12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak

Tempat Makan Ubud Bali

Ubud merupakan salah satu tempat di Bali yang terkenal dengan beragam destinasi wisata menarik serta pusat seni dan kebudayaan Bali. Namun tidak hanya itu, Ubud juga mempunyai pesona berupa kuliner lezat yang memanjakan lidah.

Sebagai daerah yang tidak pernah sepi dari wisatawan, Ubud menyediakan banyak tempat berburu makanan enak di berbagai sudut wilayah. Tersedia beragam sajian mulai dari kuliner khas, kuliner modern, hingga kuliner ala anak muda kekinian.

Menjelajah Ubud tidak akan lengkap tanpa menikmati hidangan kulinernya. Berikut rekomendasi 12 tempat makan di Ubud Bali yang paling enak dan menjadi favorit banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Ayam Betutu Pak Sanur

Ayam Betutu Pak Sanur

Lokasi: Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Jika Anda ingin mencoba kelezatan ayam betutu yang otentik dengan cita rasa yang dijamin membuat ketagihan, bisa mengunjungi tempat makan Ayam Betutu Pak Sanur yang legendaris dan telah ada sejak 1987. Cara memasak yang unik menjadi daya tarik utama ayam betutu di tempat ini selain karena rasanya yang memang nikmat.

Satu porsi ayam betutu siap membuat lidah Anda dimanjakan dengan lembutnya tekstur daging dipadu bumbu-bumbu pilihan yang diolah secara khas. Banyak orang beramai-ramai mengunjungi tempat ini untuk merasakan olahan ayam yang dimasak dengan menggunakan bara sekam dan aluminium foll.

2. Warung Bu Rus

Warung Bu Rus

Lokasi: Jl. Suweta No.9, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Cheekychop.com

Warung Bu Rus menyediakan beraneka masakan khas pedesaan Bali yang terkenal akan cita rasa lezatnya. Tempatnya tenang dengan suasana rumah dan kebun yang sangat cocok sebagai tempat bersantai.

Ada beragam menu masakan Indonesia dan Asia yang sesuai dengan selera pengunjung. Anda bisa memesan menu mulai dari sate ayam, ayam BBQ, seafood, bebek crispy, nasi goreng seafood, nasi goreng ayam spesial, dan sebagainya. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa mencoba macam-macam minuman menyegarkan yang disediakan.

3. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Lokasi: Jl. Kayu Jati No. 12, Patitenget, Seminyak, Kuta, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung. – Image Credit by Kintamani.id

Tempat Makan Bu Mangku merupakan salah satu kedai legendaris yang sudah berdiri sejak 1964. Uniknya, di tempat ini Anda hanya akan mendapati satu menu yang disediakan yaitu nasi ayam kedewatan. Meskipun demikian, cita rasa khas masakannya dijamin membuat siapapun ingin kembali lagi merasakannya.

BACA:  13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak

Dalam satu porsi nasi ayam kedewatan Bu Mangku berupa nasi, sambal, urap sayur, dan ayam bumbu khas yang bisa ditambahkan beragam lauk sesuai selera. Tersedia menu tambahan untuk semakin menambah lezat kuliner seperti pepes ayam urap, ayam betutu, ayam suwir, oseng ati ampela, sate lilit ayam, dan lain-lain.

4. Seniman Coffee Studio

Seniman Coffee Studio

Lokasi: Jl. Sri Wedari No.5, Banjar Taman Kelod, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Arifsetiawan.com

Ubud juga mempunyai tempat makan enak yang sangat artistik dan unik, salah satunya Seniman Coffee Studio. Tempat ini didesain dengan konsep kombinasi antara galeri seni dengan coffee shop. Interiornya penuh dengan hiasan kreatif yang indah sehingga memberikan kenyamanan total bagi pengunjung.

Tempat ini menyediakan beraneka varian kopi, serta Anda juga bisa mencoba roasting kopi sendiri. Jenis kopi pilihan yang banyak digemarin yaitu kopi Sumatera, kopi Kenya, dan kopi Kintamani. Ada juga beragam menu lain seperti ice fruity, tea likee flavour, dan kudapan ringan serta jajanan tradisional sebagai teman bersantai di sini.

5. Warung Rama

Warung Rama

Lokasi: Jl. Nyuh Gading No.1-11, MAS, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Openrice.com

Warung Rama yang telah beroperasi selama 15 tahun ini memiliki tempat yang didesain minimalis dengan sentuhan modern yang elegan. Menu andalan yang menjadi favorit di tempat ini adalah nasi campur Bali yang konon disebut-sebut salah satu terbaik di Ubud.

Selain nasi campur khas, Anda juga bisa memesan berbagai menu lainnya mulai dari nasi goreng, cap jay, sop, dan sebagainya. Tersedia juga kuliner vegan sesuai bagi vegatarian maupun para pejuang diet yang ingin menjajal masakan lezat tapi rendah lemak. Menu yang ada dijamin dengan harga terjangkau.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

6. Folk Pool & Gardens

Folk Pool & Gardens

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Thehoneycombers.com

Anda menginginkan hidangan lezat dengan suasana alami yang instagramable? Folk Pool & Garden tempatnya. Tidak hanya wisata kuliner, tempat ini juga menawarkan konsep unik yang berbentuk laguna dengan gazebo dan menyerupai Arabian night yang estetik. Bahkan Anda juga diizinkan berenang tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Anda bisa menikmati sajian kuliner sembari bersantai di gazebo yang disediakan. Soal makanan, lidah Anda akan terpuaskan dengan sajian kuliner beraneka ragam, seperti blue dragon, chicken prawn, varian mojito, dan ada pula pizza. Pengunjung juga bisa memesan minuman air kelapa muda yang menyegarkan, atau banyak pilihan minuman lainnya.

7. Bebek Betutu Pak Rimpin

Bebek Betutu Pak Rimpin

Lokasi: Jl. Arjuna No.10, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Bebek Betuut Pak Rimpin menawarkan kuliner khas tradisional yang otentik. Makanannya diolah dengan cara memasak yang masih tradisional. Menu betutu dimasak dengan menggunakan daun pinang yang dipadu jerami kering serta kulit ari beras pada bagian atasnya.

Teknik tradisional ini menghadirkan cita rasa lezat tak tertandingi. Selain bebek betutu terdapat juga ayam betutu yang tidak kalah enak. Baluran bumbunya yang diracik secara pas akan meninggalkan rasa lezat yang membekas di lidah.

Betutu di tempat ini juga sering dipesan untuk acara keagamaan di Ubud, sehingga jangan sampai ketinggalan Anda mencobanya.

8. Kopi Desa Ubud

Kopi Desa Ubud

Lokasi: Jl. Banjar Penestanan Kaja, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ingin ngopi sambil menikmati suasana pedesaan yang asri penuh kearifan lokal? Kopi Desa Ubud jawabannya. Anda akan betah berlama-lama di tempat yang memiliki desain interior unik dan artistik ini.

Berbicara soal menu, tempat makan bergaya fancy ini menyajikan berbagai jenis kopi baik lokal maupun olahan mancanegara, seperti espresso, americano, latte, dan lain-lain. Anda juga bisa memesan makanan ringan atau camilan sederhana sebagai kawan nongkrong yang semuanya dibandrol dengan harga ramah di kantong.

BACA:  39 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

9. Warung Sate Kakul

Warung Sate Kakul

Lokasi: Jl. Raya Kengetan, Singakerta, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Thekencana.co

Warung Sate Kakul menyajikan olahan siput persawahan atau kakul. Tempat makan ini berhasil menyulap binatang yang dianggap menjijikkan ini menjadi kuliner bercita rasa unggul dengan kelezatan tak terlupakan. Rasanya yang gurih dengan perpaduan bumbu sate pedas manis akan setia menempel di lidah.

Satu porsi sate kakul disajikan bersama nasi putih yang masih hangat. Anda bisa memilih tambahan sop batang pisang yang khas atau tidak, tergantung selera. Anda juga boleh menyesuaikan rasa sate dengan olesan saus tiram, kecap manis, kemiri dan lain-lain untuk semakin menambah kelezatannya.

10. Kedaton

Kedaton

Lokasi: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kedaton-rumah-makan.business.site

Tempat makan Kedaton memiliki suasana yang nyaman dengan model minimalis dan elegan, sangat sesuai untuk menikmati kuliner enak bersama keluarga atau kawan. Harga hidangannya pun ramah di kantong dan lokasinya strategis mudah dijangkau.

Tempat makan ini menyediakan beberapa menu unggulan mulai dari sayur urap, dendeng balado, sapi lombok hijau, paru goreng, kuah undis, dan sebagainya. Bagi Anda yang kurang menggemari olahan daging sapi, terdapat pula aneka masakan ayam, nasi campur dan penyet udang yang tidak kalah lezat.

11. Pomegranate Café Ubud

Pomegranate Café Ubud

Lokasi: Jl. Subak Sok Wayah, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar – Image Credit by Thingsnomadsdo.com

Pomegranate Café Ubud memberikan Anda pengalaman nongkrong dan menghabiskan waktu di tengah suasana persawahan yang asri. Anda bisa menikmati sajian kuliner lezat sambil menyejukkan mata dengan panorama alam nan elok. Bagi Anda pecinta kopi, wajib menjelajah varian kopi di tempat ini yang diseduh dari biji kopi pilihan terbaik.

Beberapa menu makanan yang disajikan Pomegranate Café Ubud adalah chicken curry dip, curry with sticky black rice, chicken pizza, pork cutlets, chicken soup, dan lain-lain. Selain itu ada pula menu Japanese food yang tidak kalah lezat. Bagi Anda pecinta dessert, tersedia berbagai pilihan dessert yang memanjakan lidah.

12. Ke-Pi-Tu Restaurant

Ke-Pi-Tu Restaurant

Lokasi: Banjar Kepitu, Kendran, Tegalalang The Kayon Resort, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Thekayonresort.com

Ke-Pi-Tu Restaurant terkenal dengan nuansa tropisnya karena di tempat ini Anda bisa menyaksikan hutan lebat yang mengelilingi restoran. Belum lagi gemericik air terjun yang tidak jauh dari sana semakin menambah damai suasana di restoran ini.

Ada banyak pilihan kuliner lezat yang disajikan Ke-Pi-Tu Restaurant, mulai dari hidangan khas Asia hingga Western. Anda juga wajib mencoba menu light lunch yang tidak kalah lezat, terdiri atas aneka salad segar, sandwich, serta hidangan penutup. Menu ini less sugar dan rendah kalori sehingga cocok bagi Anda yang sedang dalam proses diet.

Itulah rekomendasi 12 tempat makan enak yang terdapat di Ubud, Bali. Dengan beragam hidangan lezat yang disajikan, Anda akan mendapatkan pengalaman jelajah kuliner yang tak terlupakan dan tak bisa didapatkan di tempat lain.