10 Tempat Makan Enak di Wonosobo Favorit Wisatawan

Tempat Makan Wonosobo

Bagi penikmat wisata kuliner, mencari tempat makan enak di Wonosobo menjadi penting.   Tempat yang menawarkan makanan khas lezat dan dapat memberi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Wonosobo menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Tengah. Jika berkunjung ke kabupaten ini, tujuan utama adalah Dieng. Ini adalah lokasi favorit mereka yang ingin merasakan kesegaran alam di kaki gunung untuk pengalaman liburan yang berkesan.

Wisata alam masih menjadi daya tarik utama. Akan tetapi, Dieng juga memiliki tempat budaya yaitu candi. Area tersebut dibuka untuk umum. Pengunjung bisa melihat langsung beberapa candi yang tersebar di Dieng dan sekitarnya.

Selain wisata Dieng, Wonosobo mempunya beberapa tempat makan istimewa. Cita rasa khas Jawa dan lokal menjadi daya tarik utama. Kuliner khas tersebut adalah mie ongklok. Anda akan menemukannya di beberapa tempat dan rumah makan. Kuliner ini juga dapat divariasikan sehingga setiap restoran selalu memberikan rasa yang berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan rekomendasi tempat makan enak di Wonosobo.

1. Mie Ongklok Muhadi

Mie Ongklok Muhadi

Image Credit: Maskurmambang.com

Salah satu makanan khas dari Wonosobo adalah mie ongklok. Anda akan menemukan beberapa tempat yang menjual kuliner ini. Salah satunya adalah Mie Ongklok Muhadi. Tempat ini sangat terkenal dengan racikan mie ongklok. Anda bisa mencobanya langsung dan lokasinya mudah dijangkau.

Banyak hal yang membuat tempat ini menjadi salah satu rekomendasi bagi mereka yang mencari kuliner di Wonosobo. Mie yang disajikan memiliki tekstur lembut dan kuah yang gurih. Selain itu, pengunjung bisa menambahkan mie dengan sate ayam atau sapi. Perlu Anda ketahui, tempat ini sudah beroperasi sejak tahun 1980an. Jadi, cita rasanya sudah terjamin.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

2. Soto EDS

Soto EDS

Image Credit: Pergi-makan.blogspot.com

Makanan tradisional Jawa selalu identik dengan soto. Setiap daerah memiliki menu soto masing-masing. Untuk Wonosobo, turis wajib mencoba Soto EDS. Secara sekilas, tidak ada yang istimewa karena mirip soto biasa. Akan tetapi, Anda harus mencicipinya untuk merasakan kelezatan soto yang mereka sajikan.

Menu soto terdiri dari beberapa varian. Anda bisa mencoba soto ayam atau sapi. Masing-masing memiliki daging yang lembut dan enak sekali. Selain itu, soto juga bisa dilengkapi dengan bakso. Salah satu aspek lain yang menjadikan tempat ini ramai adalah harganya bersahabat bahkan cenderung murah. Inilah kuliner yang cocok untuk menemani liburan di Wonosobo.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

3. Asia Restaurant

Asia Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Anda wajib mencoba restoran bernama Asia Restaurant saat berkunjung ke Wonosobo. Lokasinya mudah dijangkau dan selalu ramai dengan pengunjung. Tempat ini menyediakan berbagai menu khas Asia dan seafood. Bagi yang suka ikan gurami dan kepiting. Restoran ini menjadi pilihan tepat apalagi menu gurame asam manis sangat lezat.

Selain itu, masih ada menu lain berbahan dasar ayam terutama ayam goreng khas restoran ini. Baunya harum dan menggunakan bumbu spesial. Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba menu burung dara goreng, bebek goreng, dan bistik sapi. Semuanya disajikan dengan harga terjangkau. Inilah tempat makan yang cocok jika sedang lapar saat berwisata di Wonosobo.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

4. Brother House

Brother House

Image Credit: Directmap.asia

Wonosobo juga menawarkan tempat makan dengan menu barat. Salah satunya adalah Brother House. Anda bisa mencoba menu barat seperti pizza dan sandwich. Konsep tempat ini adalah modern dan menggunakan desain yang menarik untuk interior. Pengunjung bisa mengabadikan momen di spot yang instagramable.

Brother House berusaha menyajikan menu yang otentik. Anda harus mencoba pizza yang mirip dengan rasa original dari Italia. Meskipun fokus utama adalah kuliner barat, tempat ini juga menyediakan makanan lokal seperti mi ayam. Menu ini sangat spesial karena berbeda dengan mie ayam pada umumnya.

Lokasi: Jl. A. Yani No.35 A, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

5. Oemah Juminten

Oemah Juminten

Image Credit: Satumenitnews.com

Salah satu tempat makan enak selanjutnya adalah Oemah Juminten. Namanya unik dan terkesan Jawa. Inilah yang ditawarkan oleh pemilik. Mereka ingin pengunjung merasa berada di tempat makan dengan suasana Jawa. Seperti yang telah diketahui, wonosobo berada di Jawa tengah dan kuliner khas Jawa pasti tersedia di daerah tersebut.

Anda bisa mencoba mie Jawa yang sudah terkenal. Bumbunya khas dan mie memiliki tekstur lembut. Selain itu, beberapa makanan lain juga tersedia sebagai pelengkap. Oemah Juminten juga memiliki live band atau acara musik. Sembari makan, pengunjung bisa menikmati musik. Selain itu, beberapa spot sangat instagramable sehingga layak untuk diambil gambarnya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Mayor Kaslam No.45, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Rumah Makan Dieng

Rumah Makan Dieng

Image Credit: Tripadvisor.com

Objek wisata terkenal di Wonosobo adalah Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya berada di kaki gunung sehingga memberikan nuansa alami dan segar. Anda akan melihat panorama alam yang indah apalagi jika cuaca sedang cerah. Dengan lokasi yang bagus, satu kelengkapan yang tidak boleh ketinggalan adalah kuliner.

Turis bisa berkunjung ke Rumah Makan Dieng. Lokasinya berada di area wisata Dieng sehingga mudah dijangkau. Selain itu, anda juga akan menemukannya dengan mudah karena sudah terindeks di peta digital.

Tempat makan ini memiliki berbagai menu yang khas termasuk juga kuliner tradisional. Anda bisa memesan ayam goreng yang menjadi menu andalan di sini. Menu lain yang tersedia adalah olahan daging, lele, dan nasi goreng. Khusus menu terakhir, Anda akan menerima citarasa yang khas.

Lokasi: Jl. Telaga Warna, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

7. Warung Api Selere Raja

Warung Api Selere Raja

Image Credit: Tripadvisor.com

Berkunjung ke Dieng belum lengkap tanpa mencoba kuliner khas mie ongklok. Anda akan menemukan berbagai tempat yang menjual mie ini. Tentu saja, beberapa dari mereka tersedia di area wisata Dieng. Salah satunya adalah Warung Api Selere Raja.

Untuk menarik pengunjung, tempat ini sengaja berada di kawasan Candi Arjuna. Lokasi tersebut membuat suasana lebih segar. Panorama alam yang indah menjadi latar belakang saat Anda sedang makan.

Selain mie ongklok, Warung Api Selere Raja juga menyediakan kuliner dan menu lain. Beberapa dari mereka adalah makanan khas Jawa. Selain itu, Anda juga bisa memesan menu khusus atau custom jika memungkinkan.

Lokasi: Jl. Dieng No.27, Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

8. Mie Ongklok Longkrang

Mie Ongklok Longkrang

Image Credit: Tripzilla.id

Tempat makan selanjutnya adalah Mie Ayam Longkrang. Anda bisa memesan mie khas Wonosobo dengan cita rasa lezat. Rasa tersebut berasal dari bumbu khusus yang diracik sehingga menambah kenikmatan. Mie juga tersedia dengan beberapa minimal pelengkap terutama purwoceng. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi para turis.

BACA:  17 Tempat Makan Enak di Magelang Favorit Wisatawan

Mie Ongklok Longkrang dapat dijangkau karena lokasinya strategis. Selain itu, sudah banyak review terkait tempat ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda berada di tempat yang tepat. Selanjutnya, keunggulan lain adalah harga yang terjangkau bahkan sangat murah. Jika satu porsi masih kurang, Anda bisa memesan lagi atau dibungkus untuk dimakan di rumah.

Lokasi: Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

9. Krishna Resto Garden

Krishna Resto Garden

Image Credit: 2Pos.asia

Anda ingin menikmati makanan lezat di Wonosobo. Tempat yang tepat untuk mewujudkannya adalah Krishna Resto Garden. Lokasinya mudah dijangkau dan dapat dipandu melalui peta digital. Anda juga bisa menanyakan jalan dan banyak orang mengenal tempat makan ini.

Saat pertama kali tiba, Anda akan disambut dengan nuansa Jawa dan taman yang hijau. Setelah itu, restoran menyediakan berbagai menu seperti nasi goreng, mie, dan sop. Bagi yang suka sop, Anda akan mendapatkan kuah yang gurih dan lezat karena bumbu racikan spesial. Ini adalah tempat yang pas untuk makan bersama keluarga.

Selain itu, menu mie juga memiliki citarasa yang patut dicoba. Seperti biasa, mie khas Wonosobo selalu ada di banyak tempat makan. Krishna Resto Garden meracik bumbu untuk kuliner mie mereka. Anda akan merasakan hal berbeda dengan menu lain.

Lokasi: Jl. Kyai Mansyur No.100, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

10. Dieng Kledung Pass Restaurant

Dieng Kledung Pass Restaurant

Image Credit: Hotelmurahku.com

Anda sudah di Dieng dan ingin makan di tempat yang tepat. Jawabannya adalah Dieng Kledung Pass restaurant. Tempat ini menjadi rujukan turis jika ingin mencoba menu khas Jawa. Tentu saja, Anda akan merasakan varian manis yang khas terutama menu-menu yang memang diperuntukkan untuk turis lokal.

Daya tarik utama adalah lokasi yang berada di area Dieng. Pengunjung bisa menikmati view yang indah serta udara segar. Selain itu, suasana yang disajikan sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Anda harus memasukkan restoran ini ke daftar tempat makan lezat di Wonosobo.

Lokasi: Jl. Raya Wonosobo – Parakan KM. 17, Kledung, Kec. Kledung, Kab. Wonosobo.

Daerah Wonosoba selalu berbenah dan tempat makan baru selalu muncul. Beberapa dari mereka menyajikan menu tradisional dan lokasi setempat. Anda akan menemukan tempat tersebut di area wisata Dieng. Selain itu, beberapa tempat makan hanya menjual satu atau dua menu. Tentu saja, Anda juga bisa mendapatkan makanan modern di Wonosobo.