11 Wisata Kuliner di Tegal yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Tegal

Tegal salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa tengah. Kota Tegal terkenal dengan julukannya sebagai Kota Warteg dan Kota Bahari jadi tidak heran bila Tegal dikatakan sebagai tempatnya berburu wisata kuliner dari Jawa Tengah.

Lokasinya yang strategis masuk dalam jalur mudik Pantura menjadikan Tegal sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat dan berburu kuliner. Tegal punya citarasa yang berbeda dari masakan Jawa pada umumnya.

Biasanya masakan Jawa bercita rasa manis sedangkan masakan Tegal punya citarasa gurih dan asin. Minuman khas dari daerah Tegal yaitu teh poci. Yuk cari tahu dimana saja tempat wisata kuliner yang enak di Tegal sebagai teman teh poci ini.

1. Warung Pi’an aneka masakan nikmat

Warung Pi’an aneka masakan nikmat

Lokasi: Jl. Kolonel Sudiarto, Slerok, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bila singgah di Tegal dan butuh tempat makan enak bisa mampir ke Warung Pi’an, lokasinya tidak jauh dari Stasiun Tegal. Warung makan Pi’an ini legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Warung makan sederhana dengan deretan kursi panjang dan meja kayu ini akan membawa pembeli kembali ke masa lalu.

Menu masakan yang ditawarkan ada aneka olahan dan Ada juga aneka cemilan untuk sekedar mengganjal perut seperti mendoan, pisang goreng dan lainnya. Menu andalan Warung Pi’an adalah Nasi Lengko. Nasi lengko adalah sepiring nasi yang diberi tambahan potongan tempe, tahu, taoge dan timun lalu disiram dengan saus kacang pedas.

2. Sauto Tegal di Warung Makan Moro Tresno

Sauto Tegal di Warung Makan Moro Tresno

Lokasi: Pasar Senggol Tegal, Jl. KH. Mansyur, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Wartabahari.com

Berkunjung atau singgah di Tegal tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi citarasa dari Sauto Tegal yang khas. Sauto adalah nama yang disematkan oleh penduduk lokal untuk menyebut kata soto. Tampilan dari Soto Tegal lebih keruh dari biasanya karena ada campuran touge.

Ada tambahan touce menjadikan cita rasa yang lebih kaya dengan perpaduan asin, manis dan gurih. Warung Makan Moro Tresno adalah salah satu tempat makan Soto Tegal yang terkenal enak. Selain Warung Moro Tresno ada juga Warung Soto Sedap Malam.

3. Kupat Glabed Pak Machali

Kupat Glabed Pak Machali

Lokasi: Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal. – Image Credit by Tegal-kota-bahari.blogspot.com

Kupat Glabed punya tampilan yang mirip dengan lontong opor dengan kuah kuningnya. Kata Glabed memiliki arti kental sesuai dengan jenis kuah yang dipakai yaitu kuah santan yang memiliki rasa gurih. Ciri khas yang paling mencolok dari Kupat Glabed adalah kerupuk kuningnya.

Suwiran ayam dipadukan dengan nikmatnya sate blengong jadi pilihan tempat makan malam dari Warung Pak Machali. Kupat Glabed Pak Machali salah satu tempat makan kupat legendaris yang sudah ada sejak lama.

4. Rujak Tamplak makanan khas sederhana dari Tegal

Rujak Tamplak makanan khas sederhana dari Tegal

Lokasi: Jl. Letjen. Suprapto No.77-89, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal. – Image Credit by Jateng.tribunnews.com

Bila Surabaya punya rujak cingur di Tegal juga ada rujak khas yang diberi nama rujak teplak. Rujak teplak terdiri dari aneka sayuran yang sudah direbus seperti daun pepaya, daun lembayung, kangkung, daun ubi, semanggi dan taoge.

Ciri khas dari rujak tamplak ini terletak pada sambal yang dipakai yang disebut dengan nama sambal gaul. Sambal gaul terbuat dari singkong yang dipadukan dengan aneka bumbu bercita rasa pedas. Rasakan nikmatnya kuliner sederhana dari Tegal yang punya perpaduan rasa gurik dan segar layaknya rujak.

5. Sate Mendo Wendy’s

Sate Mendo Wendy’s

Lokasi: Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal. – Image Credit by Ariadenta.wordpress.com

Tegal memiliki ciri khas pada olahan sate yaitu tekstur yang lembut serta tidak mengeluarkan aroma pada dagingnya. Jenis sate yang paling terkenal adalah sate kambing. Salah satu tempat makan sate kambing enak ada dari Sate Mendo Wendy’s.

