15 Tempat Makan Enak di Pekanbaru Favorit Wisatawan

Tempat Makan Pekanbaru

Pekanbaru memang terkenal dengan makanan khas yang terkenal lezat. Kunjungi rekomendasi retoran dan tempat makan di Kota Pekanbaru yang dapat memberikan pengalaman kulineran berkesan.

Pekanbaru merupakan salah satu kota terbesar di pulau Sumatra. Selain dikenal sebagai kota dengan tingkat urbanisasi dan pertumbuhan tinggi, ternyata kota yang satu ini memiliki beragam kuliner yang khas. Bahkan berbagai kuliner legendaris sempat menjadi incaran para pelancong.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana atau berada di Pekanbaru, rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas kota tersebut. Untuk itu, ada beberapa rekomendasi tempat makan enak di Pekanbaru yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Nasi Kapau Asli

Nasi Kapau Asli

Image Credit: Tribunnews.com

Rumah makan yang telah berdiri sejak 1950 ini menjadi tempat makan favorit masyarakat Pekanbaru. Meski belum mempunyai cabang, rumah makan ini selalu ramai pengunjung di setiap harinya. Menu yang disajikan berupa makanan khas Padang dan yang menjadi menu andalan yakni rendang, untuk seporsinya sekitar 20.000 Rupiah.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan kerupuk jangek yang disiram dengan kuah sebesar 6000 Rupiah saja. Selain itu, ada juga menu lainnya yang tidak kalah enak.

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

2. Sop Tunjang Pertama

Sop Tunjang Pertama

Image Credit: Ksmtour.com

Rekomendasi tempat makan berikutnya adalah Sop Tunjang Pertama, sebuah makanan yang menyajikan sop dengan daging yang lembut. Tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, makanan ini dimasak menggunakan kayu bakar dan bumbu khusus kurang lebih 4 jam.

Sehingga masakan ini memiliki wangi harum yang khas. Selain menyajikan daging sapi, ada juga pilihan daging lainnya seperti daging ayam dan sumsum tulang. Untuk menikmati seporsi Sop Tunjang Pertama Anda akan dibandrol sebesar Rp 17.000.

Lokasi: Gunung Sumo No.8D, Tampan, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

3. Miso Pak Lek

Miso Pak Lek

Image Credit: Licsaysyummy.com

Kuliner legendaris ini sudah berdiri sejak 1974, rasanya yang khas membuat orang-orang jatuh cinta dengan kuliner ini. Bahkan sebelum rumah makan ini dibuka, sudah banyak konsumen yang rela mengantri untuk menikmati Miso Pak Lek. Sajian mie yang disajikan menggunakan tahu dan suwiran ayam hanya dibandrol dengan harga Rp 16.000 saja.

Selain itu, ada juga menu ceker goreng yang bisa Anda tambahkan ke dalam mangkuk mie miso. Sayangnya restoran ini hanya dibuka pada hari senin sampai Kamis saja. Dari pukul 8 pagi hingga 11 siang.

BACA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Thamrin Ujung No.135, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

4. Kedai Kopi Indah Ria

Kedai Kopi Indah Ria

Image Credit: Popmama.com

Kedai yang satu ini sudah terkenal sebagai kuliner legendaris Pekanbaru. Tempat ini telah berdiri sejak 1970 an, adapun pilihan menu yang menjadi andalan kedai ini yaitu nasi lemak, kwetiau, bubur ikan toman dan mie pangsit.

Selain itu, ada juga hidangan kopi yang sangat cocok untuk dijadikan teman nongkrong. Ada lagi menu andalan yang sering dipesan oleh pengunjung yaitu telur ayam setengah matang. Telur ini diolah menggunakan gelas stainless steel dengan cara penguapan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.108, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

5. Sate Cun

Sate Cun

Image Credit: Kulinerpku.wordpress.com

Tak jauh dari pusat kota Anda akan menemukan sebuah rumah makan yang cukup legendaris yaitu Sate Cun. Sajian berupa sate padang ini dihargai dengan 17000 Rupiah dan sudah termasuk kerupuk cabe yang disiram langsung ke kuah sate.

Ada 2 jenis sate yang dihidangkan yaitu sate daging dan lidah. Makanan ini sangat cocok untuk menemani makan malam Anda. Bagi Anda yang ingin menikmati sate ini Anda dapat mendatangi langsung yang dibuka pukul 6 sore hingga pukul 10 malam.

Lokasi: Lembah Damai, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

6. Rumah Makan Cuik

Rumah Makan Cuik

Image Credit: Brosispku.com

Bagi Anda pecinta kuliner, Anda harus mendatangi rumah makan yang satu ini. Berbagai pilihan hidangan menu mampu membuat lidahmu bergoyang mulai dari Gulai Ikan Baung, Udang Goreng dan Ikan Selais Goreng.

Dan yang menjadi menu favorit disini ialah Gulai Ikan Baung yang dibandrol dengan harga 22.000 Rupiah untuk satu porsi. Untuk proses memasak sendiri masih memakai cara tradisional dengan menggunakan kayu bakar.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Sri Meranti, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru.

7. Kim Teng

Kim Teng

Image Credit: Tripadvisor.com

Berkunjung ke kota ini rasanya belum lengkap jika Anda belum mendatangi kedai Kim Teng yang sangat legendaris. Selain itu, ada satu menu yang wajib Anda coba yaitu roti bakar srikaya.

Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok untuk dijadikan teman ngopi, bahkan kopinya pun dipanggang sendiri. Ada juga menu hidangan lainnya yang bisa Anda nikmati seperti dim sum, bubur ayam, mie ayam, mie yamin dan lain-lain.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Senapelan No 22 A-B-C, Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

8. Soto Bude Cemara

Soto Bude Cemara

Image Credit: Brosispku.com

Berlokasi di jalanan yang cukup kecil, tak membuat soto ini sepi pengunjung. Nyatanya di setiap harinya para konsumen rela mengantri panjang demi menikmati soto yang lezat ini. Di samping itu, restoran ini telah berjalan kurang lebih 70 tahun.

Tak heran jika cita rasa yang dihasilkan soto ini sangat khas. Biasanya soto disajikan bersama suwiran ayam, bawang goreng, bihun dan sayuran. Untuk harga satu porsinya dihargai dengan 20.000 Rupiah.

Lokasi: Gunung Cemara I, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

9. Rumah Makan Inyiak Sanang

Rumah Makan Inyiak Sanang

Image Credit: Brosispku.com

Rekomendasi tempat makan berikutnya adalah RM Inyiak Sanang, salah satu restoran cukup populer di Pekanbaru. Menu yang menjadi andalan disini ialah Dendeng Bakar Batokok, dendeng ini sering dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung.

Bahkan tak hanya pengunjung lokal saja, ada juga pengunjung dari luar negri seperti Yaman, Manila dan Eropa. Untuk satu porsi dendeng dihargai 35000 dengan porsi yang besar. Sehingga cukup untuk 2 hingga 4 orang.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Limbungan Baru, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

10. Kedai Kopi Megaria

Kedai Kopi Megaria

Image Credit: Bayuwinata.wordpress.com

Salah satu kedai yang paling direkomendasikan oleh masyarakat Pekanbaru. Bagaimana tidak, ternyata tempat makan yang satu ini telah berdiri sejak taun 1970. Menu andalan yang selalu menjadi favorit konsumen yaitu Mie Pangsit.

Bukan sekedar Mie Pangsit biasa saja, karena bumbu rempahnya diracik dengan resep legendaris. Hanya dengan 22.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati semangkuk Mie Pangsit lengkap dengan dua pangsit rebus dan cakue goreng.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.65, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

11. Rumah Makan Pak Abbas

Rumah Makan Pak Abbas

Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas melayu, Rumah makan Pak Abbas adalah pilihan yang tepat. Kuliner yang telah berdiri sejak lama ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi kini sudah tersedia 5 cabang, sehingga restoran ini mudah dijumpai.

Selain itu, ada juga beragam menu pilihan seperti ayam kampung goreng, daging cincang dan gulai asam pedas baung. Dan yang menjadi favorit disini yaitu gulai asam pedas baung dengan potongan ikan yang tidak begitu besar.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman Bundaran, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

12. Warung Pecel Mbah Rodo

Warung Pecel Mbah Rodo

Image Credit: Brosispku.com

Bosan dengan kuliner yang itu-itu saja, Anda wajib mencoba kuliner yang satu ini. Warung Pecel Mbah Rondo sudah berdiri cukup lama dan telah dijalankan oleh dua generasi. Meski telah berdiri dari dulu, cita rasa yang disajikan pun tetap sama dan bikin nagih.

Untuk satu porsi lontong pecel biasanya disajikan bersama lontong, mie putih, tempe dan tahu. Setelah itu, lontong pecel akan disiram menggunakan kuah kacang yang manis. Untuk harga seporsinya sendiri dihargai dengan Rp 12.000.

Lokasi: Jl. Letkol Hasan Basri No.5A, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

13. Rumah Soto Simpang Tiga

Rumah Soto Simpang Tiga

Image Credit: Brosispku.com

Rumah Soto Simpang Tiga merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan soto dengan kaldu sapi yang khas. Untuk semangkuk soto ini biasanya terdiri dari bihun, toge, daging, daun sop dan bawang goreng.

Selain itu, untuk menikmati soto yang gurih ini Anda hanya dibandrol 18000 Rupiah saja. Nah, bagi Anda yang ingin berburu kuliner rumah soto ini Anda dapat mengunjunginya mulai pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore.

Lokasi: Jl. Kh. Nasution Pekan Baru, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

14. Restaurant Bumbu Desa Riau

Restoran Bumbu Desa Riau

Image Credit: Piknikglobal.com

Merupakan salah satu tempat makan yang cukup terkenal di Pekanbaru. Selain harga yang ditawarkan ramah di kantong, menu yang disajikan pun tak kalah enak. Biasanya menu yang disajikan berupa prasmanan.

Sehingga Anda dapat memilih pilihan menu yang telah disediakan rumah makan tersebut. Menu yang disajikan berupa masakan sunda. Selain itu, untuk menu andalan yang menjadi favorit pelanggan adalah ikan asin sambal hijau yang patut anda coba.

Lokasi: Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, KotaPekanbaru.

15. Kayu Manis Resto

Kayu Manis Resto

Image Credit: Garnesia.com

Rekomendasi tempat makan yang terakhir ada Kayu Manis Resto. Salah satu restoran yang menyajikan olahan daging rusa mulai dari steak, kwetiau, barbeque dan olahan daging rusa lainnya.

Menariknya lagi, Anda akan disuguhkan pemandangan desain interior yang menarik. Di ruangan outdoor sendiri disediakan tempat duduk berupa gazebo yang sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai.

Lokasi: Jl. Dwikora No.14, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

Demikian beberapa rekomendasi tempat makan terbaik di Pekanbaru yang bisa Anda jadikan referensi. Selain unik dan enak, cita rasa yang disajikan pun akan selalu membuatmu ingat dengan kota ini dan memberikan pengalaman kulineran yang berkesan.