10 Tempat Makan di Bukittinggi Favorit Wisatawan

Tempat Makan Bukittinggi

Bukittinggi dikenal memiliki kekayaan kuliner yang bermacam ragam dan lamak bana. Petualang rasa wajib mengunjungi restoran dan tempat makan favorit di Bukittinggi untuk menikmati sajian lezat.

Bukittinggi merupakan salah satu kota yang memiliki nama mentereng di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini terkenal dengan destinasi wisata Jam Gadang yang begitu legendaris. Secara historis, Kota Bukittinggi juga memiliki pesonanya tersendiri karena sempat dijadikan sebagai ibu kota provinsi dan menjadi kota kelahiran pahlawan sekaligus tokoh nasional, yaitu Assat dan Bung Hatta.

Kota yang memiliki suhu sejuk ini memang telah sejak lama menjadi jujugan para pelancong maupun petualang rasa. Lanskap alam yang menakjubkan menjadi sasaran utama yang dituju. Akan tetapi, di balik itu semua kekayaan kuliner khas Bukittinggi juga tidak kalah memukau perhatian para wisatawan yang datang.

Bagi Anda para petualang rasa yang menginjakkan kaki di Bukittinggi dan ingin mencecap kuliner khas kota ini, Anda bisa mengunjungi restoran yang ada di setiap penjuru kota. Anda akan menemukan bermacam kuliner yang diracik dengan rempah yang melimpah. Jika penasaran, Anda bisa mengunjungi daftar tempat makan di Bukittinggi yang paling enak berikut ini.

1. Family Benteng Indah

Family Benteng Indah

Image Credit: Cookpad.com

Apakah Anda merupakan pecinta ayam pop? Family Benteng Indah merupakan restoran yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan Anda. Anda akan mendapatkan kelezatan rasa ayam pop yang otentik. Hal itu dikarenakan Family Benteng Indah merupakan tempat di mana ayam pop tercipta.

Menu utama di restoran ini tentu saja ayam pop. Selain ayam pop, Anda juga wajib mencoba kelezatan ayam bakar yang diracik dengan bumbu khas Family Benteng Indah. Di samping itu, Anda juga bisa menikmati varian menu lainnya. Menu-menu yang ditawarkan adalah berbagai macam masakan khas Minang, seperti rendang, gulai ikan, dan sebagainya.

Selain itu, Family Benteng Indah adalah restoran yang sangat pas untuk Anda kunjungi bersama keluarga besar. Restoran ini memiliki ruang yang cukup luas dan mampu menampung orang dalam jumlah banyak sesuai dengan permintaan Anda. Pemandangan di restoran ini juga sangat menarik, sehingga nuansa kebersamaan Anda akan semakin berkesan.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.4, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

2. Simpang Raya Kantin

Simpang Raya Kantin

Image Credit: Google Maps (Yoghi Aprianto)

Simpang Raya Lapangan Kantin merupakan salah satu restoran padang yang terkenal di Bukittinggi. Restoran ini telah berdiri sejak lama, namun Anda tidak perlu ragu akan kualitas rasa pada masakan yang disajikan karena sangat dijaga dengan baik. Oleh sebab itu, rasa yang disuguhkan tetap melekat di lidah siapa saja yang mencecapnya.

BACA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menu andalan di restoran ini adalah rendang. Rendang di Simpang Raya Kantin terkenal sangat maknyus, sehingga sangat sayang disayangkan jika Anda melewatkan menu yang satu ini. Kenikmatan masakan di restoran Simpang Raya Kantin memang sudah santer ke mana-mana sehingga restoran ini selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. Sudirman No.8, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

3. Gon Raya Lamo

Gon Raya Lamo

Image Credit: Twitter.com @ay_aidayazid

Restoran selanjutnya adalah Gon Raya Lamo. Bertemakan restoran padang seperti Simpang Raya Kantin, restoran Gon Raya Lamo juga tidak kalah populer di kalangan masyarakat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi dan singgah di restoran ini untuk mengisi kekosongan perut setelah puas mengelilingi setiap sudut Kota Bukittinggi.

Menu spesifik yang disajikan adalah ikan bakar, cincang ayam, dendeng batokok, dan aneka jus buah. Anda bisa membaca keterangan ini yang tertulis di sebuah tugu yang berada di halaman depan restoran Gon Raya Lamo.

Dari tempatnya, Gon Raya Lamo memiliki konsep tempat yang sama seperti restoran padang pada umumnya yang lumrah ditemui di luar Provinsi Sumatera Barat. Jika Anda datang bersama rombongan, pastikan bahwa masih tersedia tempat yang cukup karena restoran ini selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. By Pass No.1, Pulai Anak Air, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

4. Hau’s Tea

Hau’s Tea

Image Credit: Instagram.com @andy_bielly

Jika Anda ingin menikmati kuliner dengan cita rasa dan nuansa yang lebih kontemporer, maka Hau’s Tea merupakan opsi yang tepat. Hau’s Tea bisa menjadi opsi lain bagi Anda yang ingin menyelingi menu makan dengan makanan yang tidak bersantan dan kaya rempah saat berkunjung ke Bukittinggi.

Hau’s Tea adalah tempat makan yang menyediakan berbagai menu ala luar negeri, seperti aneka pasta, beef steak, french fries, crispy chicken, dan sebagainya. Tersedia juga berbagai varian minuman, seperti milk shake, kopi, dan teh. Menu ini sangat sesuai dengan konsep tempat yang sangat cozy dan nyaman.

