10 Tempat Makan Enak di Pekalongan Favorit Wisatawan

Tempat Makan Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu daerah di utara Jawa Timur yang sedang tumbuh dan berkembang secara ekonomi. Kota ini terletak pada jalur pantai utara yang menghubungkan Surabaya-Semarang-Jakarta.

Berbagai tempat wisata dapat Anda kunjungi jika sedang singgah di kota ini. Yang paling menonjol adalah wisata budaya dengan batik sebagai daya tarik utamanya, seperti musium batik dan berbagai kampung batik. Selain itu, pantai di Pekalongan yang merupakan garis pantai utara menawarkan panorama tersendiri dengan ombak yang tidak begitu tinggi.

Selain batik, Pekalongan juga menawarkan wisata kuliner yang lezat. Anda dapat menikmati berbagai hidangan selama berkunjung ke kota ini. Beberapa rekomendasi tempat makan yang lezat di Pekalongan berikut ini dapat menjadi referensi Anda saat berwisata ke Pekalongan.

1. Nasi Uwet H. Zarkasi

Nasi Uwet H. Zarkasi

Lokasi: Jl. Sulawesi No.25, Kergon, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan khas Pekalongan ini tidak boleh Anda lewatkan. Nasi Uwet adalah sajian nasi dengan olahan daging kambing yang telah dibumbui dengan aneka rempah. Kuliner ini disajikan dengan kuah bercita rasa gurih berwarna kecoklatan. Ditambah dengan cinangan daging buah nangka membuat makanan ini semakin nikmat.

Yang paling populer adalah nasi uwet H. Zarkasi yang berlokasi di daerah Pekalongan barat karena telah berjualan cukup lama yaitu sejak tahun 1959. Di sini juga disediakan jeroan bagi Anda yang menyukainya untuk ditambahkan pada sepiring nasi uwet.

2. RM Kepiting Gemes

RM Kepiting Gemes

Lokasi: Jl. Pantai Sari No.33, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Rumah makan milik Pak Mamo ini terkenal dengan sajian andalannya yaitu kepiting. Kepiting di rumah makan ini disajikan dengan siraman bumbu khas dan sepiring nasi hangat. Selain kepiting, di sini juga menyediakan aneka seafood lainnya seperti kerang dan udang.

Ukuran kepiting yang dipilih untuk menu masakan di sini adalah kepiting berukuran besar dengan aneka pilihan jenis mulai kepiting telur, kepiting spesial dan kepiting super. Selain itu Anda dapat memilih beragam olahan masakan yang ditawarkan untuk menu kepiting seperti kepiting gemes, saus tiram, kepiting rebus, kepiting goreng, atau tambahan saus asam manis.

3. Sego Rakyat Mbah Ibah

Sego Rakyat Mbah Ibah

Lokasi: Jl. Teratai No.81, Poncol, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. – Image Credit by Cintapekalongan.com

Nasi megono memang menjadi kuliner andalan Pekalongan. Salah satu tempat yang menawarkan menu ini adalah Sego rakyat Mbah Ibah yang telah ada sejak 29 tahun yang lalu dan menyediakan nasi megono yang lezat.

Kuliner ini adalah sajian nasi dengan cacahan buah nangka, bumbu urap dan parutan kelapa. Beberapa lauk dapat Anda pilih sebagai pelengkap nasi megono seperti tempe mendoan dan bihun. Terletak di taman Sorogenen, tempat makan ini buka hingga dini hari.

4. Garang Asem H. Masduki

Garang Asem H. Masduki

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.169, Kebulen, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Garang-asem-h-masduki.business.site

Jika Anda menyukai masakan garangan asem, jangan lewatkan untuk mampir ke tempat makan H. Masduki saat berkunjung ke Pekalongan. Garang asem di tempat ini menggunakan mangkok sebagai tempat penyajiannya.

Segarnya kuah garang asem yang berwarna kecoklatan berisi daging sapi semakin nikmat dengan cabe rawit dan potongan tomat hijau. Akan semakin lengkap jika Anda menyantap kuliner ini dengan sepiring nasi megono khas Pekalongan.

5. Sop Buntut Bu Leman

Sop Buntut Bu Leman

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91 D, Noyontaan, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. – Image Credit by 2Pos.asia

Pecinta olahan buntut tentu tidak akan melewatkan sajian kuliner sop buntut milik Bu Leman. Rumah makan ini menyajikan sop buntut goreng, sop buntut kuah, sop iga bakar, iga goreng dengan pelengkap sayur asem yang segar.

