Rumah Pohon Habitat salah satu objek wisata sekaligus tempat nongkrong yang hits dan kekinian di Langkat, Sumatera Utara. Berada di perbukitan, tempat ini menawarkan panorama alam yang indah dan masih asri.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Perteguhen, Telagah, kec. Semilir, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Rumah Pohon Habitat atau memiliki nama lain Habitat Lodge & Tree House terletak di atas dataran tinggi di Langkat, Porvinsi Sumatra Utara. Menyajikan pemandangan wilayah pemukiman di kejauhan, panorama di sini begitu estetis. Belum lagi, suasananya yang terbilang sepi seolah bersembunyi dari keramaian sehingga semakin menambah poin unggul objek wisata satu ini.

Anda akan disajikan deretan pepohonan, lereng gunung, gumpalan awan bagai di atas kepala, serta beragam furnitur dengan material kayu. Hawa udara di sini amat sejuk cenderung dingin, sangat cocok untuk dipakai melepas penat sembari mencicipi aneka sajian kuliner. Tidak mengherankan bila situasi Rumah Pohon Habitat tidak pernah sepi pengunjung sejak kemunculannya pertama kali.

Keindahan yang ditawarkan cukup sulit untuk ditolak, terutama bagi Anda yang hobi berfoto ria. Objek wisata ini agaknya bagai surga yang telah lama dinanti. Di mana saja kaki melangkah, Anda akan dibuat terlena oleh lanskap artistik yang seolah tak ada habisnya. Kapan pun pengunjung datang, daya pikatnya tidak berubah, hanya terus berganti dengan keunikan berbeda.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Pohon Habitat

Daya Tarik Pohon Habitat
Image Credit: Facebook.com @budiario.ario

1. Hawa Udara Sejuk dan Sedikit Lembab

Berada di wilayah dataran tinggi dengan kontur tanah yang tak kalah subur, membuat destinasi ini terasa lembab. Tak heran, kerap diburu para wisatawan khususnya yang bermukim di wilayah kota untuk sekadar rehat sejenak. Berdiam di sini rasanya bagai bertamasya di alam bebas.

Rumah Pohon ini membentang indah di atas dataran tinggi Kabupaten Langkat. Namun, lebih dari sekadar objek wisata alam, tempat ini semakin melegalisasi adanya wawasan umum mengenai pesona Kabupaten Langkat dan sekitarnya. Belum lagi, Pulau Sumatra terkenal akan jajaran bukit barisan.

2. Seperti Negeri Khayangan

Semasa kecil, Anda tentunya pernah mendengar dongeng-dongeng seputar negeri khayangan dan betapa indahnya visualisasi tempat fantasi tersebut. Kini, Anda punya peluang besar untuk merasakan sensasi seolah bermain di negeri khayangan bila berkunjung ke sini pada hari yang cerah.

Gumpalan awan putih bagai kapas seakan menggantung di angkasa, menyelimuti lingkungan sekitar. Jika tetap berada di ibu kota, pemandangan demikian merupakan sesuatu yang tidak bisa Anda nikmati karena pandangan justru akan terhalangi oleh gedung-gedung tinggi.

Namun demikian, Anda harus pintar mencari momentum sebab tidak setiap saat kumpulan awan tersebut akan menghiasi langit Kabupaten Langkat. Hindari datang ketika mendung atau hujan jika Anda tidak ingin merasakan gemuruh langit tak bersahabat dari dekat. Memang hanya pagi hari di tengah cuaca cerah relatif terik waktu terbaik yang bisa dijadikan pertimbangan.

3. Ramah untuk Semua Kalangan

Objek wisata ini juga menjadikan fasilitas memadai sebagai daya tarik unggulan, di samping menyuguhkan keindahan alam yang memikat hati. Terdapat meja dan bangku bernuansa serba cokelat sehingga menampilkan kesan klasik yang khas. Selain itu, ada pula sarana penunjang seperti arena camping, jembatan gantung, payung pelindung, dan aneka spot foto.

Dari atas rumah pohon Anda bisa duduk santai sembari menatap lanskap indah karya Sang Pencipta. Atas dasar itulah destinasi ini dikatakan siap mengakomodir semua kalangan, barangkali juga dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan rasa syukur. Sangat layak digunakan sebagai tujuan liburan bersama siapa saja, baik keluarga, pasangan, maupun teman tersayang.

