10 Wisata Kuliner di Purwakarta yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Purwakarta

Purwakarta memiliki tawaran kuliner khas yang terkenal dengan citarasanya yang dijamin bikin nagih, cocok bagi Anda yang ingin mencoba hal baru ketika berlibur.

Membicarakan wisata memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata kuliner yang banyak digemari orang-orang ketika liburan. Rasanya liburan tanpa menjelajahi masakan-masakan khas daerah tersebut ibarat sayur tanpa garam. Tidak heran kini banyak paket wisata yang sekaligus menawarkan paket kuliner bagi pengunjung dari luar kota. Namun, Anda bisa melakukan wisata kuliner secara terpisah.

Apabila Anda berada di rute perjalanan menuju Bandung ke Jakarta, maka pasti melewati Purwakarta. Meski bukan kota sebesar Jakarta atau Bandung namun Purwakarta termasuk kabupaten yang memiliki perkembangan cukup pesat. Salah satunya terlihat dari kuliner khas daerahnya yang menonjol baik di kalangan warga lokal sampai wisatawan.

Anda bisa menemukan berbagai masakan khas Asia dan Sunda yang disajikan dengan konsep menarik. Mulai dari tempat makannya yang berkonsep indoor dan outdoor. Rata-rata harga yang dipatok oleh rumah makan sekitar Purwakarta cukup terjangkau dan aman di dompet. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, simak daftar rekomendasi wisata kuliner khas Purwakarta yang sayang jika dilewatkan.

1. Surabi Kedai Koka

Surabi

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Kedai Koka menyediakan surabi yang siap disantap saat asapnya masih mengepul hangat. Terlebih lagi jika cuaca sedang hujan maka surabi dapat menjadi pilihan makanan yang tepat sebagai penghangat tubuh. Rasanya yang gurih berasal dari kuah santan yang dicampurkan ke dalam adonan surabi.

Jangan mengira kedai ini hanya menawarkan surabi. Menu-menu seperti mie goreng, capcay, nasi goreng, steak, omlet, dan lain sejenisnya juga dapat dipesan sesuai selera. Tempatnya yang luas cukup nyaman ditempati dan pegawainya juga ramah. Pelayanannya pun pasti tak akan mengecewakan Anda. Kedai ini mulai buka pada jam 8 pagi dan tutup jam 12 malam.

Lokasi: Jl. Taman Pahlawan No.2, Purwamekar, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

2. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit: Annienugraha.com

Olahan sate mungkin sudah terlalu lazim ditemui dalam dunia perkulineran. Tetapi, sate manggarai ini memiliki ciri khasnya sendiri yang berbeda dari sate lainnya. Bumbu yang digunakan untuk memasak sate tidak pelit dan dagingnya sangat terasa empuk digigit. Resapan kecap serta saos kacang yang berpadu menimbulkan rasa gurih dan nagih.

Di atas permukaan sate ini juga dibubuhkan irisan merah tomat dan cabai. Anda bisa menambah perasan jeruk nipis untuk menghasilkan rasa yang lebih kuat. Selain itu, menu pendamping untuk menyantap sate ini antara lain soto ayam, ayam bakar, karedok, gurame bakar, dan lain-lain. Karena kedai ini berkonsep warung, beberapa orang sampai rela menggelar tikar.

BACA:  13 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta.

3. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Ayam Goreng Kampung Sajolna

Image Credit: Lpplpurwakarta.com

Menu utama yang dihidangkan di Warung Sajolna ini berupa ayam goreng dengan bumbu melimpah serta mempunyai pelanggan tetap yang cukup banyak. Karakteristik dari warung ini ialah menggunakan ayam kampung sebagai bahan baku. Cita rasa dari ayam goreng ini semakin lezat ketika disantap bersama sambal pedas yang baru akan digerus saat pembeli datang.

Apabila ingin membawa pulang ayam goreng ini ke rumah, maka bisa memesan satu porsi utuh. Harga yang dibandrol mulai dari 15 ribu per potongnya. Anda juga bisa memesan menu tambahan seperti jengkol, pencok leunca, dan gado-gado. Saat makan disini, Anda bisa memilih untuk lesehan agar menambah kenikmatan menyantap ayam goreng.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.54, Sindangkasih, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

4. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Image Credit: Diantin.com

Wah, dari namanya saja sudah mengundang rasa penasaran. Dinamai pueyum bendul karena salah satu jalan yang menjual jajanan ini bernama Bendul. Ruko yang menjual jajanan ini bisa ditemukan sepanjang 2 kilometer. Tinggal memilih salah satu tempat yang sesuai di hati Anda untuk membelinya.

Peuyeum Bendul ini dijual dengan posisi digantung di depan toko. Teksturnya cukup padat dan memiliki rasa manis. Agar rasanya bisa manis, maka singkong yang digunakan untuk merebus harus dibersihkan sampai bersih. Apabila masih tertinggal kotoran seperti kulit singkong yang tidak bersih, bisa mengakibatkan rasa peuyeum menjadi asam.

Lokasi: Sukatani, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

5. Mie 3 Warna

Mie Tiga Warna

Image Credit: Ihategreenjello.com

Rekomendasi kuliner di Purwakarta selanjutnya adalah mie 3 warna. Sesuai namanya, mie ini terbuat dari 3 warna dasar yang berbeda, misalnya seperti pelangi. Ternyata mie ini juga terkenal dengan sebutan mie sehat 3 warna, lho. Mengapa demikian? Karena pewarna yang digunakan untuk membuat mie ini berasal dari bahan alami sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Warna alami yang dimaksud bisa dari wortel untuk warna oren, buah naga untuk ungu, daun suji untuk hijau, dan lain sebagainya. Santapan ini cocok dihidangkan bagi anak-anak karena warnanya unik. Dengan uang sebesar 10 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi mie 3 rasa. Mie 3 warna ini cukup terkenal di daerah Purwakarta dan disukai oleh warga lokal.