Keunggulan sop buntut di sini adalah kuah kaldunya yang gurih dan buntut sapi yang empuk serta lembut. Menu lain yang patut Anda coba adalah olahan buntut goreng yang disajikan dengan kuah kaldu dan nasi.

6. Soto Pekalongan

Soto Pekalongan

Lokasi: Jl. Gajah Mada Barat No.355, Tirto, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Travel.kompas.com

Soto Pekalongan atau yang masyarakat lokal menyebutnya dengan tauto Pekalongan adalah sajian soto yang dipadukan dengan tauco sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Yang terkenal adalah warung tauto Bang Dul di jalan Gajah Mada.

Anda dapat memilih soto dengan daging sapi atau daging ayam dengan tambahan isian bihun, potongan kol dan tauge. Semakin gurih dengan taburan bawang goreng di atasnya. Tauco yang ditambahkan pada kuah kaldu soto menghasilkan cita rasa yang berbeda, unik dan khas pada kuliner ini.

7. Nasi Goreng Ibu Kustiani

Nasi Goreng Ibu Kustiani

Lokasi: Jl. Angkatan 45, Kraton Kidul, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Hidupkita.com

Jika Anda berburu kuliner pada malam hari, Anda dapat mencoba warung nasi goreng Ibu Kustiani yang terletak di Jalan Angkatan 45. Warung ini menyediakan capcay dan mie kuah selain menu nasi goreng. Masakan nasi goreng di sini terkenal akan kelezatannya dan cita rasanya yang sangat enak dan sedap.

Yang khas dari warung ini adalah cara memasak yang masih tradisional yaitu menggunakan bara arang yang menciptakan aroma dan rasa yang khas. Selain nasi gorengnya, kuah capay dan mie kuah di sini juga banyak disukai para pengunjung karena rasa sedapnya. Buka mulai pukul 5 sore, warung ini tidak pernah sepi pengunjung.

8. Angkringan Sang Dalang

Angkringan Sang Dalang

Lokasi: Jl. Merdeka No.29-42, Kraton Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Kedaisangdalang.business.site

Kuliner malam yang tak kalah enak adalah warung angkringan Sang Dalang yang terletak di jalan Binagriya. Selain rasanya yang lezat, tempat makan ini banyak diserbu pengunjung karena harganya yang sangat bersahabat. Menu utamanya adalah nasi kucing dan nasi uduk dengan lauk yang beragam khas angkringan tepi jalan.

Meski demikian, nuansa yang ditawarkan tempat makan ini adalah angkringan modern dengan suasana cafe dan resto, sehingga para pengunjung merasa nyaman dan betah menyantap kuliner di sini.

9. Ayam Gepuk

Ayam Gepuk Khas Pekalongan

Lokasi: Jl. Gajah Mada Bar. No.9, Tirto, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Facebook.com @Ayam Gepuk Super Lezat

Di sini anda dapat menikmati sajian kuliner dengan olahan ayam dan bebek. Letaknya di sebelah selatan alun-alun kota Pekalongan, anda akan dimanjakan dengan sajian kuliner yang nikmat dengan suasana kota Pekalongan. Karena letaknya berada di dekat alun-alun, tempat makan ini menjadi jujukan para pengunjung saat lapar setelah berkeliling kota Pekalongan.

Menu andalan tempat makan ini adalah ayam dan bebek goreng yang lezat dan disajikan dengan sambal spesial dan lalapan. Harga makanan yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga untuk makan di sini anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

10. RM Selaras

RM Selaras

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.2, Bendan, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by 2Pos.asia

Rumah makan selaras menghadirkan suasana makan di Pekalongan yang berbeda. Rumah makan ini menyediakan gazebo-gazebo sebagai tempat untuk menikmati sajian kuliner yang ditawarkan. Tempat ini sangat cocok untuk tempat makan keluarga karena memiliki area yang cukup luas.

Beberapa menu yang direkomendasikan di tempat makan ini adalah cumi goreng tepung, ayam saus padang, nasi goreng dan capcay. Letaknya sangat strategis, yaitu tidak jauh dari area publik “mataram” menjadikan tempat ini rumah makan favorit setelah berjalan-jalan.

Tidak ada salahnya mampir dan berhenti sejenak untuk menikmati kota Pekalongan saat Anda melintas jalur pantai utara. Selain dapat mengunjungi beberapa tempat wisata dan berkeliling menikmati suasana di kota ini, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Pekalongan yang lezat dan nikmat. Beberapa rekomendasi tempat makan enak di Pekalongan di atas dapat Anda coba saat mengunjungi kawasan ini karena kelezatannya patut Anda cicipi.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi