Madiun memang sangat kental dengan kreasi kulinernya yang lezat. Tidak heran jika tersedia banyak tempat makan enak di Madiun yang sangat direkomendasikan.

Madiun dengan julukannya sebagai kota gadis ini merupakan salah satu daerah yang cukup besar di Jawa Timur. Bagi kamu yang sedang mengunjungi kota ini, jangan lupa mencicipi kenikmatan masakan yang banyak dijumpai di sini, mulai dari restorannya maupun pedagang kaki lima.

Daerah ini memang lekat dengan kuliner khasnya yaitu nasi pecel yang banyak ditemukan di sudut-sudut Kota Madiun. Untuk kalian yang ingin mencicipi kelezatan kulinernya tidak perlu khawatir sulit untuk menemukan karena sudah menjamurnya berbagai tempat makan baik berbentuk restoran mewah hingga warung lesehan.

Selain pecel, ternyata terdapat banyak sekali makanan yang pas untuk kalian para pecinta kuliner untuk memanjakan perut. Tidak hanya makanan tradisionalnya yang terkenal enak, banyak makanan kekinian dijual di kota ini untuk menarik perhatian konsumen milenialnya. Berikut merupakan rekomendasi tempat makan enak yang ada di Madiun.

1. Om Breng Madiun

Om Breng Madiun
Image Credit: Gatotwid.wordpress.com

Jika dilihat dari nama tempat ini, terlihat sangat lucu bukan? Akan tetapi sebenarnya Warung Om Breng merupakan salah satu tempat makan yang nyaman serta romantis. Tebagi menjadi dua tempat untuk menikmati makanannya yaitu Indoor dan outdoor.

Menu di sini juga memiliki banyak pilihan dimulai dari harga Rp 6.000an saja. Buka setiap pukul 10.00 hingga 24.00 sehingga cocok untuk sekedar nongkrong ataupun datang saat lapar melanda di malam hari.

Untuk cara order makanan di sini tidak melalui kasir melainkan langsung dari tempat duduk pelanggannya. Bagi kalian yang kebetulan habis data, di Om Breng Madiun juga tersedia wifi untuk para pelangganya. Tinggal tanyakan password kepada pelayan yang ada jika ingin menggunakan.

Lokasi: Jl. Jawa No.11, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

2. Waroeng Spesial Sambal “SS”

Waroeng Spesial Sambal “SS”
Image Credit: Tripadvisor.com

Bagi kalian pecinta makanan lesehan, pasti tidak asing lagi dengan Waroeng Spesial Sambal ini, tempat makan yang memiliki pusat di Yogyakarta ini telah berhasil membuka banyak cabang di berbagai kota, salah satunya Madiun.

Selain bisa menikmati makanan secara duduk lesehan, tersedia juga meja kursi bila ingin duduk di atas. Seperti namanya, menu yang ditawarkan memiliki fokus utama yaitu berbagai macam pilihan sambalnya.

Tempatnya memang tidak terlalu luas tetapi nyaman jika digunakan untuk sekedar makan bersama keluarga maupun teman. Harga yang ditawarkan rumah makan ini juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 4.000an saja.

Waroeng SS memiliki banyak variasi menu mulai dari masakan ayam, seafood, sayur, dan masih banyak yang lainnya. Rasa menu makanan yang enak tentu saja membuat pelanggan yang datang akan kembali untuk makan di sini.

Lokasi: Jl. H.A. Salim No.180, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

3. Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo

Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo
Image Credit: Tripadvisor.com

Kalian orang Madiun pasti sangat kenal dengan tempat yang legendaris ini. Di warung ini akan disajikan beragam menu kuliner khas Madiun salah satunya gado-gado.

Rasanya yang enak membuat tempat makan ini terkenal di Madiun. Seporsi gado-gado terdiri dari irisan lontong, daun selada, kol, tahu, kentang rebus, dan telur kemudian disiram bumbu kacang spesial yang dibuat oleh pak Tomo tentu saja membuat air liur menetes.

Adanya taburan emping di atasnya menjadi pelengkap santapan yang cocok untuk makan siang. Warung yang dulunya berupa gerobak kini sudah bertransformasi menjadi tempat makan yang cukup besar dan banyak dikenal orang.

Lokasi: Jl. Biliton No.20, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

4. Nasi Pecel 99

Nasi Pecel 99
Image Credit: Makanlagi.com

Apabila datang ke Madiun dan tidak mencicipi kuliner khasnya maka kunjungan kalian akan terasa kurang lengkap. Salah satu depot yang bisa menjadi rekomendasi untuk mencoba nasi pecel di sana adalah Nasi Pecel 99.

Orang-orang yang telah membuktikan kelezatan nasi pecel inipun sudah banyak, mulai dari kalangan pelajar, masyarakat, artis, bahkan hingga pejabat. Warung nasi pecel ini biasa buka pada pukul 07.00 hingga 20.00.

Nasi pecel yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini sekilas apabila dilihat dari luar tidak ada yang spesial. Tetapi apabila sudah masuk kalian akan melihat banyak foto artis dan pejabat yang tengah menyantap makanan khas kota Madiun ini.

Lokasi: Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun.

5. Warung Dhampit Bu Palupi

Warung Dhampit Bu Palupi
Image Credit: Daerahwisata.com

Salah satu tempat makan yang menyediakan menu bervariasi khas Kota Madiun adalah Warung Dampit Bu Palupi. Rasa menu di sini sudah jangan diragukan lagi kelezatanya terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya.

