15 Tempat Makan Enak di Kudus Favorit Wisatawan

Tempat Makan Kudus

Kudus, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah sekitar pantura yang kerap dikunjungi wisatawan, apalagi yang tengah menempuh perjalanan melintasi Pulau Jawa. Meski bukan daerah tujuan wisata, namun Kudus memiliki banyak sekali hal unik, termasuk wisata kulinernya yang beragam.

Mengunjungi Kudus memberikan kesempatan luas bagi mereka yang ingin mencicipi aneka kuliner unik, termasuk makan sate dengan berbahan dasar daging kerbau, makan opor yang dibakar, dan lain sebagainya. Penasaran, kan?

Jika memang penasaran, di bawah ini ada daftar 15 tempat makan dimana kalian wajib kunjungi jika sedang ada di Kudus. Tempat-tempat ini membuat kalian bisa menjelajahi aneka sajian khas Kudus yang tentunya semua sangat nikmat dan menggugah selera.

1. Sate Kebo Pak Kusrin 57

Sate Kebo Pak Kusrin 57

Lokasi: Jl. Johar, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Travel.kompas.com

Salah satu sajian paling khas kota Kudus adalah sate kebo. Kebo atau kerbau memang jenis hewan yang dagingnya jarang digunakan sebagai bahan dasar masakan. Namun, di Kudus, kerbau menjadi bahan dasar sate.

Sate Kebo Pak Kusrin 57 adalah tempat wisata kuliner sate kebo yang paling terkenal. Di sini, kalian bisa merasakan sate kebo yang nikmat, empuk, dan bumbunya sangat legit. Harga seporsinya tidak mahal dan cocok untuk wisata kuliner tentunya.

2. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pecel pakis merupakan sajian pecel yang isinya daun pakis. Rasanya unik dan berbeda dengan jenis pecel lainnya. Di warung Pecel Pakis Colo ini, kamu bisa merasakan sajian pecel unik ini dengan harga yang ramah di kantong.

Pecel Pakis Colo ini disiram dengan bumbu kacang yang lembut dan legit. Rasanya nikmat saat disantap, apalagi jika dipadukan dengan kerupuk renyah. Jika kalian sedang berada di Kudus, tempat ini sangat wajib dikunjungi.

3. Soto Kudus Pak Denuh

Soto Kudus Pak Denuh

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Gotravelly.com

Belum lengkap rasanya jalan-jalan ke Kudus jika belum mencicipi soto Kudus. Soto jenis ini memiliki kuah yang sedikit lebih kental dan disajikan dengan taburan koya yang nikmat. Soto Kudus paling enak seantero kota adalah Soto Kudus Pak Denuh.

Jangan lupa datang ke warung ini jika ingin menikmati rasa khas soto Kudus yang sebenarnya. Di sini, sotonya disajikan panas-panas dan dagingnya empuk sekali. Pokoknya, jika sedang ada di Kudus, wajib banget mampir ke warung yang satu ini.

4. Mie Ayam Joyo

Mie Ayam Joyo

Lokasi: Jl. Kyai H. Wahid Hasim, Krajan, Sunggingan, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Traveloka.com

Kalau kalian penggemar mie ayam, ada lho mie ayam khas Kudus yang harus dicoba. Namanya Mia Ayam Joyo. Warung mie ayam ini sudah sangat terkenal di kota ini. Mie-nya terkenal kenyal dan nikmat. Bumbunya juga khas dan enak.

Belum lengkap rasanya perjalanan wisata kuliner di Kudus jika belum merasakan mie ayam yang satu ini. Mengingat harganya yang tidak begitu mahal, rasa-rasanya warung ini cocok dikunjungi tiap berwisata ke Kudus.

5. Opor Bakar Sunggingan Pak Bambang

Nasi Opor Panggang Sunggingan

Lokasi: Jl. Niti Semito No.9, Ploso, Plosokrajan, Sunggingan, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Myfunfoodiary.com

Selain sate kebo, makanan khas Kudus lainnya yang harus dicoba adalah opor bakar. Jika biasanya opor disajikan berkuah, opor di Kudus ini dimasukkan ke dalam wadah daun pisang dan dibakar.

Rasanya? Enak sekali dan berbeda. Jika ingin mencicipi, datang saja ke Opor Bakar Sunggingan Pak Bambang. Di sini, kalian bisa mencicipi sajian opor bakar yang khas dan harganya juga ramah di kantong.

6. Rumah Makan Sari Lembur Kuning

Rumah Makan Sari Lembur Kuning

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya No.123 C, Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Rm-sari-lembur-kuring.business.site

Rumah Makan Sari Lembur Kuning merupakan resto yang menyajikan aneka sajian kuliner Indonesia. Di tempat ini, kamu bisa memesan aneka olahan ayam, ikan, dan lain sebagainya. Tempatnya juga nyaman dan enak sekali dikunjungi.

Area makannya yang luas membuat kalian bebas mengajak keluarga besar dalam jumlah banyak sekalipun. Mereka bisa diajak makan enak di tempat yang nyaman dan harganya murah. Beberapa menu andalan di sini antara lain adalah ayam bakar dan seafood-nya.

7. Pizzeria Chicken

Pizzeria Chicken

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani No.118-119, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Solopos.com

Banyak anak muda di Kudus yang cocok dengan sajian pizza. Di sini, makanan khas Italia ini bisa dibeli salah satunya di Pizzeria Chicken. Resto ini menyediakan aneka jenis pizza, termasuk pizza khas Italia yang rotinya tipis dan renyah.

