11 Wisata Kuliner di Cianjur yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Cianjur

Cianjur merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang sebagian besar kawasannya adalah pegunungan. Daerah ini memiliki area pertanian yang cukup luas. Selain itu perekonomian di sini ditopang oleh peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan. Hal ini ditunjang dengan banyaknya sungai yang mengalir melintasi kawasan ini.

Berbagai tempat wisata alam dapat Anda nikmati selagi berkunjung di Cianjur. Banyak air terjun, gunung, dan telaga yang menawarkan panorama indah khas pegunungan serta udara bersih dan sejuk. Di tengah kota juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Ada taman bunga, kebun raya serta alun-alun Suryakencana.

Sambil berkeliling Cianjur, Anda dapat sekaligus berwisata kuliner, mencicipi makanan-makanan yang lezat. Cianjur memiliki beragam penganan, mulai masakan utama hingga kudapan yang dapat Anda jadikan pilihan saat berwisata ke Cianjur.

1. Geco

Geco

Lokasi: Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kab, Cianjur. – Image Credit by Pegipegi.com

Geco adalah salah satu makanan khas Cianjur. Geco sendiri merupakan singkatan dari tauge dan tauco yang merupakan bahan utama masakan ini. Cita rasanya yang gurih dan khas membuat makanan ini memiliki banyak penggemar. Tidak sulit menemukan kuliner ini. Selain pada depot makan, geco biasanya juga dijajakan keliling atau menggunakan gerobak.

Secara tampilan, geco hampir mirip dengan kupat tahu, yang membedakannya adalah saus tauco pada geco, sehingga rasanya lebih gurih dan khas tauco. Selain itu dalam geco ditambahkan cuka lahang, serta di atasnya diberi potongan kentang goreng, telor rebus dan tahu goreng.

2. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur

Lokasi: Jl. Siliwangi No.1 A, Sawah Gede, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur. – Image Credit by Pasundanradio.com

Kuliner khas Cianjur lainnya adalah laksa. Sekilas tampilan laksa mirip seperti gulai, namun kedua kuliner ini memiliki cita rasa berbeda. Di salam satu porsi laksa Anda akan menemukan bihun, taoge, telur dan udang.

BACA:  10 Tempat Kuliner Malam di Solo Yang Enak & Murah

Kuah laksa berbahan utama santan dengan bumbu-bumbu dan oncom yang telah dibakar dan dihaluskan sehingga membuat kuliner ini memiliki rasa khas dan unik. Sepintas laksa Cianjur serupa dengan laksa Bogor, namun setelah Anda mencicipinya, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

3. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur

Lokasi: Muka, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur. – Image Credit by Skpm.ipb.ac.id

Anda dapat menemukan bubur Cianjur yang cukup terkenal di sekitaran alun-alun Cianjur. Kuliner ini cocok disantap pada pagi hari sebagai sarapan. Cita rasa bubur Cianjur lebih gurih dibandingkan dengan bubur lainnya. Teksturnya pun tidak encer dan cenderung pekat.

Satu porsi bubur berisi bubur nasi, suwiran ayam, kacang, seledri, bawang goreng dan kerupuk. Yang khas, bubur ini tidak diberi kuah kental. Selain itu, bubur juga diberi tambahan potongan ati ampela, usus, dan gorengan risol. Untuk menabah kenikmatan, Anda bisa menikmati bubur ini dengan tambahan lauk yang disediakan.

4. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur

Lokasi: Jl. Raya Cipanas – Cianjur No.KM.7, Cijedil, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur. – Image Credit by Idntimes.com

Ikan bakar Cianjur sudah terkenal tidak hanya di kota asalnya, namun juga di beberapa kota besar di Indonesia. Menu andalannya tentu saja ikan bakar, dengan bahan baku utama berasal dari berbagai ikan seperti ikan mas. Bumbu bakaran yang merasuk hingga daging ikan, menjadikan makanan ini sangat lezat.

Lebih lengkap jika sajian ini didampingi oleh sayur asam khas Sunda dan sambal. Jangan lupa nikmati bersama nasi hangat. Selain itu sajian lain seperti aneka tumis sayur juga dapat Anda nikmati bersama ikan bakar yang lezat ini.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Lokasi: Jl. Raya Pacet, Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur. – Image Credit by Pergikuliner.com

Di perbatasan Cianjur dan Bogor terdapat warung makan yang menjual sate maranggi dan terkenal lezat. Daging sapi menjadi bahan utama sate ini. Tekstur daging sate yang lembut ditambah siraman bumbu membuat sate ini banyak diminati. Yang khas, sate ini menggunakan bumbu bacem sebagai lumuran pada daging sebelum dibakar.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Medan yang Enak & Wajib Anda Coba

Anda dapat menikmati kuliner ini pada malam hari, karena sate maranggi memang banyak dijual pada malam hari. Supaya lebih kenyang, sate dapat dinikmati dengan nasi yang dibungkus daun pisang.

