10 Tempat Makan Enak di Jember Favorit Wisatawan

Tempat Makan Jember

Jember merupakan salah satu kawasan di timur pulau Jawa, tepatnya berada di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Sebagian besar perekonomian Jember ditopang oleh sektor pertanian dan perkebunan, terutama tembakau. Sebagai salah satu penghasil tembakau utama di Indonesia, Jember bahkan telah mengekspor hasil kebun ini ke luar negeri sebagai bahan baku cerutu.

Walaupun begitu, Jember juga memiliki berbagai atraksi wisata yang dapat Anda nikmati. Yang paling menonjol adalah wisata alam, karena di Jember banyak terdapat pantai dan air terjun. Karena mempunyai banyak lahan pertanian dan perkebunan, tempat wisata dengan atraksi utama panorama perkebunan juga sangat mempesona.

Selain itu, sisi kota Jember juga tidak kalah menarik untuk diulik. Anda dapat berjalan-jalan di alun-alun kota, di taman botani, dan berkeliling kota Jember sambil menikmati kuliner lezat di sini. Berbagai pilihan menu makanan mulai dari masakan tradisional hingga makanan yang sedang populer dapat Anda cicipi. Berikut 10 rekomendasi tempat makan di Jember yang wajib Anda kunjungi.

1. Gudeg Lumintu

Warung Nasi Gudeg Lumintu

Lokasi: Jl. Kerta Negara Kelurahan No.33, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ternyata tidak hanya di Jogja Anda bisa menikmati menu nasi gudeg. Di Jember terdapat warung nasi gudeg yang yang sangat terkenal gurih dan enak rasanya. Warung gudeg Lumintu menyediakan nasi gudeg dan nasi pecel. Uniknya terdapat pula menu nasi campur yang merupakan perpaduan nasi gudeg dan pecel.

Menu inilah yang menjadi andalan warung makan ini. Pecel yang terdiri dari kecambah dan kacang panjang dengan siraman saus kacang ditambah dengan pelengkap gudeg yaitu ayam, telor pindang, sambel goreng krecek, sayur nangka muda dan sambal. Rasa gudeg yang empuk menjadi kekhasan tersendiri karena dimasak menggunakan tungku kayu bakar.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun Paling Populer

2. Depot Jawa Timur

Depot Jawa Timur

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.8, Kampungtengah, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Salah satu tempat makan legendaris di Jember adalah Depot Jawa Timur yang menyajikan berbagai makanan khas dengan cita rasa Indonesia. Depot ini telah ada sejak 25 tahun yang lalu. Menu andalan depot ini adalah nasi langgi.

Nasi langgi adalah menu nasi yang dimasak bersama santan dan bermacam-macam rempah serta disajikan dengan lauk yang beragam mulai dari daging, kering tempe, sambal goreng, dan lain-lain.

3. Mie pangsit Rama

Mie Pangsit Rama

Lokasi: Jl. Diponegoro No.28, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Pergikuliner.com

Bosan dengan menu nasi, Anda dapat mencicipi pangsit mie yang terkenal sangat lezat di Jember. Tempat makan ini juga sudah cukup lama berjualan mie pangsit sehingga banyak dikenal. Resep yang digunakan konon merupakan resep turun temurun sehingga rasa dan kualitas mie tetap terjaga.

Selain pangsit mie, depot ini juga menyajikan yong tahu dan bakwan yang juga tidak kalah lezat. Yong tahu adalah kudapan berbahan utama tahu dengan isian daging cincang. Menu ini sangat cocok menemani seporsi mie pangsit depot Rama.

4. Roti bakar Tjiliwoeng

Roti bakar Tjiliwoeng

Lokasi: Jl. Ciliwung, Kp. Using, Jemberlor, Kec. Patrang, Kab. Jember. – Image Credit by Tripadvisor.co.za

Salah satu café di Jember yang terletak daerah Ciliwung ini menjadi tempat favorit muda-mudi di Jember. Menawarkan roti bakar yang khas, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan. Berbagai rasa roti bakar ditawarkan di sini. Mulai dari greentea, double berry, double cheese hingga rasa tuna mayo pasti menggunggah selera Anda.

BACA:  17 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain karena menu roti bakarnya yang bervariasi, café ini menciptakan suasana yang nyaman sehingga cocok untuk tempat berkumpul dan mengobrol. Ditambah dengan harganya yang bersahabat, membuat tempat ini menjadi jujukan anak muda dan wisatawan.