Bagi Anda yang tidak suka makanan ala luar negeri, Anda masih tetap bisa menikmati makanan khas nusantara, seperti bakso goreng, bakso campur, cakwe, dan batagor bandung. Di Hau’s Tea, selain dapat memanjakan lidah, Anda juga bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbincang bersama keluarga, kerabat, atau kolega.

BACA:  12 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.70, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

5. Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis

Image Credit: Twitter.com @sitasentris

Nasi Kapau Uni Lis merupakan salah satu tempat makan yang menyediakan menu yang spesifik, yaitu nasi kapau. Nasi kapau sudah sangat tersohor sebagai makanan khas Nagari Kapau yang kemudian dikenal pula sebagai makanan khas Bukittinggi.

Nasi kapau dapat dapat dipadankan dengan nasi rames. Pada umumnya, nasi kapau disajikan dengan lauk pauk seperti cubadak (gulai nangka muda), gulai tunjang, dan sambal. Selain lauk pauk tersebut, masih banyak menu lainnya yang bisa Anda pilih, di antaranya dendeng sambal lado ijo, teri balado, tongkol balado, goreng belut, dan ayam panggang.

Jika Anda berkesempatan singgah di tempat makan Nasi Kapau Uni Lis, maka cobalah menu nasi kapau dengan usus tambusu. Kelezatan bumbu-bumbu yang sangat nikmat akan membuat Anda ingin menambah porsi lagi dan lagi.

Lokasi: Jl. Pemuda Los Lambuang Wisata, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

6. Sate Mak Aciak

Sate Mak Aciak

Image Credit: Facebook.com @erison.j.kambari

Bagi Anda pecinta sate padang, Sate Mak Aciak menjadi pilihan wajib untuk dikunjungi. Dagingnya yang tebal dan empuk serta kuah kentalnya yang gurih akan memanjakan lidah Anda dengan kelezatan yang luar biasa.

Sate Mak Aciak telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Meskipun usianya terbilang tidak lagi muda, Sate Mak Aciak tetap eksis sebagai menu favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut tentu karena keotentikan rasa sate padang yang terus terjaga hingga saat ini.

Lokasi: Jl. By Pass, Pulai Anak Air, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

7. Pical Sikai

Pical Sikai

Image Credit: Wikipedia.org

Apabila Anda berasal dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur dan merindukan makanan khas daerah asal saat tengah melancong ke Bukittinggi, maka Anda bisa mampir ke tempat makan Pical Sikai. Pical Sikai menyediakan menu pecelnya orang Sumatera, yaitu pical.

Pical merupakan makanan khas Bukittinggi yang terbebas dari kandungan santan. Sebagaimana pecel, pical didominasi oleh sayuran yang diberi bumbu kacang yang bercita rasa pedas dan asin. Sayuran utama yang digunakan pada pical, yaitu jantung pisang. Ketika Anda menyantap pical, maka akan terasa jantung pisang yang sangat kenyal.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Panorama No.19C, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

8. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Image Credit: Ksmtour.com

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai adalah rekomendasi restoran selanjutnya yang menyediakan makanan khas dan enak dari Bukittinggi. Menu utama di restoran ini adalah gulai bebek dengan sambal hijau yang khas.

Untuk mendapatkan rasa yang istimewa, penggunaan bebek untuk diolah sangat diperhatikan. Gulai itiak di restoran ini hanya menggunakan bebek muda saja, sehingga diperoleh tekstur bebek yang sangat empuk. Proses pemasakan gulai ini juga membutuhkan waktu yang lama, yakni kurang lebih 12 jam.

Restoran Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai tidak hanya diminati oleh warga lokal, tetapi juga wisatawan asing turut menggemari makanan yang satu ini. nah, bagi Anda yang tidak bisa makan pedas, bisa memilih menu itik goreng yang bisa disantap dengan sambal pecel.

Lokasi: Jl. Binuang No.41, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

9. Restoran Sederhana

Restoran Sederhana

Image Credit: Instagram.com @sederhana.bukittinggi

Di Bukittinggi memang terdapat banyak restoran padang. Namun, setiap restoran padang tentu memiliki kekhususan menu spesial dan cita rasa bumbu yang berbeda satu dengan yang lainnya. Begitupun Restoran Sederhana yang menyediakan beraneka ragam menu khas masakan padang dengan kekhasannya tersendiri.

Nama Restoran Sederhana mungkin tidak asing di telinga Anda. Di daerah lain, di luar Pulau Sumatera nama restoran ini kerap kali ditemui. Jika Anda tengah berada di Bukittinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai menu yang tersedia di restoran ini. Menu yang ditawarkan, di antaranya gulai otak, ikan gurame, goreng paru, dan sebagainya.

Lokasi: Jl. Sudirman No.47, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

10. Turret New Style

Turret New Style

Image Credit: Google Maps (Tom)

Bagi Anda Si Petualang Rasa vegetarian yang melancong ke Kota Bukittinggi, Anda tidak perlu merasa kebingungan mencari tempat makan yang pas. Anda cukup datang ke Turret New Style. Turrent New Style mengusung tema cafe and restaurant, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin memiliki quality time bersama keluarga saat makan.

Menu yang disediakan mulai dari menu khas Nusantara, fusion hingga western food. Namun, yang menjadi daya tarik tersendiri adalah menu vegetariannya. Anda bisa menyantap berbagai menu vegetarian dengan rasa yang mantap di restoran ini.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.142, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Itulah rekomendasi tempat makan terbaik di Bukittinggi yang terkenal dengan sajian enak. Kota dengan objek wisata utama monumen Jam Gadang ini memiliki khazanah kuliner yang bervariasi dan sangat terkenal akan kelezatannya.