Daya Tarik Dimiliki Rumah Pohon
Image Credit: Instagram.com @aditya_key

4. Jajaran Rumah Pohon di Atas Panggung

Sesuai namanya, Rumah Pohon Habitat menjadikan rumah pohon bermaterial kayu dan berbentuk seperti panggung sebagai poin unggulan. Ada pagar pembatas yang mengelilingi arena peristirahatan, serta memisahkan bangku dan meja antara pengunjung satu dengan lainnya. Dengan demikian, walau mengusung konsep outdoor, tempat ini tetap memberikan privasi bagi setiap kelompok wisatawan.

Meski begitu, jangan bayangkan rumah ini sebagaimana yang kerap muncul di televisi. Di sini rumahnya tidak pelekat persis pada pohon, melainkan dibangun di atas panggung kayu. Panggung kayu tersebut ditopang oleh sejumlah tiang dan berdiri di antara tanaman hijau aneka varian. Dalam artian sederhana, Anda rasanya akan dibawa bersantai di tengah hutan.

5. Beragam Spot Foto Kekinian

Membentang di atas perbukitan yang tidak bisa dibilang sempit walau belum diketahui pasti berapa ukuran lahannya. Ini karena pihak pengelola tidak menempatkan jajaran rumah pohon dan aneka spot lain di atas tanah atau sedikit lebih tinggi, melainkan menggantung sekian meter dari permukaan tanah. Diperkirakan satu spot bisa berada di ketinggian 2 sampai 3 meter.

Bagi penderita phobia ketinggian, berkunjung destinasi wisata ini tidak direkomendasikan. Selain menampilkan panorama menawan, juga tersedia banyak sekali spot foto. Walau mampu mengakomodir kebutuhan semua kalangan usia, tetapi tampaknya pihak pengelola sengaja menyasar kaum muda sebagai wisatawan utama. Mengingat, aktivitas berfoto ria lebih digemari oleh para pemuda pegiat sosial media.

Membentang dari sisi kiri ke kanan, meja dan bangku ditata sedemikian rapi. Kelompok usia muda akan mendominasi kawasan destinasi sejauh mata memandang. Sepasang kekasih berkencan, pelajar atau mahasiswa atau yang sedang mengerjakan tugas, atau sekawanan pemudi asyik bercanda ria, pemandangan sejenis itu merupakan sesuatu yang amat lumrah ditemukan selagi Anda ada di sini.

Tak pelak, membuat suasana jadi terasa bersemangat, romantis, dan segar. Di antara spot foto yang paling laris adalah deretan bangku panjang di dekat pagar pembatas, jembatan gantung di sudut lain, serta bingkai buatan serupa love. Pesona objek wisata ini akan semakin bertambah kuat begitu Anda menjelajahi seluruh kawasan.

Pihak pengelola memang telah memasang pagar pembatas di sekelilingnya sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai letak destinasi yang ada di atas dataran tinggi. Diperkirakan tingginya setara pinggang orang dewasa. Walau demikian, terutama jika Anda datang bersama anak kecil, usahakan menghindari bermain terlalu di dekat pagar sebab itu bisa jadi berpotensi bahaya.

6. Pesona Khas pada Setiap Sudut dan Waktu

Rumah Pohon Habitat tetap luar biasa kapan saja Anda menginjakkan kaki ke sini, baik itu pada waktu pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari. Anda punya peluang melihat kabut tipis atau gumpalan awan sebagai latar belakang tatkala datang di waktu pagi. Menjelang siang, walau mungkin pandangan akan sedikit silau karena pancaran sinar sang surya, tetapi udaranya masih terasa sejuk.

Langit mulai berubah menjadi berwarna jingga kemerahan ketika sore tiba, suhu udara berangsur menurun, serta ribuan lampu kota mulai menyala di kejauhan sana. Udara semakin bertambah dingin begitu matahari benar-benar tenggelam, pastikan Anda menyiapkan jaket sedari rumah agar badan tetap hangat walau berlama-lama di sini.

