10 Tempat Makan Enak di Sukabumi Favorit Wisatawan

Tempat Makan Sukabumi

Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang terkenal karena memiliki keindahan alam yang asri. Kepopuleran wisata alam disana, juga dibarengi dengan perkembangan wisata kulinernya yang beragam. Ini membuat banyak wisatawan yang berniat untuk berlibur ke Sukabumi.

Dalam segi lokasi, Sukabumi lebih mudah diakses sehingga membuatnya ramai dikunjungi, terutama di musim liburan. Kuliner yang disajikan juga beraneka ragam, mulai dari yang tradisional, hingga kuliner kekinian yang sekarang menjadi incaran anak-anak milenial.

Terdapat beberapa tempat di Sukabumi yang menyajikan wisata kuliner sedap, yang sayang apabila Anda lewatkan. Tempat ini menawarkan menu khas masing-masing yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Berikut merupakan daftar 10 tempat makan terenak di Sukabumi.

1. Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi

Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi

Lokasi: Jl. Siliwangi No.93 1, RW.02, Cikole, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi. – Image Credit by Reresepan.com

Warung makan Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi telah berdiri dan berkembang sejak awal tahun 80-an. Sejak berdiri hingga sekarang, ayam Bu Nut menjadi kian populer dan sekarang menjadi bubur ayam yang melegenda di Kota Sukabumi.

Harga satu porsinya sekitar 10.000 hingga 50.000 rupiah. Dalam satu mangkoknya, bubur ayam Bu Nut berisi bubur ayam dengan tambahan toping telur, jeroan ayam serta emping. Selain menyediakan bubur, tempat makan ini juga menyediakan menu makanan yang lain, seperti nasi timbel khas Sunda, ayam penyet dan sop buntut.

2. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion

Lokasi: Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Sangnanang.com

Bagi Anda yang menyukai kuliner mochi, tidak perlu khawatir, di Sukabumi terdapat tempat wisata kuliner yang menyediakan mochi sebagai produk makanan unggulan. Mochi di Kaswari Lampion sudah terkenal di Sukabumi sebagai salah satu sentra mochi paling unggul dan enak disana.

BACA:  10 Tempat Wisata di Dago Bandung Terbaru & Paling Hits

Outlet Mochi Kaswari Lampion buka setiap hari mulai dari pukul 12 siang hingga 10 malam. Disana, selain mochi original, Anda juga bisa menemukan bermacam varian mochi yang memiliki rasa unik, seperti mochi yang menggunakan isian bluberry, durian, keju serta kacang hijau.

3. Kapinis Resto

Kapinis Resto

Lokasi: Jl. Siliwangi No.92/131, Cikole, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Terkenal sebagai meeting point bagi pecinta olahraga arung jeram, Kapinis Resto ternyata merupakan restoran yang menyediakan beragam makanan khas Sunda yang lezat tiada dua. Selain arung jeram, pengunjung bisa bermain pintball sembari menunggu makanan di masak dan di hidangkan.

Dengan konsep restoran yang terbuka, suasana di Kapinis Resto begitu asri dan nyaman. Makanan yang ditawarkan berupa makanan khas Sunda yang sering ditemui di Sukabumi. Harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman membuat restoran ini ramai dikunjungi wisatawan di musim liburan.

4. Mr. Topi Kitchen

Mr. Topi Kitchen

Lokasi: Jl. Sriwidari no. 92, Sriwidari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Keluyuran.com

Restoran di Sukabumi yang satu ini terkenal karena menyajikan wisata kuliner steak yang sedap. Bagi Anda yang menyukai menu masakan daging, bisa mengunjungi salah satu restoran favorit di Sukabumi ini. Saking terkenalnya, pengunjung yang datang tak hanya berasal dari wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara.

Buka dari pukul 12 siang hingga 10 malam, Mr. Topi Kitchen dimiliki oleh seorang koki terkenal yang menjaga cita rasa masakannya. Satu porsi makanan disini, dibanderol harga sekitar 30.000 hingga 100.000 rupiah per orangnya.

5. Mamih Ungu Cafe and Resto

Mamih Ungu Cafe and Resto

Lokasi: Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. – Image Credit by Theweddingsukabumi.com

Terkenal sebagai tempat makan kekinian, Mamih Ungu Cake and Resto menawarkan beragam menu unik yang layak dicoba bagi mereka yang menyukai makanan dengan nuansa yang tidak biasa. Menu yang paling terkenal adalah nasi ungu dan nasi hijau yang enak dan komplit.