Jika kalian mampir ke sini, menu yang wajib dicoba adalah rawon dan tentu saja nasi pecelnya. Porsinya cocok untuk mengisi perut saat sedang lapar disiang hari. Soal harga tidak perlu khawatir, di Madiun tidak ada warung yang memberi harga tinggi ke pelanggannya.

Lokasi: Jl. Kolonel Suwarno, Pandean, Kec. Madiun, Kota Madiun.

6. Nasi Goreng Blenger Madiun

Nasi Goreng Blenger Madiun
Image Credit: Anekawisataseru.net

Kata blenger berasal dari bahasa jawa yang berarti kekenyangan, jadi makanan yang memiliki embel-embel nama blenger dibelakangnya biasa memberikan porsi besar dimenunya.

Awal buka Nasi Goreng Blenger ini memang sepi pengunjung, mungkin banyak yang belum tau apa itu maksud nama dari tempat makan ini. Setelah mulai banyak yang mencoba masakan di sini, lama kelamaan pengunjung yang datang menjadi rame seiring berjalannya waktu.

Buat kalian yang ingin makan di sini, jangan datang ketika perut terasa kosong karena antriannya cukup lama, hampir memakan waktu 1 jam saking penuhnya pelanggan yang datang.

Untuk harga nasi gorengnya sendiri dibandrol mulai dari Rp 24.000, cukup murah untuk porsinya yang besar membuat perut akan terisi penuh. Untuk kalian yang penasaran rasanya, bisa langsung mampir bila sedang mengunjungi Madiun.

Lokasi: Jl. Mangga No.33, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun.

7. Rumah Makan Akur (Accoord)

Rumah Makan Akur (Accoord)
Image Credit: Laurentiadewi.com

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama restoran satu ini. Rumah makan akur atau biasa disebut accord ini memiliki ruangan yang besar membuat AC di tempat ini tidak begitu terasa

Apabila memasuki jam makan siang, Rumah Makan Akur tentu saja akan penuh dengan pembeli, menunya yang banyak serta beragam menjadikan para pengunjung dapat memilih menu yang sedang mereka inginkan untuk menjadi santapan makan siang.

Selain menu masakan nusantara, tersedia juga chinesee food, sop, juga berbagai olahan seafood. Disamping itu, pilihan minuman yang ada juga banyak variasinya seperti jus, milkshake, kopi, dan lain sebagainya. Harga yang bersahabat membuat kantong bernafas lega setiap selesai menikmati hidangan yang ada.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.51, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun.

8. Bebek Goreng Haji Slamet

Bebek Goreng Haji Slamet
Image Credit: Batamtoday.com

Rumah makan yang menyediakan berbagai macam masakan nusantara khususnya ayam dan bebek goreng ini memberikan cita rasa mantap serta lezat. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini mudah ditemukan.

Soal rasa dari restoran ini tidak perlu diragukan lagi. Banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya telah menjadi bukti banyaknya lidah pelanggan cocok dengan masakan Haji Slamet.

Kebanyakan pengunjung yang datang memuji rasa bumbunya yang tentu saja enak. Tak masalah bagi mereka untuk mengantri tempat duduk asalkan dapat menikmati hidangan yang satu ini. Bebek Goreng Haji Slamet buka pukul 09.30 hingga 21.00.

Bagi kalian yang berniat mencicipi makanan di sini, jangan datang saat jam makan ya, karena pasti bakal ramai sekali, datang pada jam tanggung agar bisa santai menikmati makanannya.

Lokasi: Jl. Kolonel Marhadi, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

9. Nasi Bakar Cak Wot

Nasi Bakar Cak Wot
Image Credit: Informasimadiun.blogspot.com

Jika memakan nasi goreng dan lontong sudah biasa, kali ini coba rasakan nasi bakar dengan sensasi aroma yang berbeda. Jangan berpikir nasi bakar itu dimasak langsung di atas arang ya. Memang dibakar, tetapi dibungkus dulu dengan menggunakan daun pisang.

Selain nasi bakar, Cak Wot juga menyediakan berbagai olahan seafood mulai dari udang bakar, cumi bakar, ikan bakar, dan masih banyak yang lain. Tempatnya yang cukup nyaman membuat kita akan betah duduk berlama-lama di sana.

Menu favorit di sini adalah nasi bakar seafood dan juga sambel goreng udangnya. Selain itu, cumi-cumi bakar di sini juga sangat istimewa rasanya.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

10. Rawon Pincuk Serayu

Rawon Pincuk Serayu
Image Credit: Detik.com

Pernahkah kalian melihat rawon yang dipincuk? Menarik sekali bukan. Mungkin hanya di tempat ini kalian bisa merasakan makan rawon dengan kuahnya menggunakan daun pisang.

Banyak varian menu rawon disini mulai dari rawon daging, iga, tulang, bahkan bagi yang vegetarian pun ada rawon sayur saja. Untuk rawon vegetarian ini, cocok buat kalian yang tidak memakan daging, walaupun isinya potongan labu siam, tapi rasa rawonnya tetap enak.

Selain menu utama, terdapat juga lauk tambahan mulai dari telur asin, aneka sate-satean, perkedel, dan masih banyak yang lainnya.

Lokasi: Banjarejo, Kec. Taman, Kota Madiun.

Itulah daftar tempat makan enak di Madiun yang harus dikunjungi untuk kulineran. Akomodasi di Madiun sendiri yang memiliki fasilitas memadai, memudahkan kalian untuk mampir berwisata kuliner. Semoga bermanfaat!