5. Martabak dan terang bulan King

Martabak dan terang bulan King

Lokasi: Jl. Karimata, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Tripadvisor.com

Pecinta kuliner manis tentu tidak akan melewatkan terang bulan King yang sangat populer di Jember. Anda dapat mengunjungi tempat makan ini pada sore hingga malam hari. Berbagai toping dan rasa dapat Anda pesan sebagai pilihan terang bulan Anda. Mulai dari rasa klasik seperti coklat, keju dan kacang, hingga rasa yang kekinian.

Terang bulan dibuat sedemikian rupa sehingga Anda dapat mencicipi toping yang berbeda di tiap potong dalam satu porsi terang bulan. Selain terang bulan, tempat ini juga menyediakan menu martabak yang tidak kalah lezat.

6. Kafe Kolong

Café Kolong

Lokasi: Jl. Mastrip, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat yang sedang hits ini memberikan suasana berbeda dalam menikmati kota Jember pada waktu malam. Terletak di terowongan bawah jembatan sungai Bedadung, tempat ini disulap hingga beratmosfer unik dan modern sehingga menjadi tempat kegemaran para pemuda Jember untuk berkumpul sambil menikmati secangkir kopi.

Pada salah satu sudut café berdiri sebuah gazebo, di mana Anda dapat menikmati makanan khas Kafe Kolong. Dan secara berkala dihadirkan tampilan musik akustik dan musikalisasi puisi untuk menemani para pengunjung agar suasana lebih meriah dan hidup.

7. Soto ayam Dahlok

Soto ayam Dahlok

Lokasi: Jl. Fatahillah, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Jika Anda ingin bersantap sarapan dengan menu yang hangat namun menyegarkan, tempat yang paling cocok adalah soto Dohlok yang menyajikan menu utama soto ayam. Berbeda dengan soto Lamongan, kuah soto di depot ini tidak menggunakan taburan koya, melainkan taburan bawang putih goreng yang berlimpah untuk menambah cita rasa gurih.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Terhits Dikujungi

Sebagai salah satu tempat makan legendaris, rasa soto depot ini tidak pernah berubah walaupun sudah ada hampir 50 tahun yang lalu. Kuah soto dimasak secara tradisional dengan menggunakan tungku hingga kini, sehingga cita rasa yang sama tetap dapat dipertahankan.

8. Ayam panggang Sari Jaya

Ayam panggang Sari Jaya

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.124, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Madangwae.com

Terletak di tengah kota Jember dengan lokasi yang strategis, tempat makan ini menjadi salah satu kuliner legendaris dan telah terkenal hingga wisatawan di luar Jember. Menu andalan Sari Jaya adalah ayam panggang yang selalu dicari pengunjung.

Ayam yang digunakan adalah ayam kampung dengan bumbu-bumbu dan kecap. Daging ayam yang lembut dan empuk berpadu sempurna dengan bumbu yang khas. Sebagai tambahan cita rasa, ayam panggang ini disajikan dengan bumbu taoco yang gurih.

9. Resto Legian

Resto Legian

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.234, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by 2Pos.asia

Ingin mencoba masakan seafood di Jember? Anda dapat mengunjungi Resto Legian di daerah Kaliwates. Restauran ini sudah cukup terkenal di Jember dan menyajikan aneka masakan hasil laut seperti kepiting, udang, dan aneka ikan.

Yang paling terkenal dan khas dari restauran ini adalah menu ikan bakar. Dengan bumbu yang pas, ikan bakar Resto Legian akan memanjakan lidah Anda. Selain aneka seafood, resto ini juga menyediakan berbagai masakan China dan makanan khas nusantara.

10. Sate Pak Malud

Sate P.Malud

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.100, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Kelanaku.com

Saat malam hari, Anda dapat berburu kuliner di sekitaran Jember. Salah satunya yang terkenal adalah Sate Pak Malud yang buka mulai pukul 6 malam. Namun Anda harus ekstra sabar saat memesan seporsi sate di sini, sebab karena kepopulerannya, antrian pembeli bisa sangat panjang.

Menu spesial yang ditawarkan adalah sate kambing yang empuk lengkap dengan gule kambing. Atau jika Anda tidak menyukai kambing, pilihan sate ayam bisa menjadi alternatif.

Jika Anda berkunjung ke Jember, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat makan enak di atas agar wisata Anda ke Jember semakin lengkap dan berkesan. Beberapa kuliner tersebut tentu saja hanya bisa Anda dapatkan di kawasan ini, maka akan terasa sayang jika harus melewatkannya.