BACA:  10 Mall Favorit di Bekasi yang Wajib Anda Kunjungi

Walau berwarna tidak lazim, pewarna nasi yang digunakan merupakan pewarna yang di dapat dari bahan alami. Selain itu, varian menu lain yang ditawarkan adalah beragam jenis kopi, makanan lokal khas Sunda dan beberapa menu  masakan Barat yang layak Anda cobai semuanya.

6. Oma Suki Café

Oma Suki Café

Lokasi: Jl. Raya Siliwangi-Sukabumi Ruko No 8, Cibadak, Kec. Cibadak, Kota Sukabumi. – Image Credit by Facebook.com @Oma Suki & Cafe

Anda yang datang ke Sukabumi dan berniat mencari menu masakan khas Jepang, Oma Suki Cafe merupakan tempat makan di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi. Disini, Anda akan menemukan beragam makanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Konsep yang ditawarkan restoran pun terbilang unik, dimana pengunjung memasak sendiri makanananya.

Menu yang direkomendasikan di restoran ini adalah sukiyaki, makanan rebus khas Jepang yang berisi beragam bahan makanan yang direbus dalam satu tempat dengan kuah yang lezat. Oma Suki Cafe buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

7. Restoran Sunda Rasa

Restoran Sunda Rasa

Lokasi: Jl. Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. –  Image Credit by Facebook.com @Sunda Rasa

Sesuai namanya, restoran ini menyediakan beragam makanan khas Sunda, seperi nasi timbel, sup buntut, serta pepes ayam dan beragam tumisan. Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 9 malam, tempat makan ini mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Sukabumi.

Konsep di restoran ini mirip seperti restoran pada umumnya, namun memiliki ruangan yang lebih luas agar dapat menampung banyak pengunjung. Cita rasa khas Sunda yang ditawarkan pun kental dengan rasa lokal, sehingga restoran ini sering direkomendasikan oleh wisatawan bagi mereka yang ingin merasakan menu masakan khas Sunda.

BACA:  Candi Jiwa Karawang, Wisata Candi Tertua dari Kerajaan Tarumanegara

8. Mie Ayam Bento

Mie Ayam Bento

Lokasi: Jl. Mayawati, kapitol, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Openrice.com

Walaupun hanya mie ayam, namun jangan salah, mie ayam ini sangat populer di Sukabumi. Sebagai menu makanan yang sering ditemui dimanapun, tidak membuat mie ayam disini kehilangan pesona. Rasanya khas dengan kuah yang segar dan tambahan toping berupa sayuran, bakso hingga bawang goreng.

Harganya juga cukup terjangkau bagi pengunjung. Dengan uang sekitar 10.000 hingga 25.000 rupiah, Anda sudah dapat menikmati satu porsi mie ayam di Bento yang terkenal ini. Anda dapat mengunjungi restorannya setiap hari di pukul 11 siang hingga 10 malam.

9. Praline

Praline

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Archify.com

Apabila Anda ingin berwisata kuliner di tempat yang bernuansa modern, Anda bisa memilih Praline. Terkenal sebagai tempat hang-out dan nongkrong anak muda, Praline menyediakan beragam kuliner yang lezat dengan menu makanan Barat serta berbagai varian kopi. Harga makanan yang ditawarkan juga terjangkau, sekitar 25.000 hingga 100.000 rupiah saja.

Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, Praline memiliki interior outdoor dan indoor yang menarik dengan konsep ruang yang minimalis, namun dengan sentuhan klasik. Inilah yang membuat Praline cukup populer di kalangan anak muda karena tempatnya yang nyaman dan cocok sebagai konten foto media sosial mereka.

10. Bakso Super H. Achamd Sudja’i

Mie bakso super H. Achmad Sudja’i

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Food.detik.com

Anda yang tidak ingin repot menyusuri berbagai jalan untuk menemukan lokasi makan yang enak, bisa memilih makan di rumah makan ini. Terletak di pusat kota, membuat bakso ini menjadi destinasi wisata kuliner favorit di Sukabumi.

Harganya cukup terjangkau, sekitar 16.000 rupiah untuk satu porsinya.  Bakso ini sudah terkenal di seantero Sukabumi, sehingga akan sayang apabila Anda berkunjung kesana namun tidak mampir di tempat ini. Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, Anda bisa mencicipi bakso dengan rasa yang lezat di Bakso Super H. Achmad Sudjai.

Itulah daftar 10 tempat makan di Sukabumi yang enak dan paling sering di rekomendasikan dan selalu mendapat respon yang baik dari wisatawan, baik lokal maupun luar negeri. Jika Anda berkunjung ke Sukabumi, sempatkanlah untuk mampir dan mencicipi beragam wisata kuliner disana.