Rahasia kelezatan dari Sate Tegal terletak pada penggunaan daging yang dipakai, yaitu pemilihan daging kambing muda yang berusia dibawah tiga bulan, masih sangat kecil dan disebut sebagai batibul. Sate Tegal jadi kuliner wajib dicoba.

6. Ikan Bakar Mekar Tegal

Ikan Bakar Mekar Tegal

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.43, RT.05/RW.07, Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal. – Image Credit by Septiyanidj.wordpress.com

Mendapat julukan Kota Bahari di Tegal Anda akan menemukan beragam olahan dari hasil lautnya. Salah satu tempat makan yang menyediakan menu olahan ikan adalah Rumah Makan Mekar Tegal. Tidak hanya ikan pembeli juga bisa menikmati aneka olahan seafood.

Menu andalan Rumah Makan Mekar Tegal ada ikan bakar, udang asam manis, cumi saus asam manis dan lainnya. Tertarik untuk menikmati kelezatan ikan bakar khas Tegal jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Mekar.

7. Bakso Rudal Tegal

Bakso Rudal Tegal

Lokasi: Jl. KS. Tubun Kelurahan No.115, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal. – Image Credit by Duniamariana.wordpress.com

Bakso makanan yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Bakso dari Tegal yang sedang hits sekarang ada Bakso Rudal. Kenapa bisa hits karena di Pondok Bakso Rudal Tegal ini menyediakan Bakso dalam ukuran yang besar sebesar bola tenis.

Isian bakso ada daging cincang halus, sebagai pelengkapnya diberikan tambahan mie, bihun, toge, irisan daun bawang dan bawang goreng. Nama bakso rudal begitu terkenal di Tegal. Bakso Rudal cocok dinikmati di segala kondisi.

8. Tahu Murni Putra

Tahu Murni Putra

Lokasi: Jl. AR. Hakim No.100, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Doyankuliner.com

Tahu murni salah satu jajanan khas dari Tegal. Tahu murni ini menyediakan berbagai olahan tahu seperti tahu aci, tahu pletok, kerupuk tahu, tahu royal, pepes tahu dan olahan tahu lainnya dengan citarasa gurih, lembut dan pedas.

Tahu Murni dari rumah makan Nata Jaya adalah salah satu tempat Anda bisa mendapatkan olahan tahu Murni yang enak. Tahu murni cocok dipakai sebagai oleh-oleh khas dari Tegal.

9. Iga Bakar Valentina

Iga Bakar Valentina

Lokasi: Jl. Waringin No.35,kel, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Pariwisataku.com

Wisata kuliner di Tegal yang paling terkenal dan populer ada iga bakar valentina. Iga bakar merupakan olahan iga sapi yang direbus lama sampai empuk baru kemudian dibakar. Rasa dari iga bakar valentina sudah tidak perlu diragukan lagi dengan tekstur iga yang super empuk.

Untuk masalah harga tenang masakan iga bakar valentina ini masih ramah dikantong. Selain iga bakar di lesehan valentina ada menu lain seperti nasi soto, rawon, ayamn kampung dan aneka menu minuman.

10. Belendung

Belendung

Lokasi: Blendung, Bojongsana, Kec. Suradadi, Kota Tegal. – Image Credit by Putratravel.net

Wisata kuliner di Tegal selanjutnya adalah Belendung. Makanan khas ini umumnya dijual di pasar tradisional. Belendung adalah olahan dari jagung yang sudah direbus lalau diberikan bumbu berupa parutan kelapa dan sedikit garam.

Rasa yang gurih dengan sedikit asin menjadikan Belendung jajanan khas Tegal yang wajib dicoba. Belendung bisa jadi menu sarapan pagi penanti nasi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

11. Es Lontrong

Es Lontrong

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.26, Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Kota Tegal. – Image Credit by Masihbaru.com

Setelah 10 rekomendasi wisata kuliner berasal dari makanan sekarang saatnya minuman khas dari Tegal. Ada Es lontrong yang super murah Cuma 4 ribu saja Anda sudah bisa menikmati segarnya es legendaris di Tegal ini.

Es Lontrong perpaduan dari cincau, kacang hijau, gula merah dan santan. Es Lontrong ini masuk dalam jajaran streat food di Tegal.

Demikian 11 rekomendasi wisata kuliner di Tegal yang wajib dicoba ketika berkunjung atau sekedar mampir kesana. Rasakan cita rasa unik dari Tegal yang akan membuat lidah ketagihan. Sebagai tambahan di Tegal Anda justru akan kesulitan menemukan warteg karena ada banyak pilihan tempat makan lain yang lebih menggoda.