Ketika pesona langit tak lagi terlihat, kilau lampu kota di kejauhan tampak begitu meriah. Pemandangan tersebut bisa dipastikan semakin memukau saat bulan purnama atau ketika bintang bertaburan di angkasa raya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Rumah Pohon Habitat

Alamat Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Twitter.com @pariwisatasumut

Terletak di Desa Pamah, Kecamatan Semilir, Anda bisa berpatok dari Kota Medan dengan mengambil jalur ke arah Binjai. Teruskan perjalanan hingga tiba di Dusun Perteguhen, kemudian putar arah ke Dusun Lau Kulap melintasi jalanan yang berbatu dan menanjak. Mengingat medannya yang lumayan ekstrem, sebaiknya Anda senantiasa berhati-hati terutama bila mengemudi sendiri.

Tidak jauh dari Dusun Lau Kulap, Rumah Pohon Habitat di Desa Pamah siap menyambut. Manfaatkan Google Maps atau bertanyalah kepada masyarakat yang mungkin Anda temui di sepanjang jalan jika mengalami kesulitan. Menjadi salah satu wisata ikonik di Pulau Sumatra, Anda akan disajikan panorama bukit barisan di kejauhan.

Walau kontur jalanan tak bersahabat, tetapi tetap menyenangkan. Agar semakin seru, sangat direkomendasikan datang bersama rombongan kawan sepermainan. Setiba di kaki bukit objek wisata, Anda masih harus menanjak tebing kurang lebih sejauh 100 meter untuk tiba di area puncak tertinggi.

Tarif tiket masuk yang ditetapkan pihak pengelola terbilang murah jika mengingat betapa banyak daya tarik destinasi ini. Anda hanya perlu mengeluarkan modal retribusi sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Jika tertarik melaksanakan camping di sini, biaya yang harus dikeluarkan tentu akan bertambah. Namun demikian, tidak perlu khawatir karena telah disesuaikan dengan kantong kawula muda.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah Pohon

Aktivitas Seru di Rumah Pohon
Image Credit: Facebook.com @budiario.ario

1. Mengagumi Keindahan Alam Sumatra

Rumah Pohon Habitat layaknya surga bagi para pecinta fotografi atau sekadar traveler merangkap pengguna aktif sosial media. Alasan aspek eksotisme tampaknya menjadi pertimbangan utama sebagian besar wisatawan tertarik berkunjung ke sini. Anda memiliki peluang menyaksikan beragam keindahan dalam satu waktu di lokasi yang sama.

Taburan bintang di angkasa malam, lampu-lampu kota di kejauhan, gunung yang membentang, serta panorama bukit barisan. Sangat layak disaksikan bahkan sedikit sayang jika dilewatkan begitu saja. Walau tidak bisa mengelilingi Pulau Sumatra secara utuh, tetapi tempat ini agaknya sudah mampu sedikit merepresentasikannya.

2. Mencoba Aneka Jajanan

Selain objek wisata untuk jalan-jalan, Rumah Pohon Habitat juga memfasilitas aktivitas kulineran. Rata-rata menu yang ditawarkan berupa jajanan ringan, baik dinikmati dalam sensasi hangat maupun dingin. Sembari menghirup aroma tanaman dengan diselimuti oleh hawa dingin, Anda bisa memesan secangkir teh hangat untuk menyempurnakan pengalaman tak terlupakan.

Aktivitas di Rumah Pohon
Image Credit: Instagram.com @bambang.arief76

3. Camping di Perbukitan

Pihak pengelola menyediakan arena camping tersendiri yang memang kerap dipesan oleh para wisatawan muda. Rasakan sensasi menginap di tengah hutan pada malam hari, ditemani minimnya penerangan, serta suara hewan-hewan alam. Sebelum itu, pastikan seluruh perbekalan dan perlengkapan logistik telah terpenuhi dengan optimal.

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Pohon Habitat

Fasilitas di Rumah Pohon Habitat
Image Credit: Facebook.com @(Nande Nande)

Mampu memenuhi seluruh kebutuhan dasar pengunjung sejalan dengan kepopulerannya selama beberapa tahun terakhir. Tersedia fasilitas pendukung seperti musala, kafe kekinian, aneka spot foto, kamar mandi, jalur pendakian nagi para wisatawan, dan masih banyak lagi. Nikmati momen tamasya Anda tanpa perlu mengkhawatirkan apa-apa lagi.

Rumah Pohon Habitat adalah salah satu representasi kecil dari banyaknya objek wisata di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Ketika memutuskan menyambangi tempat ini, tak ada salahnya sekaligus dirangkaikan dengan perjalanan ke destinasi lainnya. Termasuk dalam bagian ikon unggulan, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan selagi bermain-main di sini, maka jangan sampai dilewatkan.