jika belum merasakan olahan ikan. Salah satu olahan ikan yang terkenal adalah Gulai Ikan Patin. Makanan ini sangat kental dengan nuansa rasa rempah-rempah nusantara yang masuk kedalam daging ikan patin. Selain itu, kuah kuning khasnya dapat membuat siapa saja ketagihan.

Di Pekanbaru, Gulai Ikan Patin disajikan dengan porsi besar untuk dinikmati bersama keluarga. Nasi putih, tempe, tahu, kerupuk biasanya juga tersedia sebagai pelengkap pendamping Gulai Ikan Patin.

3. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan Baung

Image Credit: Eljohnnews.com

Selain Gulai Ikan Patin, olahan ikan lainnya yang terkenal adalah Asam Pedas Ikan Baung. Olahan Ikan Baung yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami masalah dengan duri ikan. Pasalnya, ikan yang bentuknya mirip dengan lele ini memiliki daging yang tebal, lembut, putih, dan tanpa ada duri halus.

Asam Pedas Ikan Baung diolah menggunakan bumbu-bumbu seperti serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit. Penggunaan banyak bumbu tersebut dimaksudkan agar aroma amis pada ikan hilang. Sedangkan untuk rasa asam pedasnya, diambil dari larutan asam jawa atau asam kandis ditambah cabe rawit pedas.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

4. Sup Tunjang

Sup Tunjang

Image Credit: KSMTour.com

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya adalah Sup Tunjang. Kuah Sup ini terbuat dari air kaldu rendaman potongan tulang sapi yang diberi beragam rempah-rempah tradisional seperti, cengkeh, bawang merah, bawang putih, dan kayu manis. Banyaknya rempah-rempah yang digunakan tersebut, membuat Sup Tunjang cocok dimakan pada saat cuaca sedang dingin.

Daging sapi pada Sup Tunjang tidak banyak karena yang digunakan hanyalah tulangnya, akan tetapi Anda tetap bisa merasakan sensasi makan nikmat dengan menyedot sumsum yang berada didalam tulang tersebut.

5. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Kelanariau.blogspot.com

Ternyata bukan orang timur saja loh yang memanfaatkan sagu sebagai bahan dasar makanan. Di Pekanbaru, tepung sagu digunakan untuk membuat mie. Mie Sagu khas Pekanbaru ini memiliki tekstur sedikit kenyal namun tetap enak dimakan.

Bagi Anda penggemar olahan mie, Anda wajib mencoba mie yang satu ini. Mie Sagu mempunyai rasa yang gurih dan sedikit manis. Selain itu, ada dua cara penyajian mie ini, yaitu digoreng dan direbus. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

6. Sate dan Sop Rusa

Sate dan Sop Rusa

Image Credit: Banyumurti.net

Sate dan Sop yang berikut ini mungkin jarang bisa Anda temukan didaerah manapun, pasalnya daging yang digunakan sebagai bahan utamanya adalah daging rusa. Di kota Pekanbaru ternyata penjual makanan khas yang satu ini sangat melimpah, hampir disetiap sudut kotanya makanan ini dapat ditemukan.

Pada dasarnya bumbu yang digunakan pada sate dan sop ini sama dengan bumbu sate dan sop biasanya. Tekstur dari daging rusa ini juga tak berbeda jauh dengan daging ayam ataupun sapi, akan tetapi daging rusa sedikit lebih halus ketika digigit.

7. Ikan Asap Selais

Ikan Asap Selais

Image Credit: Detik.com

Jika mendengar ikan asap, pasti yang terbayang adalah olahan ikan asin, tetapi tidak untuk ikan asap yang satu ini. Ikan asap di Pekanbaru biasa dijadikan gulai atau pindang. Disana Ikan yang sering digunakan adalah ikan selais, sejenis ikan lele yang memiliki tubuh lebih kecil.

Untuk para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh yang tahan lama, mungkin makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan. Ikan Selais melalui proses pengasapan berjam-jam sampai tekstur ikan ini kering, sehingga dapat bertahan berhari-hari.

8. Gulai Belacan

Gulai Belacan

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Anda penggemar dengan olahan seafood? Di Pekanbaru salah satu olahan seafood yang terkenal adalah Gulai Belacan. Makanan ini menggunakan udang yang digoreng lalu dicampur dengan bumbu gulai belacan. Rasa yang dihasilkan dari makanan ini gurih bercampur manis pedas dari bumbu gulai.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Gulai Belacan memang banyak sekali disukai, apalagi jika disantap dengan nasi putih hangat dan sayuran segar. Namun, menyantap Gulai Belacan sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kolesterol naik.

9. Gulai Siput

Gulai Siput

Image Credit: Makananoleholeh.com

Olahan gulai di Pekanbaru sangatlah banyak, akan tetapi bahan utama yang digunakan berbeda-beda. Salah satu gulai dengan bahan utama yang unik adalah Gulai Siput. Tidak banyak orang mengetahui kalau siput dapat digunakan sebagai bahan masakan. Padahal siput mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi.

Di kalangan wisatawan, Gulai Siput ini begitu terkenal. Selain karena tinggi protein, makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang enak. Daging siput yang kenyal dipadukan dengan gulai kaya akan bumbu tradisional, membuat siapa saja tidak bisa menolaknya.

10. Cencaluk

Cencaluk

Image Credit: Zonamakan.com

Makanan ini berbahan dasar udang yang difermentasi menggunakan mikroba tertentu sehingga dapat menghasilkan sensasi rasa dan aroma yang unik. Agar proses fermntasi berhasil, udang yang digunakan harus benar-benar dicuci bersih.