BACA:  Kebun Durian Warso Farm, Wisata Petik Buah Favorit di Bogor

Lokasi: Cikumpay, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta.

6. Soto Sadang

Soto Sadang

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Saat menjelajah kuliner, menu soto sudah tidak asing lagi ditemukan. Salah satunya soto sadang khas dari Purwakarta. Warung soto ini sudah lama berdiri dalam kurun waktu puluhan tahun sehingga namanya cukup terkenal. Terdapat 2 varian jenis soto sadang yang bisa dipilih mulai dari soto berkuah santan kental dan berkuah bening cair.

Selain memilih kuahnya, Anda juga bisa menentukan topping di atas soto. Misalnya saja seperti potongan daging sapi atau ayam. Harga yang ditarik dari warung soto ini dengan soto lainnya cukup mahal. Meskipun begitu, biaya yang dibayarkan dengan masakan yang dihidangkan sama sekali tidak mengecewakan.

Lokasi: Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

7. Rumah Makan Hj. Ciganea

Rumah Makan Hj. Ciganea

Image Credit: Tripadvisor.com

Nama rumah makan ini diambil dari pemiliknya yang bernama Ibu Haji Ciganea. Dari konsep tempatnya saja sudah menarik mata. Hal yang menarik dari rumah makan ini ialah terdapat bangunan gubuk yang beratap dedaunan kering. Apalagi pemandangan dari luar mendukung suasana saat makan. Sebab Anda bisa langsung melihat pepohonan yang menjulang tinggi.

Menu yang disajikan di Rumah Makan Hj. Ciganea yaitu berupa masakan sunda. Uniknya, cara penyajiannya hampir mirip seperti masakan padang. Dimana masakan lauk pauk dijejer dan ditumpuk-tumpuk. Tempat makan ini sangat melokal dalam hal memasakan masakan khas Purwakarta. Oleh karena itu, para wisatawan luar daerah disarankan datang ke sini.

Anda bisa memesan masakan khas Pasundan yang terkenal di kalangan pelanggan seperti pencok leunca dan karedok. Cukup dengan uang sekitar 30 ribu, Anda sudah bisa menikmati rasa sedapnya makanan di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Veteran No.138, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

8. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Image Credit: Rainbowskitchen.wordpress.com

Apakah Anda tahu masakan gepuk itu seperti apa? Gepuk merupakan olahan daging sapi yang dibuat seperti empal. Varian rasa gepuk yang ditawarkan di rumah makan ini ialah antara lain seperti beef ekstra pedas, chicken spicy, beef original, beef salty, dan beef less sugar. Anda bisa memilih rasa yang sekiranya pas di lidah.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Indramayu yang Enak & Wajib Anda Coba

Proses pengolahan gepuk ini dengan cara dipotong tipis lalu digeprek hingga permukaannya menjadi gepeng. Baru kemudian untuk berjaga-jaga agar dagingnya tidak hancur saat dimasak, ditusuk menggunakan lidi sebagai penguatnya. Rumah makan Nyonya Ong ini selalu menggunakan resep andalannya yang telah diwasiatkan turun-temurun.

Rasa daging yang gurih dan empuk ketika digigit menjadi sensasi tersendiri yang membuat ketagihan. Sangat cocok dihidangkan bersama sepiring nasi putih hangat yang diberi tambahan sambal sebagai pelengkap.

Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan No. 155E, Kab. Puwakarta.

9. Simping Kaum

Simping

Image Credit: Farlys.com

Camilan khas Purwakarta yang harus Anda coba adalah simping kaum. Bentuk permukaannya yang bulat serta pipih menghasilkan cita rasa renyah ketika dimakan. Varian rasa dari camilan ini cukup bervariasi mulai dari rasa nangka, kencur, susu, keju, bawang, pandang, nangka, hingga udang. Apalagi tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam karena camilan ini sangat murah.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat simping kaum ialah tepung terigu yang dicampurkan dengan tapioca. Lalu untuk membentuk digunakan sebuah alat khusus yang bisa mencetak simping kaum menjadi banyak jumlahnya. Di atas camilan ini juga ada motif unik seperti garis-garis ataupun bunga. Anda juga bisa membeli simping kaum sebagai buah tangan.

Lokasi: Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

10. Waroeng Sushi

Waroeng Sushi

Image Credit: Jabarexposeraya.com

Tidak hanya menawarkan makanan khas daerahnya, Purwakarta juga mampu mengolah masakan luar dan dicocokkan dengan lidah orang Indonesia. Makanan sushi yang identik dengan Jepang dapat Anda temukan di Waroeng Sushi. Terdapat beragam varian sushi beserta isinya yang pasti membuat air liur menetes. Jangan khawatir, semua bahan yang digunakan halal.

Lokasinya yang strategis menjadikan Waroeng Sushi mudah ditemukan dan diketahui oleh masyarakat luas. Bahkan harganya juga masih bersahabat dengan kantong. Nuansa tempatnya yang nyaman dan cukup luas itu menjadi nilai plus dimata pelanggan. Sedangkan menu minuman yang dihidangkan diberi wadah gelas kaca mini dengan sedotan di atasnya.

Lokasi: Jl. Ipik Gandamanah, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Purwakarta yang sayang sekali jika dilewatkan. Apabila Anda mampir ke Purwakarta, jangan sampai lupa menyicipi makanan khas daerahnya. Tips yang bisa dilakukan saat menjelajah kuliner ialah selalu mencuci tangan dan mengetahui apa saja yang dijual di suatu rumah makan agar Anda bisa dengan mudah menentukan pilihan.