13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Karawang

Karawang yang terletak di propinsi Jawa Barat merupakan sebuah kawasan di tepi pantai utara. Hal itulah yang menyebabkan Karawang memiliki dataran pantai yang cukup luas. Pemerintah memanfaatkan kelebihan ini sebagai pengembangan wisata dengan menonjolkan pantai sebagai atraksi wisata utama di Karawang.

Selain itu, perekonomian Karawang juga didukung oleh sektor pertanian dan industri. Dengan sebutan lumbung padi, Karawang menjadi salah satu daerah pemasok beras utama di Indonesia. Berbagai industri juga menempatkan pabriknya di kawasan ini. Termasuk peruri yang merupakan perusahaan umum penetak uang.

Kuliner Karawang juga tidak kalah menarik. Berbagai makanan dengan dominasi cita rasa Sunda dapat Anda temukan di kawasan ini. Beberapa di antaranya adalah olahan hasil laut karena Karawang memiliki daerah tepi pantai yang cukup luas, sehingga hasil laut sangat melimpah. Mulai dari makanan berat hingga kudapan dan cemilan tentu tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berkunjung ke Karawang.

1. Pepes Walahar

Pepes Walahar

Jl. Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Kec. Ciampel, Kab. Karawang. – Image Credit by Jayakartanews.com

Pepes Walahar Pak Dirja berbahan utama ikan jambal. Terletak di sekitaran Bendungan Walahar, rumah makan ini menawarkan aneka menu pepes, seperti pepes jamur, pepes oncom, pepes peda dan pepes teri, namun yang menjadi primadona adalah pepes jambal.

Selain pepes, rumah makan ini juga menyediakan aneka masakan sebagai pendamping, seperti lalapan, sayur asem khas Sunda, atau otak-otak. Suasana tempat makan yang alami dan asri menjadikan Anda semakin nyaman dan betah menyantap hidangan yang disediakan.

2. Soto tangkar

Soto tangkar

Lokasi: Jl. Dewi Sartika No.25, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Ramahtraveler.com

Soto tangkar hampir mirip dengan soto betawi. Yang membedakan adalah tampilan kuah soto tangkar yang berwarna kuning. Tangkar atau iga sapi dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas sehingga selain rasanya yang empuk, kuahnya juga terasa gurih.

Rumah makan Mang Naen termasuk yang cukup lama menjual soto tangkar, yakni sejak tahun 80an. Resep turun temurun yang digunakan tidak berubah hingga kini sehingga cita rasa asli soto tangkar tetap terjaga.

3. Soto Gempol

Soto Gempol

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.100, RT.3/RW.10, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Batiqa.com

Kuliner soto lainnya yang menjadi kuliner khas Karawang adalah soto gempol. Tampilannya sepintas mirip soto tangkar dengan kuah yang kekuningan, namun dengan isian yang berbeda. Termasuk kuliner legenda, soto gempol juga telah berjualan sejak tahun 80an yang dirintis oleh H. Abdul Syukur.

Terdapat empat pilihan soto gempol yang bisa Anda pilih. Mulai dari soto daging, soto ayam, soto usus, dan soto babat. Namun, jika Anda ingin mencoba semua isian dalam satu mangkok, Anda dapat memesan soto campur.

4. Ikan gabus bumbu pucung

Ikan gabus bumbu pucung

Lokasi: Jl. Pangkal Perjuangan No.48, RT.7/RW.25, Tanjungpura, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Bhinnekashuttle.com

Ini salah satu kuliner andalan khas Karawang. Ikan gabus dimasak dengan bumbu pucung atau keluwak sehingga menghasilkan makanan dengan tampilan berwarna hitam pekat. Anda dapat menemukan makanan ini di daerah Rawamerta.

Ikan gabus yang empuk dan gurih perpadu sempurna dengan kuah bumbu pucung yang khas sehingga makanan ini begitu lezat untuk disantap. Lebih sempurna dengan seporsi nasi hangat.

5. Es walikota

Es walikota

Lokasi: Jl. Ir. Haji Juanda No.47, Cikampek Timur, Kec. Cikampek, Kab. Karawang. – Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Ingin merasakan kesegaran setelah berkeliling Karawang? Pastikan Anda mengunjungi Es Walikota. Nama ini sebenarnya merupakan singkatan dari es warung lingkungan kota karena berlokasi di tengah kota Karawang.

Dalam satu mangkok es Anda dapat memilih sendiri isian es yang sesuai dengan keinginan Anda. Tersedia nanas, melon, semangka, pepaya, strowberi, kolang kaling, sagu mutiara, nata de coco dan beragam jeli. Setelah itu, isian tersebut akan disiram dengan berbagai pilihan rasa sirup, tambahan es serut, gula pandan dan susu kental manis.

6. Surabi hijau

Serabi Hijau

Lokasi: Jl. Kalijaya, R.Dengklok Utara, Kec. R.Dengklok, Kab. Karawang. – Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Surabi tentu sudah terkenal menjadi makanan khas Jawa Barat. Di Karawang surabi yang terkenal adalah surabi hijau. Makanan ini memiliki tampilan khas berwarna hijau alami yang dihasilkan dari sari daun suji. Surabi hijau disajikan dengan kuah santan atau gula sebagai penambah cita rasa manis.

Tidak sulit menemukan tempat yang menjajakan surabi hijau khas Karawang. Di seputaran Rengasdengklok Anda akan menemui beberapa tempat makan yang menawarkan surabi hijau sebagai menu utama.

7. Dodong hideung ketan

Dodong hideung ketan

Lokasi: Warungbambu, Kec. Karawang Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Keluyuran.com

Kuliner dengan rasa dominan manis ini terbuat dari beras ketan hitam. Ketan diolah sedemikan rupa hingga memiliki rasa legit. Semakin lezat jika disantap dengan es krim.