6. Nasi Pepes

Nasi Pepes

Lokasi: Jl. HOS Cokro Aminoto No.11, Muka, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur. – Image Credit by Cookpad.com

Warung Pundi menyajikan nasi pepes sebagai menu andalannya. Kuliner ini memiliki tekstur nasi yang lembut, dengan cita rasa gurih yang khas berasal dari kaldu ayam. Selain itu, makanan ini dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga menambah aromanya.

Nasi pepes sendiri adalah masakan berupa nasi yang dimasak dua kali. Pertama, nasi dimasak setengah matang, setelah itu diberi bumbu-bumbu lengkap dan dicampur dengan ayam. Selanjutnya nasi dipepes sehingga aroma bumbu dan gurihnya ayam dapat merasuk.

7. Pesmol Kembung

Pesmol Kembung

Image Credit by Craftlog.com

Pesmol merupakan salah satu masakan khas Jawa Barat terutama Cianjur. Semakin sempurna jika bumbu pesmol dipadukan dengan ikan kembung goreng yang memiliki tekstur lembut.

Pesmol dengan tampilan berwarna kuning dan cukup kental sangat menggugah selera. Lebih nikmat jika pesmol kembung ini dinikmati bersama nasi hangat.

8. Marici Putu mayang

Marici Putu mayang

Lokasi: Tegallega, Kec. Warungkondang, Kab. Cianjur. – Image Credit by Tukangjalanjajan.com

Makanan ringan khas Cianjur ini memadukan cita rasa manis dan gurih. Sajian ini terdiri dari beberapa pilihan bentuk, yaitu rengginang, renggining, dan olahan putumayang. Putumayang dibuat dengan bahan utama tepung beras yang diolah sedemikian rupa dan disajikan bersama saus gula dan santan.

Sedangkan marici rengginang adalah kerupuk berbahan baku beras ketan yang telah dikeringkan dan digoreng. Yang terakhir adalah marici renggining yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dihaluskan. Bahan dan bumbu membuat renggining hampir sama dengan putumayang, namun ada perbedaan khas dari rasa yang membedakan keduanya.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Magelang yang Enak & Wajib Anda Coba

9. Manisan dan Asinan Buah

Manisan dan Asinan Buah

Lokasi: Ciwalen, Kec. Warungkondang, Kab. Cianjur. – Image Credit by Jalajahnusae.com

Jika Anda ke Cianjur, jangan melewatkan untuk mencicipi manisan dan asinan buah khas Cianjur. Kuliner ini menggunakan aneka macam buah seperti salak, mangga, dan kedondong. Lalu buah-buah ini dipotong-potong dan diberi kuah berbumbu.

Untuk manisan, bumbu yang disiramkan bercita rasa asam dan manis. Sedangkan asinan, biasanya ditambahkan sayuran seperti sawi dengan bumbu bercita rasa asin. Selain menjadi cemilan, Anda dapat membawa pulang kedua kuliner ini sebagai oleh-oleh.

10. Roti Manis Tan Keng Cu

Roti Manis Tan Keng Cu

Lokasi: Jl. HOS Cokro Aminoto No.95, Muka, Kec. Cianjur. – Image Credit by Enaknyakemana.com

Salah satu kuliner legendaris ini dapat Anda temukan seputaran Cianjur. Sudah memproduksi roti sejak tahun 926, roti manis Tan Keng Cu masih eksis dan tetap menjadi favorit banyak orang termasuk wisatawan yang ingin membawa pulang kuliner ini sebagai oleh-oleh.

Roti manis di sini mempunyai tekstur yang lembut. Pembuatannya pun masih menggunakan cara tradisional sehingga cita rasa roti manis tidak berubah. Semakin lengkap menikmati roti manis ini dengan segelas kopi atau teh pada sore hari bersama keluarga.

11. Moci

Mochi

Lokasi:Nagrak, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Cemilan lain yang dapat Anda nikmati sambil berkeliling Cianjur adalah kue moci. Cemilan khas ini terbuat dari tepung dengan isian kacang tanah yang telah ditumbuk. Teksturnya yang kenyal dengan rsa manis menjadikan kudapan ini unik dan digemari banyak orang termasuk anak-anak.

Yang terbaru adalah es moci yang merupakan modifikasi kue ini. Moci yang kenyal disajikan dengan es yang menyegarkan sehingga rasanya semakin lezat. Moci biasanya dijual dalam kotak bambu atau yang biasanya disebut besek. Kuliner ini juga sangat pas untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk saudara atau kerabat.

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mencicipi berbagai kuliner di atas saat mengunjungi Cianjur. Selain menikmati pemandangan alamnya yang segar dan alami, karena kuliner di kawasan ini terkenal sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan.