Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Ciamis, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Provinsi Jawa Barat memang selalu menghadirkan berbagai macam objek wisata yang menarik untuk didatangi. Tidak hanya berupa keindahan pegunungan, perairan, curug, maupun perbukitan saja, terdapat objek wisata Ciamis yang sengaja dibangun sebagai ciri khas dengan pemandangan yang menarik yaitu objek wisata Alun-Alun Ciamis.

Alun-Alun ini terletak di Kabupaten Ciamis. Destinasi wisata yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat. Alun-Alun merupakan salah satu icon dengan julukan yang diberikan sebagai Kota Tertib Lalu Lintas. Objek wisata ini memiliki kenyamanan yang aman, yang kekinian sebagai kalangan muda serta memiliki lahan yang luas.

Selain itu, wisata ini letaknya juga sangat strategis yang berada di pusat kota. Oleh karena itu setiap harinya selalu dikunjungi pengunjung, bahkan kurang afdhol rasanya jika datang ke kabupaten Ciamis tapi lupa untuk mengunjungi Alun-Alun sehingga Alun-Alun ini merupakan salah satu kebanggaan dari warga setempat Ciamis.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Ciamis

Daya Tarik Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Evi Mirnayanti

1. Wisata Menarik untuk Semua Kalangan

Alun-Alun Ciamis merupakan salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi dari mulai anak-anak, remaja, dewasa bahkan bagi kalangan lansia, karena berbentuk taman, hal ini sangat membantu sebagian pengunjung serta dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Alun-Alun.

Selain itu, kawasan alun ini menghadirkan berbagai permainan anak maupun sebagai tempat yang sering dijadikan olahraga sehingga setiap harinya banyak pengunjung yang berdatangan memasuki kawasan Alun-Alun bahkan sampai malam hari hanya untuk menikmati suasana.

2. Tempat Hiburan Anak-Anak

Alun-Alun Ciamis menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak, bukan tidak mungkin karena pihak pengelola telah memberikan khusus lahan untuk hiburan anak-anak dengan menyajikan berbagai wahana-wahana menarik untuk mengisi liburan di akhir pekan keluarga.

Beberapa wahana permainan anak ini seperti tersedia ayunan yang berwarna-warni, terdapat juga skuter listrik dan mobil remote di area khusus permainan anak. Ada juga permainan unik yang selalu ramai dinaiki yaitu deldom, deldom ini merupakan singkatan dari delman domba yang berukuran mini khusus untuk anak-anak.

Daya Tarik Dimiliki Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Evi Mirnayanti

3. Pesona Malam Hari

Alun-Alun Ciamis juga menyuguhkan pemandangan yang indah di malam hari. Rata-ratanya kawasan malam ini merupakan puncak dari pengunjung yang berusia muda atau dari muda mudi daerah dan luar daerah setempat. Pesona malam di Alun-Alun sangat indah dengan dihiasi oleh lampu-lampu yang berwarna warni.

Suasana malam juga merupakan puncak dari ramainya para penjual, karena penjual baru membuka warung-warung dari menjelang sore hari menuju ke malam hari. Anda dapat menikmati berbagai kuliner yang disajikan, ada yang memiliki tempat duduk seperti kursi tetapi ada juga yang menyediakan tikar langsung untuk bersantap.

Dengan pesona yang menakjubkan ini, banyak pengunjung yang mengabadikan momen malam hari di semua spot pemandangan ataupun yang hanya sekedar nongkrong dan berkumpul dengan rekan-rekan teman.

4. Tempat yang Strategis

Menariknya, Alun-Alun Ciamis berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di jantung kota. Lokasi ini merupakan tempat dari lalu lalang kendaraan yang hendak ke Kota Banjar maupun hendak ke Kota Tasikmalaya. Selain lokasi yang strategis, keberadaannya juga dekat dengan beberapa bangunan lainnya.

Bangunan tersebut seperti dari Taman Rafflesia dan Masjid Agung Ciamis yang berada di seberang jalan dari Alun-Alun. Tentu hal ini sangat menarik, karena sekali berwisata dapat langsung merasakan wisata lainnya yang berdekatan dengan Alun-Alun. Oleh karena itu setiap harinya banyak yang berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps anung kurniawan

Objek wisata menarik yang merupakan jantungnya Ciamis ini hanya ditemui di Provinsi Jawa Barat, lebih tepanya berada di Kabupaten Ciamis, termasuk ke Kecamatan Ciamis. Wisata ini merupakan bagian dari Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Nasional III, lokasinya sangat strategis.

Menariknya, wisata ini memang sangat strategis karena letaknya merupakan bagian dari lalu lalang kendaraan yang menuju ke Kota Banjar maupun Kota Tasikmalaya. Untuk waktu tempuh dari Alun-Alun ini menuju ke Alun-Alun Tasikmalaya membutuhkan sekitar setengah jam perjalanan yang ditempuh.

Sedangkan jaraknya adakah sekitar 18 kilometer di perjalanan. Sementara itu waktu tempuh dari perjalanan dari Alun-Alun ini menuju ke Alun-Alun kota Banjar ialah membutuhkan sektar 1 jam perjalanan dengan jarak sejauh 26 kilometer dalam perjalanan.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi alun, atau dapat menggunakan kendaraan umum dengan memilih trayek nomor 2 jurusan terminal Ciamis menuju ke Karangampel serta trayek nomor 5 jurusan Terminal Ciamis ke Gunungsari.

Untuk para pengunjung yang ingin mendatangi kawasan wisata ini tidak perlu mengeluarkan biaya retribusi sepeserpun karena tidak mempunyai biaya tiket masuk. Selain itu tidak dibebankan juga biaya parkir kendaraan bagi para wisatawan. Tetapi tersedia biaya lainnya seperti biaya wahana yang berbeda untuk setiap permainan.

Adapun untuk sistem jadwal operasionalnya, Alun-Alun Ciamis dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam. Artinya, anda dapat mendatangi wisata ini setiap saat, bahkan pada waktu malam pun masih ramai dikunjungi para wisatawan yang berdatangan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Ciamis

Aktivitas di Alun-Alun CiamisAktivitas di Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Agus Gumilar

1. Olahraga

Anda dapat memanfaatkan aktivitas berolahraga di sekitar Alun-Alun sambil berlari-lari kecil, jogging ataupun bersepeda mengelilingi Alun-Alun. Kawasan alun memiliki luas yang membentang sehingga sebagian pengunjung dapat memanfaatkannya untuk berolahraga.

Kawasan ini juga menyediakan trek lebar yang mengelilingi daerah dari taman air mancur rafflesia, anda dapat menggunakan lapangan ini untuk berolahraga, jogging maupun senam pagi bersama-sama. Bahkan setiap paginya, kawasan ini selalu ramai dengan ibu-ibu yang berpakaian seragam senam di trek lebar tersebut.

2. Berburu Kuliner

Alun-Alun Ciamis merupakan tempat yang menarik bagi anda yang ingin berburu kuliner lezat. Untuk dapat menyantap makanan, pengunjung dapat menunggu waktu sore sampai malam hari. Banyak penjual yang membuka lapak bahkan lengkap dengan tempat duduk masing-masing.

Ada berbagai kuliner khas daerah setempat seperti kupat, ayam goreng ciamis, panawangan, citruk dan menu-menu kuliner lainnya. Selain menu khas daerah, terdapat juga menu-menu lainnya yang juga akrab dengan lidah anda. Pengunjung dapat duduk dikursi yang disediakan ataupun lesehan di tikar yang dibentangkan.

3. Bersantai

Alun-Alun Ciamis mempunyai taman khusus yang disebut dengan taman rafflesia, di tengah-tengah taman terdapat air mancur raksasa seperti bunga rafflesia. Air mancur ini selalu hidup dan waktu yang paling cantik untuk melihatnya adalah di waktu malam hari sambil melihat lampu yang bersinar.

Anda juga dapat bersantai di taman sambil menikmati suasana Alun-Alun. Walaupun letaknya berada di jantung kota tetapi udara di Alun-Alun ini masih bersih dan segar sehingga dapat dijadikan sebagai tempat santai sambil menikmati udara sejuk, bahkan di waktuu siang pun cuaca di Alun-Alun tidak terlalu panas terik oleh matahari.

Aktivitas Menarik di Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Nurlatifah Tsaniyatul Wiladah

4. Menyusuri Alun-Alun

Kegiatan lainnya adalah berjalan menyusuri semua kawasan Alun-Alun Ciamis, anda dapat berkeliling Alun-Alun sambil memandang apapun yang terlihat mulai dari tamannya maupun pemandangan asri di sekitarnya. Jika ingin merasakan sensasi yang lebih ramai, pengunjung dapat memilih waktu malam untuk berkunjung.

Karena di saat malam hari, ramai dengan warung-warung di sepanjang kawasan yang menjajakan makanan. Selain itu biasanya di malam hari merupakan waktu anak muda untuk nongkrong bersama dengan teman-temannya.

5. Permainan Anak-Anak

Kawasan ini juga menyediakan berbagai macam permainan anak-anak yang berbayar. Anda dapat mengajak anak-anak untuk bermain seperti permainan delman domba, ada mobil remot, maupun sekuter. Semua permainan ini memiliki tarif yang berbeda-beda sesuai dengan nama permainan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Alun-Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps Yogie Aryanto

Alun-Alun Ciamis mempunyai berbagai fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap seperti terdapat area khusus parkir kendaraan dan toilet. Anda tidak perlu khawatirkan parkiran. Tersedia juga toilet umum yang memiliki fasilitas lengkap.

Alun-Alun juga menyediakan taman dan landmark sebagai spot menarik untuk berfoto ataupun mengabadikan momen-momen menarik di sekitar area. Terdapat juga beberapa tempat duduk bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar dengan ramainya wisatawan.

Kawasan ini juga terdapat warung-warung yang menjual berbagai kuliner. Anda dapat berburu kuliner khas daerah setempat di warung tersebut dengan biaya yang sangat ekonomis, serta juga dapat membeli oleh-oleh. Disediakan juga tempat khusus untuk penyewaan permainan anak, setiap permainan memiliki tarif-tarif yang berbeda.

Alun-Alun Ciamis adalah salah satu Alun-Alun yang cukup terkenal di Provinsi Jawa Barat sehingga setiap harinya banyak pengunjung yang berdatangan. Alun-Alun ini memiliki daya pikat sendiri dari pemandangan dan berbagai aktivitas serta fasilitas yang diberikan, sehingga sangat wajib untuk mendatanginya di akhir pekan anda.