Selain sebagai kudapan, dodong hideung ketan juga dapat Anda jadikan oleh-oleh khas Karawang. Makanan ini bahkan oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan budaya dunia.

8. Tahu bumbu

Tahu Bumbu Sari Rasa

Lokasi: Gg. Santiong Utara, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Youtube.com (Mansion mia1)

Tahu bumbu juga menjadi salah satu makanan khas Karawang. Kuliner ini biasanya dijajakan di warung-warung tenda atau gerobak pinggir jalan. Salah satu yang melegenda adalah tahu bumbu Sari Rasa yang sudah buka sejak tahun 80-an.

Makanan ini berbahan utama tahu yang digoreng dengan tambahan bumbu kacang dan disajikan dengan nasi atau lontong dengan taburan bawang goreng, sehingga rasa gurih nya semakin terasa. Yang istimewa dari tahu bumbu Sari Rasa adalah Anda akan mendapatkan sajian tahu bumbu yang selalu hangat, karena tahu digoreng terus menerus dengan api kecil.

9. Lesehan Mang Ajo

Lesehan Mang Ajo

Lokasi: Jl. Tol Karawang Barat, Margakaya, Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Wisatatempatku.com

Lesehan Mang Ajo menawarkan konsep tempat makan yang ukup unik. Jika Anda gemar memancing, tempat ini sangat cocok. Memadukan pemancingan dan rumah makan, restauran lesehan ini tidak hanya menyediakan olahan makanan berbahan ikan yang lezat namun juga suasana alam dengan banyaknya saung-saung di sekitar pemancingan.

Anda dapat membawa pulang ikan segar yang telah Anda dapatkan, atau memakannya langsung di tempat setelah dimasak oleh pegawai restauran. Berlokasi di Teluk Jambe Barat, tempat ini cukup mudah untuk ditemukan. Selain ikan, menu lain sebagai tambahan juga disajikan di sini, seperti aneka lalapan, tumis sayur dan sebagainya.

10. Opak ketan Rawagede

Opak Ketan

Lokasi: Jl. Monumen Rawagede, Mekarjaya, Kec. Rawamerta, Kab. Karawang. – Image Credit by Shopee.co.id

Opak ketan mungkin cukup banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Namun di Karawang tepatnya Rawagede terdapat opak yang khas. Yang membedakan dengan opak lain, opak Rawagede memiliki ukuran kecil dengan rasa yang unik dan berbeda.

Tersedia dua pilihan rasa opak yang dapat Anda cicipi, yaitu opak original atau opak bakar. Keduanya memiliki rasa unik sendiri-sendiri, namun tetap sama lezatnya. Akan sangat menyenangkan berkeliling kota Karawang, menikmati pemandangan sambil memakan cemilan ini.

11. Kue gonjing

Kue Gonjing

Lokasi: Jl. Pramuka No.184, Kalibuaya, Kec. Talagasari, Kab. Karawang. – Image Credit by Cintaihidup.com

Tidak sulit mendapatkan kue gonjing yang juga menjadi kuliner andalan Karawang. Biasanya kue ini dijajakan oleh pedagang keliling, atau di sekitaran pusat kota. Kue dengan bahan utama kelapa dan tepung ini memiliki cita rasa gurih dan dipadukan dengan rasa manis karena ditaburi gula bubuk putih.

Jika Anda menyukai rasa pedas, kue ini dapat disantap dengan tambahan saus pedas di atasnya, sehingga semakin memperkaya cita rasa kue ini. Harganya juga cukup murah dan rasanya lezat, kudapan ini dapat menjadi teman saat berkeliling kota Karawang.

12. Ayam panggang M. Ochit

Ayam panggang M. Ochit

Lokasi: Teluk jambe Timur, Sirnabaya, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. – Image Credit by Foursquare.com

Menu ayam panggang memang sudah banyak ditemukan, namun ayam panggang di sini merupakan kuliner yang banyak dicari dan tak pernah sepi pengunjung. Ayam panggang disini populer karena rasanya yang khas dan berbeda dengan ayam panggang lainnya, dan pastinya sangat lezat. Semakin lengkap jika menyantap menu ini dengan tambahan nasi timbel, aneka lalapan dan sambal.

Saat lewat tempat makan ini, orang akan tertarik mampir, karena ayam dipanggang di luar tenda makan, sehingga aroma asap bakaran menggunggah selera pengunjung. Ayam di sini tidak direbus terlebih dahulu, namun diberi bumbu saat masih mentah. Meski demikian daging ayam tetap empuk karena yang digunakan ayam kampung muda.

13. Ratu penyet

Ratu penyet

Lokasi: Jl. Kertabumi No.16, RT.14/RW.14, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Sesuai namanya tempat ini menyediakan aneka penyetan mulai dari ikan penyet, bebek, ayam, iga, hingga empal gepuk penyet. Semakin lengkap dengan pilihan sambal dengan tingkat kepedasan yang bisa Anda pilih, yaitu pedas biasa, sangat pedas, dan ekstra pedas.

Bagi pecinta kuliner pedas, Anda dapat mencoba sambal ekstra pedas yang menjadi andalan di tempat makan ini. Rasa penyetan yang umami sangat pas dipadukan dengan rasa sambal yang pedas namun bercita rasa gurih. Kuliner ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

Demikian beberapa kuliner andalan khas Karawang yang patut Anda coba saat berkunjung ke kawasan ini. Selain pantai-pantainya yang indah, Karawang juga menyajikan makanan yang lezat yang sayang untuk dilewatkan.