Cencaluk biasanya hanya ada pada acara besar saja, akan tetapi banyaknya orang yang menyukai makanan ini, membuat cencaluk saat ini mudah dijumpai. Di masyarakat Pekanbaru, cencaluk biasa disajikan bersama nasi putih dan sambal.

11. Miso

Miso

Image Credit: Thaniaanh23.blogspot.com

Miso adalah sejenis olahan mie berkuah kaldu dengan tambahan suwiran daging ayam, tulang ayam, kulit ayam, dan tahu kering. Kadang beberapa penjual juga menambahkan ceker ayam serta kerupuk pedas agar semakin nikmat.

Miso nikmat disantap pada siang hari karena kandungan karbohidrat dalam mie ini dapat mengembalikan energi dalam tubuh. Sebenarnya Miso juga terdapat di beberapa daerah Kalimantan dan Sumatera, namun setiap daerah tersebut memiliki cara yang berbeda-beda dalam proses penyajiannya.

12. Bacah Daging

Bacah Daging

Image Credit: Cookpad.com

Bentuk makanan ini membuat siapa saja yang melihatnya mengira bahwa ini Rendang. Padahal makanan ini adalah Bacah Daging khas Pekanbaru, bentuknya memang mirip sekali dengan Rendang yang berasal dari Padang.

Tak hanya bentuknya saja yang mirip, proses pembuatan dan bahan dasar yang digunakan Bacah Daging juga sama dengan Rendang. Yang berbeda hanyalah cara orang menyantapnya, Bacah Daging biasa disantap dengan ketupat atau lontong, sedangkan Rendang disantap dengan nasi

13. Asidah

Asidah

Image Credit: Vizcake.co.id

Makanan khas Pekanbaru berikutnya adalah Asidah. Minimnya masyarakat yang mengetahui tentang kudapan tradisional ini, membuat Asidah susah dijumpai. Padahal dulu Asidah sering dijadikan camilan ketika sedang berkumpul dengan keluarga.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam Paling Populer

Asidah mempunyai rasa yang manis legit serta aromanya wangi. Aroma Asidah didapat dari rempah yang digunakan seperti kayu manis dan cengkeh. Bentuk Asidah ini pun unik-unik membuat siapa saja tertarik.

14. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Anda tau Bika Ambon dari Medan? Atau Bingka Bakar dari Batam? Jika Anda tau maka tak akan asing lagi dengan bentuk bolu ini. Bolu Kemojo memiliki bentuk sangat mirip dengan kedua kue tersebut.

Bolu Kemojo ini rasanya lezat dan aromanya begitu menggugah selera. Dengan kelezatannya tersebut, tak heran jika bolu ini banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

15. Pancake Durian

Pancake Durian

Image Credit: Masakmasakmasak.wordpress.com

Makanan ini diadopsi dari trend diluar negeri yaitu pancake. Berbeda dengan pancake pada biasanya, Pancake yang satu ini dipadukan dengan rasa tradisional yang khas, yaitu durian.

Sayangnya, pancake ini harus ada dalam keadaan dingin, jika tidak, maka akan cepat basi. Penjual Pancake Durian ini banyak ditemui di kota Pekanbaru.

16. Roti Jala

Roti Jala

Image Credit: Tokopedia.com

Roti Jala sangat kental dengan unsur budaya orang melayu. Camilan ini sering hadir di acara pernikahan dan acara-acara yang besar.

Pada umumnya Roti Jala biasa dipadukan dengan kuah kari atau saus pedas manis. Namun, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menyantap kue yang satu ini

17. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Image Credit: Detik.com

Kalau Anda orang Sumatera pasti tidak akan asing lagi dengan kue yang satu ini. Lopek Bugi adalah kue yang terbuat dari ketan dan rasanya bercampur antara manis dan gurih.

Dulunya Lopek Bugi hanya dimakan oleh orang-orang tertentu saja, akan tetapi saat ini Lopek Bugi sudah banyak dikonsumsi masyarakat luas terutama masyarakat Sumatera.

18. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Image Credit: Riaudailyphoto.com

Ternyata tak hanya masyarakat jawa saja yang memiliki olahan dodol. Di Pekanbaru, dodol juga merupakan makanan yang khas. Dodol yang dimaksud adalah Dodol Kedondong.

Proses pembuatan dodol ini membutuhkan waktu cukup lama sampai tekstur dodol lengket dan sedikit kasar. Walaupun begitu, rasa dodol ini bisa membuat mulut tidak berhenti memakannya.

19. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk

Image Credit: Apasih.web.id

Selain makanan-makanannya, Pekanbaru juga memiliki minuman yang khas loh! Minuman yang pertama adalah Es Laksamana Mengamuk.

Cukup aneh mendengar namanya, akan tetapi rasa es ini sangatlah enak. Jika berkunjung ke Pekanbaru maka Anda wajib untuk mencoba minuman yang satu ini.

20. Es Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin

Image Credit: Sultanhbae0802.blogspot.com

Di Pekanbaru, es ini sudah ada sejak dulu. Konon dinamakan seperti itu karena es ini sering muncul di setiap acara pernikahan.

Pada dasarnya bentuk dan rasa es ini hanya seperti es campur, akan tetapi sirup yang digunakan dalam Es Air Mata Pengantin ini lebih bervariasi.

Itulah daftar minuman & makanan khas Pekanbaru yang terkenal enak, sangat menarik bukan? Kalau begitu, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi kuliner khas tersebut ketika Anda sedang berkunjung ke Pekanbaru.