Harga makanan di sini cukup murah dan cocok untuk kantong anak muda. Jadi, kalau kalian pengen nongkrong bareng teman sambil makan pizza, Pizzeria Chicken inilah tempat yang cocok kalian pilih.

8. Golden Resto

Golden Resto

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.95, Nganguk, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Untuk yang suka sajian Chinese food, Golden Resto adalah tempat yang cocok dikunjungi. Tempat ini merupakan resto yang nyaman dan menunya sangat beragam. Kalian bisa memesan aneka olahan ayam, seafood, dan mie.

Di sini juga tersedia aneka minuman dan snack. Tempatnya terbilang nyaman dan cukup luas untuk makan bersama dengan keluarga. Jangan lupa kunjungi tempat ini jika ingin makan Chinese food yang rasanya nikmat dan asli.

9. Gank Coffee & Bistro

Gank Coffee & Bistro

Lokasi: Jl. Pattimura No.99, Karangpakis, Jepangpakis, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Idntimes.com

Untuk anak muda kekinian yang mencari tempat nongkrong, tentu saja tempat yang paling populer di Kudus adalah Gank Coffee & Bistro. Tempatnya sangat instagramable dan cocok untuk nongkrong lama.

Di sini, sajian masakannya bertema fushion dengan berbagai jenis masakan, mulai dari burger hingga nasi goreng. Semuanya ada di sini dan rasanya semua nikmat dan enak. Harganya? Semuanya ramah di kantong.

10. Ulam Sari Resto

Ulam Sari Resto

Lokasi: Jl. Museum Kretek No.10, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Ulam Sari Resto merupakan resto masakan Indonesia yang ada di Kudus. Tempatnya luas, jenis masakannya beragam, dan harganya juga cukup terjangkau. Kalau kalian sedang ada di Kudus dan ingin makan enak, tempat ini bisa dijadikan pilihan.

Tempatnya tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah juga ditemukan. Ulam Sari Resto ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk area parkir luas.

11. Gentong Sehat Resto Herbal

Gentong Sehat Resto Herbal

Lokasi: Jl. Getas Pejaten No.50, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by flickr.com @Evisaja

Bagi yang mencari sajian masakan sehat dan berbahan dasar herbal, datang saja ke Gentong Sehat Resto Herbal. Semua olahan makanan yang disajikan di tempat ini semuanya menyehatkan karena dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah.

Tempat makannya juga sangat nyaman. Suasana pedesaan yang tradisional sangat terasa di sini. Cocok juga tempatnya untuk selfie dan berfoto ramai-ramai. Pokoknya, rumah makan unik ini harus dikunjungi jika kalian sedang berada di Kudus.

12. Warung Seni Joglo Sawah Kudus

Warung Seni Joglo Sawah Kudus

Lokasi: Jl. Lkr. Utara Kudus Gg. Ledok, Ledok, Karangmalang, Kec. Gebog, Kab. Kudus. – Image Credit by Jadirakus.blogspot.com

Warung ini merupakan resto dengan aneka menu olahan ayam dan ikan di dalamnya. Jika kalian datang bersama dengan rombongan, tempat ini cocok dikunjungi karena luas. Fasilitas di dalamnya juga cukup lengkap.

Di sini, kalian bisa memesan aneka makanan, minuman, makanan ringan, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir soal harga karena harga makanan di sini terbilang terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol.

13. Garang Asem Podo Roso

Garang Asem Podo Roso

Lokasi: Jl. Patimura, Karangwatu, Loram Kulon, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Wm-garang-asem-podo-roso.business.site

Kalau kalian ingin mencicipi olahan ayam khas Kudus, kalian bisa mencicipi garang asem. Garang asem adalah sajian berupa daging ayam yang sudah diberi bumbu khusus yang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus.

Rasanya sangat legit karena dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang ayam. Datang saja ke warung Garamg Asem Podo Roso untuk mencicipi sajian kuliner yang satu ini. Dijamin pasti ketagihan.

14. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung

Lokasi: Demangan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Lentog adalah salah satu makanan khas Kudus. Sajian ini berupa potongan lontong dan beberapa isian lainnya yang kemudian disiram dengan bumbu khusus. Bumbunya berbahan dasar kacang dan rasanya legit.

Di Kudus, ada banyak tempat untuk mencicipi lentog, salah satunya adalah di Lentog Tanjung. Di sini, kamu bisa memesan masakan ini dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa kunjungi warung ini saat mampir ke Kudus, ya.

15. Babon Resto

Babon Resto

Lokasi: Jl. Lingkar Timur No.60, Tj. Tengah, Tj. Karang, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by @Babonresto

Resto ini menyajikan aneka makanan khas Indonesia dan juga ada beberapa masakan western atau barat. Di tempat ini, makan bisa ditemani dengan menyaksikan pemandangan cukup indah dari taman di resto ini.

Jika kalian berwisata di Kudus dengan membawa keluarga besar, resto ini cocok untuk dikunjungi. Semua makanan di sini akan cocok dinikmati oleh pengunjung lintas generasi. Harganya juga tidak terlalu mahal sehingga cocok dengan budget.

Banyak sekali, bukan, tempat-tempat wisata kuliner di Kudus. Jika kalian memang ingin merasakan enaknya kuliner Kudus, semua tempat tadi wajib dikunjungi. Jangan lupa kunjungi tempat-tempat wisata tadi jika kalian tengah berada atau melintas di kota Kudus, ya.